Ide Kado Lebaran untuk Kesehatan Mental, Unik dan Anti Mainstream

Ide Kado Lebaran untuk Kesehatan Mental
Berbagai ide kado lebaran untuk kesehatan mental. Foto: Ist/Net

Ide kado lebaran untuk kesehatan mental ini terbilang unik dan anti mainstream. Selain bisa menjadi pengganti silaturahmi, hadiah yang berkesan juga dapat mempererat keakraban dengan pasangan dan anggota keluarga.

Jika biasanya parcel lebaran selalu berisi makanan atau sembako, kini saatnya kita cari isi kado yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa hal kecil yang bisa kamu berikan pada orang terkasih agar tetap tenang di masa pandemi dan terhindar dari stress.

Pewangi Ruangan atau Lilin Aromaterapi

Mungkin kamu sering mendengar keluhan dari teman atau keluargamu yang kesulitan tidur di malam hari. Atau mungkin kamu dan pasangan belakangan ini tidak mendapatkan jam tidur yang berkualitas sehingga cenderung mudah tersinggung dan bertengkar.

Baca Juga: Model Hijab Pashmina Kekinian untuk Lebaran Rekomendasi Toko Online

Ide kado lebaran untuk kesehatan mental yang bisa kamu berikan adalah pengharum ruangan atau lilin aromaterapi. Aroma yang dihasilkan lilin membuat suasana kamar tidur menjadi tenang, sehingga waktu beristirahat di malam hari jadi lebih berkualitas. 

Selain lilin aromaterapi, jenis pengharum ruangan yang bisa kamu pilih adalah essential oil. Namun penggunaan essential oil membutuhkan humidifier atau difuser sebagai media pengharum udara.

Teh Bunga untuk Meredakan Stress

Teh bunga juga bisa menjadi ide kado lebaran untuk kesehatan mental. Mulai dari teh chamomile yang bisa meredakan stress, lavender untuk menstabilkan suasana hati, serta jasmine meningkatkan kekebalan tubuh.

Saat ini ada banyak teh bunga yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Teh rosella dapat mencegah kanker dan diabetes. Bahkan french rose bisa mencerahkan kulit dan mengurangi flek hitam. Mengkonsumsi teh bunga ternyata ada banyak sekali manfaatnya, baik untuk tubuh maupun mental.

Tanaman atau Bibit Bunga

Menanam bibit bunga dapat menumbuhkan perasaan bahagia. Tanaman dengan pot mungil bisa jadi ide kado lebaran untuk kesehatan mental,  karena bisa mendatangkan rasa tenang sekaligus menjernihkan udara.

Baca Juga: Olahraga Santai Saat Berpuasa Agar Badan Tetap Sehat

Penelitian telah membuktikan bahwa tanaman kecil di meja kerja dapat meningkatkan oksigen di ruangan dan meminimalisir dampak stress. Agar ruang kerja terasa lebih nyaman, tak ada salahnya menghadiahkan tanaman atau bibit bunga.

Self Care Kit

Jika biasanya mendekati hari raya orang sibuk membeli pakaian baru, maka saatnya kita beralih ke self care kit. Paket perawatan badan yang berisi body scrub, sheet mask, dan hand sanitizer bisa menjadi inspirasi untuk menghibur orang.

Ketika seseorang mengalami depresi atau tekanan batin, langkah pertama yang harus ia lakukan adalah mengurus dirinya. Makan teratur, tidur cukup, dan merawat tubuh dapat menjadikan ia pulih lebih cepat.

Headphone Anti Bising

Bagi orang yang bekerja di dalam ruangan, suara bising menjadi pemicu stress. Dengan menggunakan headphone anti bising, polusi suara yang mengganggu pendengaran dapat diminimalisir sehingga pekerjaan akan selesai lebih mudah. Headphone anti bising pun bisa kamu gunakan sebagai ide kado lebaran untuk kesehatan mental. Semakin sedikit kebisingan, semakin mudah untuk fokus.

Itulah beberapa barang unik yang bisa kamu hadiahkan kepada keluarga atau orang terkasih. Tidak harus mahal, karena dengan budget mulai dari 20 ribu kamu bisa mendapatkan lilin aromaterapi dan teh bunga. Selain barang-barang di atas, matras yoga dan voucher gratis konseling psikolog bisa menjadi hadiah. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu