Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKawasaki Ninja ZX 4R, Akan Hadir dengan Tenaga Lebih Powerfull

Kawasaki Ninja ZX 4R, Akan Hadir dengan Tenaga Lebih Powerfull

Kawasaki Ninja ZX 4R yang akan siap rilis lebih powerful. Dengan menggunakan basis ZX 25R yang kini sudah sukses di beberapa negara. Kawasaki ZX 25R menjadikan perbincangan banyak orang di dunia. Hal itu karena menggunakan mesin 250 cc empat-silinder.

Motor yang hadir pertama kalinya pada saat Tokyo Motor Sport (TMS) 2019. Sehingga semakin ramai menjadi perbincangan banyak orang. Peluncuran Kawasaki Ninja ZX 25R di Indonesia yang sempat terkendala pandemi covid-19.

Baca Juga : Kawasaki Ninja H2 SX Test Uji Jalan, Ubahan Tampilan dan Sistem Radar

Namun kehadiran motor tersebut di Tanah Air tidak menurunkan popularitasnya. Untuk para penggemar motor sport pastinya.

Kawasaki Ninja ZX 4R yang Masih dalam Pengembangan

Kawasaki yang sudah sukses dengan ZX 25R. Sebagai brand asal Jepang tersebut yang kabarnya sedang mengembangkan Ninja ZX 4R. Raungan mesin yang bisa mencapai 17.000 rpm. Tentunya menjadikan salah satu daya tarik tersendiri. Terlebih dari mesin empat silinder segaris berkapasitas kecil.

Sesungguhnya Kawasaki tidak akan mengalami kesulitan. Untuk bisa mengembangkan mesin 400 cc empat-silinder segaris. Hal itu karena sudah ada contoh dari mesin yang serupa sebelumnya. Fokus Kawasaki yang bisa teralihkan pada ECU. Untuk bisa menghasilkan mesinnya dengan performa yang luar biasa.

Baca Juga : Kawasaki Ninja Versys-X 300 Hadir Dengan Dua Varian Model Unggul

Namun sepertinya kesuksesan Ninja ZX 4R dalam prediksinya tidak bisa sesukses ZX 25R. Hal ini karena pada beberapa negara menerapkan regulasi mesin dengan cukup ketat. Seperti halnya di Indonesia yang menerapkan aturan pajak yang berbeda. Terutama untuk jenis motor di atas 250 cc.

Untuk Inggris dan beberapa negara di Eropa lainnya juga menerapkan hal serupa. Sehingga Ninja ZX 4R akan lebih sulit untuk bisa masuk Eropa. Kawasaki Ninja ZX 4R dalam rencananya akan diproduksi di Jepang. Meskipun belum ada keterangan secara lebih pasti.

Berbeda dengan ZX 25R yang proses produksinya di Thailand dan juga Indonesia. Namun kedua motor tersebut tetap memiliki perbedaan. Hal itu yang tampak pada kapasitas mesinnya.

Mesin Kawasaki Ninja ZX 4R

Kawasaki Ninja ZX 25R terbilang sudah sukses di pasaran. Sejak prototipenya diperkenalkan pertama kalinya pada saat Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Motor 250cc dengan konfigurasi 4 silinder yang menyita perhatian para pecinta otomotif. Seperti tidak ingin kehilangan momen tersebut. Kawasaki akan siap merilis Ninja ZX 4R yang lebih powerful.

Kabar yang beredar dari Jepang, mengatakan bahwa Kawasaki dalam tahap pengerjaan proyek motor barunya. Motor baru ini dalam prediksinya memiliki bentuk motor sport. Motor dengan empat silinder segaris 400cc dan berdasarkan pengembangan Kawasaki Ninja ZX 4R.

Dalam informasinya, ZX 25R menggunakan mesin 249,8 cc. Motor tersebut memiliki 4 silinder, DOHC, 16 katup, dan berpendingin cairan.  Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum. Dengan ram air yang mencapai 37,5 kW (51 PS) pada 15.500 rpm. Apabila tanpa ram air tenaganya hanya 36,8 kW (50 PS) pada 15.500 rpm.

Baca Juga : Kawasaki Ninja 1000SX Terbaru Tampil Sporty, Kenali Fitur-fiturnya!

Sedangkan untuk maksimum torsinya sekitar 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Motor ini yang menggunakan sistem transmisinya manual 6 speed.

Spesifikasi

Motor Kawasaki Ninja ZX 4R ini memiliki spesifikasi bore x stroke 50,0 mm x 31,8 mm. Sedangkan rasio kompresi mesinnya 11,5:1. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa ZX 4R sebagai  ZX 25R yang di bore-up. Tentunya dengan mengganti piston dan engkol. Penggantian tersebut merupakan perubahan mekanis yang cukup sederhana. Sehingga dapat menggabungkannya dengan ECU yang diperbarui.

Kawasaki yang belum mengeluarkan informasi resmi mengenai Ninja ZX-4R ini. Sehingga beberapa informasi yang telah disebutkan hanya prediksi saja. Apabila nantinya proyek Kawasaki Ninja ZX 4R benar-benar terwujudkan. Selain itu juga dalam produksinya secara massal.

Maka motor ini akan menjadi penantang bagi Aprilia RS 660 atau juga Yamaha YZF-R7. Motor yang memiliki konfigurasi mesinnya 2 silinder.

Apabila benar produksi Ninja ZX-4R akan dilakukan di Jepang. Menjadikan biaya kirim atau impor Ninja ZX 4R Eropa akan lebih mahal. Tentu akan berbeda kondisinya dengan Yamaha YZF R7 2021. Hal tersebut yang produksinya pada pabrik Yamaha Eropa.

Ninja ZX-4R sepertinya akan menjadi amunisi barunya pada kejuaraan World Supersport (WSS) 300. Motor ini yang akan melawan KTM RC390, Yamaha R3, dan Honda CBR500R. Kabar tersebut akan menjadi lebih menarik. Hal itu karena pada kelas tersebut yang lebih banyak peminatnya.

Kawasaki Ninja ZX 4R yang kini masih dalam pengembangan. Kawasaki akan siap merilis ZX 4R yang lebih powerfull dengan mesin 400cc. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -