Jenis Karburator Motor Berdasar Bentuk Venturi dan Katup Gas

Jenis Karburator Motor
Ilustrasi Jenis Karburator Motor. Foto: Ist/Net

Jenis karburator motor berbeda-beda tergantung dari bentuk venturi dan katup gas. Karburator merupakan komponen vital pada kendaraan bermotor yang masih menggunakan konsep bahan bakar konvensional.

Saat ini pamor karburator telah mulai tergantikan oleh ide yang terus berkembang, salah satunya sistem bahan bakar injeksi. Jika anda bandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator, motor injeksi memang lebih efisien. Terutama dari segi konsumsi bahan bakar.

Fungsi karburator secara umum untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar serta mengatur tinggi rendahnya RPM mesin. Komponen yang terdapat dalam karburator berupa katup gas yang tersambung ke stang melalui media kabel. Ini berfungsi untuk menarik ulur katup gas (skep) sehingga RPM mesin bisa berubah sesuai dengan putaran gas.

Beberapa Jenis Karburator Motor yang Ada Pada Kendaraan Roda Dua

Semua komponen dalam motor memiliki peran yang sama pentingnya, tanpa terkecuali. Hal ini karena semua komponen bersinergi untuk dapat menggerakkan mesin. Dalam hal ini karburator mempunyai fungsi yang cukup vital, terutama saat pembakaran bahan bakar minyak atau BBM.

Baca Juga : Penyebab Karburator Motor Nembak, Suara Keluar dari Knalpot

Karburator sendiri merupakan komponen yang berfungsi menyatukan BBM dan udara dengan perbandingan tertentu agar bisa menjadi gas atau kabut bensin. Sehingga bensin jadi lebih mudah terbakar yang kemudian berganti menjadi tenaga.

Ukuran dari sedikit banyaknya kabut bensin tersebut tergantung dari bukaan selongsong gas oleh pengendara. Bicara mengenai karburator, terdapat beberapa jenis karburator motor yang perlu anda ketahui:

Jenis Karburator Berdasar Bentuk Venturi

Berdasarkan bentuk venturinya, terdapat tiga jenis karburator pada sepeda motor, yaitu:

Slide Carburetor Or Variable Venturi / Karburator Venturi Berubah-ubah

Merupakan karburator dengan venturi berubah-ubah sehingga menempatkan throttle valve berada dalam venturi dan langsung teroperasikan oleh kawat gas. Untuk itu, cara membedakan diameter venturi sesuai dengan besar aliran campuran bahan bakar udara dalam karburator.

Fixed Venturi / Karburator Venturi Tetap

Diameter venturi pada jenis karburasi motor yang satu ini tidak dapat berubah. Besarnya aliran udara tergantung pada perubahan katup gas atau katup throttle.

Baca Juga : Cara Menyetel Karburator Motor dengan Benar

Biasanya terdapat pilot jet untuk kecepatan stasioner. Sistem kecepatan utama sekunder berfungsi memenuhi proses pencampuran udara bahan bakar pada setiap kecepatan.

Dalam menyalurkan bahan bakar, jenis karburator motor ini hanya melalui jet yang terkontrol oleh jarum. Hal ini karena bentuk jarum memiliki terancang tirus. Dengan begitu, dapat mengurangi jet (spuyer) serta saluran tambahan lain seperti yang ada pada karburator venturi tetapnya.

Constant Velocity Carburetor / Karburator Kecepatan Konstan

Jenis karburator motor ini ialah gabungan dari dua karburator di atas. Karburator tipe ini memiliki nama lain yaitu karburator vakum.

Baca Juga : Cara Membersihkan Throttle Body Motor dengan Aman

Torak valve yang berada dalam venturi berfungsi agar diameter venturi dapat berubah dengan bergeraknya torak tersebut. Pergerakan torak ini oleh tekanan negatif dalam venturi tersebut.

Jenis Karburator Berdasar Bentuk Katup Gas / Skep

Terdapat beberapa jenis karburator sesuai dengan bentuk gas atau skep, berikut detailnya:

Karburator PE

Jenis karburator motor ini sangat pas untuk yang menyukai kecepatan tinggi. Karbu PE cocok untuk motor bebek 105cc-125cc dan balap drag. Selain itu, jenis karbu ini terdapat beberapa ukuran seperti PE 24, PE 28, dan PE 38 dengan ciri-ciri:

  • Ukuran skep dari 20-38 mm
  • Setelan stationer warna kuning (NSR SP) dan hitam (sudco)
  • Skep bulat berlapis krom
  • Irit bahan bakar
  • Tarikan atas bawah dengan performa bagus

Karburator PJ

Jenis karburator motor ini memiliki katup atau skep dengan bentuk oval berlapis chrome. Bila anda bandingkan dengan skep bulat, skep oval memiliki lintasan kabut yang lebih cepat. Pada umumnya, karburator PJ untuk motor 2-tak, dengan ciri sangat boros bahan bakar.

Karburator PWL

Merupakan jenis karburator motor dengan performa putaran bawah bagus, tapi bagian atas sering kehilangan nafas dan venturinya mengecil.

Karburator TM

Dengan berbentuk skep kotak, tipe karburator motor ini memiliki performa lebih bagus daripada skep bulat. Hal ini karena udara yang masuk lebih lancar dan cepat.

Karburator TMX

Jenis karburator motor TMX berbentuk skep setengah lingkaran. Karburator TMX memiliki kelebihan akselerasi dan power band yang rata pada semua RPM. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto