Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruJajanan Ala Korea yang Sedang Tren di Indonesia, Bisa Bikin Sendiri

Jajanan Ala Korea yang Sedang Tren di Indonesia, Bisa Bikin Sendiri

Untuk kamu yang menyukai jajanan ala korea, beberapa menu ini sudah sangat mudah kamu dapatkan di Indonesia. Drama-drama Korea juga sering menampilkan adegan saat pemainnya sedang memakan menu-menu ini.

Selain mudah untuk kamu temukan karena sudah banyak resto dan kedai yang menyediakan, kita juga bisa membuat sendiri di rumah. Uniknya jajanan ala korea ini memiliki rasa yang khas dan cara penyajian yang tidak biasa sehingga tampilannya terlihat menggoda.

Baca Juga: Kue Ali Agrem Khas Sunda, Kue Jadoel yang Menjadi Simbol Keabadian

Kimbab

Menu pertama ada kimbab, jenis makanan yang terdiri dari nasi, sayuran, dan ikan, dan rumput laut yang membungkusnya. Kimbab ini terbilang praktis sehingga bisa kamu bawa untuk bekal piknik, hiking, atau aktifitas lain di luar ruangan.

Saat ini kimbab bisa kamu beli di resto atau kedai makanan korea dengan harga mulai dari Rp 35 ribu per porsi. Pilihan isinya pun bervariasi, ada yang menggunakan udang, sushi, bahkan bulgogi.

Odeng atau Eomuk

Jajanan ala Korea berikutnya adalah odeng. Makanan ini merupakan rebus ikan berpadu dengan kaldu kuah panas. Odeng sudah tersedia di toko makanan beku atau frozen food, dengan harga mulai dari 45 ribu per kemasan 200 gram.

Apabila kita membeli di resto Korea, biasanya harga odeng sekitar Rp 20 ribu per 3 tusuk dan disajikan dengan kuah panas. Odeng memiliki cita rasa ikan yang khas mirip otak-otak. Bedanya, odeng dimasak dengan cara direbus.

Baca Juga: Makanan Khas Bulan Ramadan di Berbagai Negara

Tteokbokki

Jajanan ala Korea yang paling sering kita lihat di drama salah satunya tteokbokki. Terbuat dari tepung beras yang kemudian dibentuk lonjong, jajanan ini dimasak menggunakan bumbu gochujang. Di resto makanan Korea, harga tteokbokki mulai dari Rp 25 ribu per porsi. Tteokbokki yang identik dengan rasa pedas dan manis ini juga cocok kamu makan bersama ramyeon.

Kita bisa membuat sendiri teok dengan adonan tepung beras, namun proses pembuatannya terbilang rumit. Orang biasanya lebih suka membeli tteok di toko makanan beku. Sedangkan untuk bumbu gochujang hanya bisa kamu beli di toko makanan impor, biasanya satu paket dengan tteok beku.

Corndog

Corndog adalah jajanan ala Korea lainnya yang sedang tren di Indonesia. Ini adalah makanan dari sosis yang ditusuk seperti sate. Celupkan ke dalam adonan tepung jagung lalu tinggal goreng saja. Biasanya corndog juga memiliki tambahan keju mozarella di dalamnya untuk menambah sensasi gurih dan lezat. Corndog akan lebih enak jika kamu memakannya bersama saus pedas dan mayones.

Di Indonesia, corndog bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 12 ribu per tusuk. Walaupun masuk kategori jajanan kaki lima, corndog terbilang cukup mengenyangkan. Apalagi sudah tersedia varian yang berlapis kentang.

Itulah jajanan ala korea yang sering kita temukan di drama. Melihat dari penampilannya saja sudah membangkitkan nafsu makan, apalagi dengan mencobanya langsung. Kita bisa mendapatkan cita rasa yang beraneka ragam dan mengenyangkan. Tak heran jika banyak pedagang kaki lima yang menjualnya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu