Kaki Pecah-pecah dan Gatal, Kenali Penyebab dan Cara Penanganannya

kaki pecah-pecah dan gatal
Ini penyebab kaki pecah-pecah dan gatal. Foto: Ist/Net

Kaki pecah-pecah dan gatal umumnya terjadi pada ibu-ibu pekerja keras. Baik yang sering berjalan untuk berjualan ataupun yang sering mencuci baju. Mengenal faktor penyebabnya akan memudahkan untuk penanganan yang praktis.

Mungkin kita pernah atau bahkan sering melihat telapak kaki orang nampak kasar dan pecah-pecah, khususnya pada bagian tumitnya. Apakah hal ini juga pernah terjadi pada telapak kaki Anda?

Kulit kaki yang mengalami pecah-pecah memang sangat kurang enak untuk kita lihat. Selain itu gangguan ini juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, gatal, hingga timbul rasa nyeri pada saat berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Kaki pecah-pecah merupakan salah satu masalah yang sering terjadi khususnya pada bagian tumit. Pada awalnya, kondisi ini akan muncul tanda berupa kulit bersisik dan kering pada area tersebut. 

Terkadang pada bagian tersebut juga akan terasa gatal, kemerahan, dan nyeri. Bahkan jika kondisi sudah parah sering terjadi pembengkakan, menjadi berdarah, dan bernanah.

Baca Juga : Penyebab Bau Kaki dan Cara Mudah Menghilangkannya

Penyebab Kaki Pecah-pecah dan Gatal

Jika Anda mengalami gangguan ini penting untuk mengetahui faktor yang menyebabkannya. Masalah kulit satu ini dapat menyerang siapa saja dari berbagai usia. Berikut ini penyebab kaki pecah-pecah dan gatal ini yang sebaiknya anda tahu.

Kulit Yang Terlalu Kering

Salah satu penyebab kaki pecah-pecah yang sangat dasar adalah karena kondisi kulit yang terlalu kering. Kulit akan kering apabila kulit mengalami kehilangan kelembaban. Dengan begitu, kulit akan terlihat seperti pecah-pecah.

Sering Berada di Daerah Lembab

Selain karena faktor kondisi kulit, penyebab kaki pecah-pecah lainnya adalah karena selalu berada pada area yang lembab. Misalnya saja Anda harus  mencuci baju sehingga harus selalu berada dalam genangan air.

Kondisi ini dapat menyebabkan berkurangnya atau hilangnya kandungan air pada lapisan kulit. Kondisi inilah yang menyebabkan lapisan kulit pada bagian atas akan menebal dan juga gampang pecah-pecah.

Baca Juga : Sindrom Kaki Gelisah, Cari Tahu Gejala Hingga Faktor Penyebabnya

Adanya Penyakit Tertentu

Telapak kaki yang menjadi kering dan pecah bukan hanya karena kebiasaan saja. Hal ini juga bisa terjadi karena penyakit. Ada beberapa penyakit ternyata bisa menyebabkan kaki pecah-pecah dan gatal.

Seperti penyakit diabetes mellitus yang termasuk tinggi jumlah penderitanya. Penyakit kencing manis ini terjadi akibat kerja insulin yang terganggu akibat penumpukan gula dalam darah. Hal ini menyebabkan kaki terkena dampaknya.

Usia

Seiring bertambahnya usia maka akan terjadi juga perubahan hormon dan metabolisme tubuh. Perubahan ini dapat mengakibatkan lapisan kulit terluar akan menebal.

Selain itu, lapisan kulit pada bagian pelindung pada tumit juga akan mengalami penipisan. Kondisi ini akan membuat kulit menjadi stres, mengalami penebalan dan pada akhirnya akan pecah-pecah.

Baca Juga : Penyebab Kaki Pecah dan Kering serta Cara Mengatasinya Secara Alami

Penggunaan Produk Perawatan Kaki yang Salah

Pada saat ini ada banyak sekali jenis produk perawatan kaki yang ada di pasaran. Akan tetapi tidak semua produk tersebut bagus dan aman untuk kaki.

Bahkan ada beberapa produk perawatan kaki yang justru malah akan mengikis kelembaban kulit sehingga akan menaikan risiko terjadinya kulit kaki yang pecah-pecah dan gatal.

Untuk mengatasi masalah ini  Anda bisa melakukan beberapa perawatan khusus untuk kaki. Salah satunya adalah dengan mengoleskan krim pelembab pada bagian kaki pecah-pecah dan gatal tersebut.

Lakukan hal ini secara rutin setidaknya 2 hingga 3 kali dalam sehari. Cara ini akan membantu Anda dalam mengembalikan kelembaban kulit secara efektif.

Anda bisa menggunakan beberapa produk pelembab yang mengandung bahan perontok sel kulit mati. Misalnya saja produk yang mengandung asam salisilat, saccharide isomerate dan lainnya. 

Sebelum mengoleskan krim ini, Anda harus membersihkan terlebih dahulu kaki. Bukan dengan air melainkan dengan cara menggosok kulit kaki yang kering menggunakan batu supaya kulit keringnya terlepas.

Sekarang sudah tahu bukan mengenai apa saja faktor yang memicu dan menyebabkan kaki menjadi kering dan pecah. Selain dengan menghindari penyebabnya, anda juga perlu ke dokter untuk pengobatannya.

Nah, dengan mengenalnya Anda bisa menghindari semua hal yang menjadi penyebabnya. Hal ini perlu kita lakukan supaya mulus dan bebas dari kaki pecah-pecah dan gatal. Dengan begitu, Anda akan bisa tampil lebih percaya diri. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah