Jenis Pembayaran Online Terpopuler, dari Kartu Kredit Hingga COD

jenis pembayaran online
Ragam jenis pembayaran online. Foto: Ist/Net

Ada banyak jenis pembayaran online yang berlaku saat ini. Transaksi online tak harus dengan kartu kredit yang sempat membuat sebagian orang trauma. Selain dengan transfer bank, ada berbagai layanan pembayaran untuk transaksi online.

Dengan semakin meleknya masyarakat terhadap dunia internet makin marak pula sistem pembayaran online. Dalam arti, segala sesuatu kita bayarkan secara online.

Seperti saat pembelian barang lewat internet kita menggunakan mata uang digital. Bahkan makin banyak orang yang membayar tagihan secara online. Seperti pembayaran online PTPTN, TNB, PBB, STNK, pajak motor dan mobil, hingga bil elektrik.

Hal tersebut membuat cara pembayaran online menjadi sebuah kebiasaan baru yang praktis. Ini menjadikan pembayaran secara tunai menjadi hal yang makin jarang orang melakukannya.

Baca Juga: Aplikasi Manajemen Gudang Online Terbaik, Ini Dia Daftarnya

Memang tidak semua orang di Indonesia menggunakan berbagai jenis pembayaran online. Masih ada sebagian kalangan yang masih menggunakan sistem pembayaran secara konvensional. Terutama mereka kalangan lanjut usia.

Sedangkan kalangan kawula muda di Indonesia mulai terbiasa menggunakan pembayaran online. Dalam setiap pembelian barang atau jasa apapun selalu menggunakan pembayaran online tanpa uang tunai.

Masih adanya sebagian kalangan yang tidak melek sistem pembayaran online membuat pemerintah terus melakukan sosialisasi terhadap pemakaian layanan transaksi online.

Sebab sistem pembayaran online yang dalam bahasa inggrisnya adalah internet payment system terbukti memudahkan manusia dalam setiap transaksi serta paling aman dalam bertransaksi pembelian barang.

Jenis-jenis Pembayaran Online

Bagi Anda yang suka berbelanja secara online di toko online maupun marketplace pastinya tidak asing lagi dengan sistem pembayaran online. Ada beberapa macam sistem pembayaran online yang membuat banyak pilihan bagi para pembeli.

Anda bisa memilih metode pembayaran online sesuai kemampuan dan sumber daya yang Anda miliki. Berikut ini macam-macam jenis pembayaran online yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga: Aplikasi Belanja Online Terlengkap dan Keunggulannya

Transfer Lewat Rekening

Cara pembayaran online ini paling banyak dipergunakan orang karena kemudahan dan kepraktisan yang diberikan. Misalkan dalam pembelian sebuah barang atau jasa di internet atau toko online.

Untuk melakukannya ada sejumlah teknik yang dapat Anda laksanakan, antara lain dengan cara:

  • Transfer bank lewat SMS Banking
  • Mengirimkan uang lewat Mobile Banking
  • Transfer dana lewat Anjungan Tunai Mandiri
  • Pembayaran melalui internet banking

Pembayaran dengan Kartu Kredit

Sistem pembayaran online lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kartu kredit. Cara ini merupakan cara terbanyak dan terpopuler kedua yang banyak orang menggunakannya.

Caranya mudah sekali dengan hanya melakukan input nomor kartu kredit serta harga benda yang mau dibeli. Selanjutnya memberikan nama lengkap, nomor hp, serta alamat.

Sistem COD

Jenis pembayaran online berikutnya adalah Cash on Delivery (COD). Sistem pembayaran ini tengah booming dewasa ini dalam pembelian barang di internet. Pembayaran setelah barang datang.

Hal ini dilakukan untuk menghindarkan diri dari tindakan penipuan para penjual di internet yang tidak bertanggung jawab.

Kita bisa menggunakan teknik pembayaran online ini jika kita meragukan kualitas penjual atau kita tidak memiliki kartu debit dan kartu kredit. Hanya saja kita mesti mempersiapkan uang terlebih dahulu.

Sehingga ketika petugas pengiriman ekspedisi datang mengirimkan barang pesanan, maka kita tinggal menyerahkan uang pembelian tersebut kepada petugas bersangkutan.

Pembayaran Lewat Minimarket

Jenis pembayaran online lainnya yang tak kalah menarik dan cukup membantu masyarakat dalam pembayaran barang secara online adalah adanya layanan pengiriman uang lewat minimarket. Seperti melalui Indomaret dan Alfamart.

Contoh sang pembeli barang atau konsumen tinggal mengirimkan uang lewat minimarket Alfamart dengan menunjukkan nomor transaksi. Kita tinggal membayar kepada kasir minimarket karena mereka telah menggunakan aplikasi pembayaran online.

Cara pembayaran online lewat minimarket sangat memudahkan pembelian barang secara online. Karena cabang-cabang minimarket waralaba sangat menjamur di Indonesia.

Dari mulai kota sampai pelosok pedesaan yang terpencil. Cara pembayaran ini sangat tepat bagi kita yang tak mempunyai kartu debit, kartu kredit dan ATM.

Demikianlah berbagai jenis pembayaran online yang populer. Mungkin saja pada masa depan sistem pembayaran online ini semakin bertambah banyak dengan kehadiran layanan-layanan terbaru lainnya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang