Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita BisnisInstrumen Pasar Modal, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Instrumen Pasar Modal, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Instrumen pasar modal saat ini sangat banyak jenisnya, meskipun hanya sedikit yang mengetahuinya. Umumnya hanya mengetahui sebatas saham, obligasi dan reksadana saja.


Padahal Anda dapat berinvestasi pada berbagai instrumen yang lebih menarik serta keuntungan besar. Ada banyak pilihan instrumen yang dapat Anda sesuaikan dengan besar dana dan lainnya.


Pasar modal merupakan sebuah wadah atau tempat jual beli yang kehadirannya telah lama sekali. Wadah jual beli surat berharga, baik yang menerbitkannya pihak swasta atau pun pemerintah.


Di Indonesia pasar modal telah ada sejak 1912 dalam bentuk yang masih sederhana. Kemudian pernah jatuh bangun hingga berhenti sementara dan diaktifkan kembali.


Pasar modal di Indonesia melaluli beberapa masa juga pergantlan nama hingga akhirnya menjadi seperti sekarang ini. Anda menjadi lebih mudah dan memiliki banyak pilihan untuk berinvestasi.


Saat ini lebih banyak yang memilih untuk berinvestasi pada pasar modal dari pada jenis lainnya. Hal tersebut karena lebih aman serta keuntungan yang lebih menjanjikan.


Banyak jenis investasi pada pasar modal selain saham, meskipun tak seramai dan sedikit berbeda. Namun, instrumen tersebut legal dan keberadaannya telah terjamin.


Saham menjadi yang paling banyak menjadi pilihan karena beberapa kelebihan yang ada. Apalagi saat ini ada banyak saham perusahaan untuk dapat Anda miliki.


Anda pasti lebih mengenal pasar modal adalah tempat untuk bertransaksi saham. Begitu pula dengan yang lainnya, berpikir sama hanya untuk satu jenis instrumen saja.


Saat ini Anda memiliki banyak kemudahan saat ini berinvestasi atau pun trading pada pasar modal. Dapat melakukannya sendiri atau pun dengan bantuan seorang manajer investasi.


Bahkan kini banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan banyak hal menarik seperti layanan online. Jumlah minimal dana pun kini menjadi salah satu yang membuat daya tarik pasar modal.


Sangat berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, dimana jumlah dana cukup besar untuk dapat berinvestasi. Kini banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menarik banyak nasabah melalui minimal deposit.


Instrumen Pasar Modal Adalah

Pasar modal kini telah jauh berubah dan menjadi begitu mudah untuk semua kalangan. Bahkan tak sedikit marketplace atau e-commerce yang juga menawarkan berbagai instrumen pada pasar modal.


Dengan jumlah dana yang dapat disesuaikan, Anda masih dapat memiliki salah satunya. Memilih jenis atau instrumen serta jumlah dana minimal, menjadi kelebihan untuk Anda miliki.


Saat ini ada banyak instrumen pada pasar modal yang bisa Anda pilih dan miliki untuk berinvestasi. Dapat berinvestasi jangka panjang atau pun pendek tergantung besar dana dan keinginan.


Apalagi kini tersedia layanan online yang semakin memudahkan dan sesuai dengan kondisi pandemi. Anda dapat tetap bertransaksi meskipun hanya dari rumah dan menggunakan gadget.


Anda dapat memilih salah satu instrumen pasar modal yang ada, baik berupa surat berharga atau lainnya. Surat berharga atau efek tersebut merupakan yang dapat Anda beli serta jual melalui pasar modal.


Instrumen pada pasar modal adalah setiap surat berharga komersial, saham, obligasi, surat pengakuan hutang, sekuritas kredit. Bahkan waran, opsi, derivatif, tanda bukti hutang merupakan instrumen pada pasar modal juga.


Ternyata banyak sekali instrumen yang terdapat dapat Anda miliki pada pasar modal saat ini. Anda dapat memiliki lebih banyak pilihan bukan sekedar saham atau obligasi saja.


Macam-macam Instrumen

Berinvestasi atau bertransaksi pada pasar modal saat ini menjadi pilihan banyak kalangan terutama kaum muda. Banyak jenis, dana atau modal dapat Anda sesuaikan serta adanya layanan online.


Meskipun kebanyakan lebih mengenal saham dan obligasi sebagai produk dari pasar modal. Sesungguhnya ada berbagai macam instrumen yang tersedia serta dapat Anda pilih, yaitu :


Saham

Adalah sebuah surat tanda bukti kepemilikan atas aset perusahaan yang bentuk PT. Saham menjadi salah satu jenis efek yang paling populer pada pasar modal.


Dengan Anda memiliki saham, maka akan dapat memperoleh dividen serta keuntungan dari fluktuasi harga. Menjual saham tersebut pada harga lebih tinggi dari nilai saat Anda membelinya.


Obligasi

Adalah jenis lainnya dari efek yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi pada pasar modal. Merupakan sebuah sertifikat, kontrak antara perusahaan dengan investor.


Dalam kontrak tersebut menyebutkan jika investor telah meminjamkan kepada perusahaan sejumlah dana. Sedangkan perusahaan tersebut memiliki kewajiban untuk membayar bunga.


Pembayaran bunga tersebut secara rutin dalam waktu yang telah ditentukan. Perusahaan atau emiten juga harus mengembalikan pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.


Reksadana

Merupakan salah satu instrumen yang biasanya pengelolaan dana oleh manajer investasi. Dengan adanya manajer investasi, Anda menjadi tak perlu repot untuk memantau kondisi pasar.


Merupakan salah satu instrumen pada pasar modal yang memiliki minimum atau saldo terkecil. Anda bisa berinvestasi pada instrumen ini hanya dengan Rp 100 ribu saja.


Pada reksadana terdapat beberapa jenis yang dapat Anda pilih sesuai dengan tingkat resikonya. Reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham serta campuran.


Derivatif

Adalah sebuah kontrak untuk membeli atau menjual suatu aset pada waktu tertentu. Kontrak tersebut antar dua pihak atau lebih yang waktunya pada masa mendatang.


Meskipun pembelian atau penjualan pada masa mendatang, akan tetapi telah terjadi kesepatan mengenai harga aset. Hal inilah yang membedakan dengan instrumen lainnya.


Terdapat peluang keuntungan dari kontrak derivatif ini terkait dengan underlying assets. Sebuah aset lain yang kinerjanya terkait dengan aset yang ada dalam kontrak tersebut.


Exchange Traded Fund

Adalah reksa dana yang berbentuk kontrak investasi kolektif. Kontrak ini, unit pernyertaannya seperti saham pada bursa efek yaitu dapat Anda transaksikan.


Exchange Traded Fund atau ETF merupakan instrumen yang menggabungkan dua jenis lainnya. Pengelolaan dana pada reksadana serta saham yaitu transaksi jual beli.


Kelebihan dan Kekurangan Dari Pasar Modal

Banyaknya pilihan instrumen pada pasar modal membuat Anda harus memikirkan kelebihan serta kekurangannya. Setiap instrumen yang ada pada pasar modal memiliki kedua hal tersebut.


Sebelum Anda memutuskan untuk bertransaksi pada salah satu instrumen tersebut, ada baiknya meneliti terlebih dahulu. Berikut ini kelebihan serta kekurangan yang perlu Anda ketahui.


Kelebihan

1. Instrumen-instrumen tersebut menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan tersebut. Saat sebuah perusahaan kekurangan dana untuk mengembangkan bisnis, melempar ke pasar modal adalah salah satu solusinya.


Dengan berinteraksi pada pasar modal dapat memperoleh dana cepat dan banyak. Dapat tersebut nantinya bisa untuk mengembangkan bisnis serta memperoleh keuntungan lebih besar lagi.


2. Menjadi tanda atau indikator ekonomi negara dan berkaitan dengan pendapatan nasional. Karena saat pasar modal menunjukkan penguatan atau hijau, maka ekonomi nasional pun dalam kondisi baik.


3. Menjadi sarana atau alat untuk semua kalangan mendapat pendapatan atau keuntungan. Karena semua investasi memiliki tujuan akhir keuntungan bagi pemiliknya.


Kekurangan

1. Meskipun saat ini semakin banyak yang mengetahui serta berinvestasi pada pasar modal, tapi tak semua lapisan masyarakat. Karena masih banyak masyarakat yang belum mengerti dan menguasai cara kerja pasar modal.


2. Ada sebagian investasi yang berakhir tidak dengan keuntungan seperti harapan Anda. Pada beberapa jenis saham serta instrumen pasar modal dapat pula berakhir dengan kerugian.


Karenanya Anda perlu mempelajari serta menganalisa instrumen yang akan menjadi investasi Anda. Karena semua instrumen tersebut memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda.


3. Pada saham, ketidakstabilan kurs dapat menjadi sebuah pengaruh juga. Saat kurs mata uang negara tersebut tidak stabil, akan membuat investor enggan untuk berinvestasi.


Itulah instrumen pasar modal yang ada dan perlu Anda ketahui beserta kelebihan dan kekurangannya. Mempelajari setiap instrumen yang ada akan jauh lebih baik dan dapat menghindarkan dari kerugian besar.

- Advertisment -