Keistimewaan Bulan Syawal Meningkatkan Amal Mendatangkan Kebaikan

Keistimewaan Bulan Syawal Meningkatkan Amal Mendatangkan Kebaikan
Ilustrasi Keistimewaan Bulan Syawal. Foto: Ist/Net

Keistimewaan bulan Syawal memang masih belum menyita banyak perhatian umat muslim. Meskipun beberapa kelompok memang melaksanakan lebaran setelah menjalani puasa Syawal selama enam hari.

Pada kenyataannya, bulan Syawal memiliki beberapa keistimewaan. Salah satunya adalah terdapat amalan yang dapat meningkatkan amal atau sebagai penyempurna amalan saat Ramadhan.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi pada bulan Syawal ini juga banyak terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang mengandung banyak hikmah dan pembelajaran bagi umat Islam. Karena Ramadhan sudah pergi meninggalkan, maka kita juga bisa memanfaatkan amalan di bulan Syawal ini.

baca juga: Amalan di Bulan Sya’ban Akan Allah Lipat Gandakan Selama Satu Tahun

Beberapa Keistimewaan Bulan Syawal yang Perlu Anda Ketahui

Perlu anda ketahui bahwa Syawal berasal dari kata Syala yang mempunyai arti meninggi atau naik. Maksudnya adalah pada bulan ini, derajat dan kedudukan kaum muslimin meninggi di hadapan Allah.

Pasalnya, sudah melewati ibadah selama bulan Ramadhan dan melewati bulan ujian. Lalu apa saja keistimewaan yang dimiliki bulan Syawal ini? Mari kita bedah bersama penjelasannya.

baca juga: Makanan Khas Bulan Ramadan di Berbagai Negara

Puasa Sunnah 6 Hari Syawal

Seperti penjelasan sebelumnya, amalan yang menjadi keistimewaan bulan Syawal juga menjadi salah satu kebaikan yang bisa mendatangkan limpahan pahala bagi siapa pun yang mau melaksanakannya dengan ikhlas dan niat hanya karena Allah.

Amalan sunnah ini bisa anda lakukan setelah hari kedua hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, saat tanggal 1 Syawal bertepatan dengan hari Tasyrik. Hari Tasyrik adalah hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Puasa sunnah ini memiliki kedahsyatan yang tersendiri yang terdapat dalam hadits riwayat muslim:

Melihat keutamaan tersebut, tentunya sangat merugi bukan jika kita melewatkannya. Maka sebisa mungkin manfaatkan kesempatan emas tersebut jika dalam satu tahun terdapat 365 hari. Sedang puasa sunnah ini hanya 6 hari. Maa Syaa Allah, Allahu Rabbi kita sangat baik bukan?

Hanya enam hari saja sudah setara dengan satu tahun. Selagi kita masih mampu, mari bersama berlomba-lomba untuk mendapatkan semua keutamaan Puasa Syawal ini.

baca juga: Pengiriman DNA Spesies Bumi ke Bulan, Ilmuwan Ingin Berjaga-Jaga

Menikah pada Bulan Syawal

Melaksanakan pernikahan pada bulan setelah Ramadhan juga termasuk dalam keistimewaan bulan Syawal. Pastinya anda juga sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut.

Bahkan lingkungan sekitar anda juga sudah paham betul mengenai hal ini. Sudah banyak juga yang menggelar pernikahan saat bulan Syawal tiba.

Orang-orang menganggap semua pernikahan yang digelar tanggal berapapun pada bulan Syawal, maka akan menghadirkan dan mendatangkan kebaikan juga keberkahan. Karena sesuai dengan pernikahan Baginda Rasul Muhammad SAW.

Jadi, bagi anda yang ingin menggelar atau melangsungkan akad nikah dengan melihat keistimewaan bulan Syawal, berarti anda sudah menjalankan salah satu sunnah Rasul Muhammad Uswatun Hasanah kita.

Amalan yang Bisa Menyempurnakan Bulan Ramadhan

I’tikaf merupakan salah satu amalan saat bulan Ramadhan yang mendatangkan beragam kebaikan dan limpahan pahala dari-Nya. Arti dari i’tikaf sendiri adalah berdiam diri dalam masjid.

Namun, tujuan yang sebenarnya bukanlah itu. Pasalnya, dalam berdiam diri tersebut kita juga harus melakukan amal ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah Ta’alla.

Misalnya memperbanyak berdoa, berdzikir, tadarus Al-Quran, sholat malam, ataupun membaca buku yang bisa menambah wawasan tentang Islam. Umumnya i’tikaf dilaksanakan saat sepuluh hari terakhir Ramadhan bertepatan dengan Lailatul Qadr.

Akan tetapi, untuk anda yang belum mengetahui bahwa amalan berdiam diri tersebut juga menjadi keistimewaan bulan Syawal. Pasalnya, anda juga melakukannya meski bulan Syawal.

Hal tersebut juga bisa menjadi pengganti i’tikaf anda yang pernah terlewatkan saat Ramadhan. Dengan demikian juga, bisa menjadi penyempurna juga sebagai penambalan amal anda yang sudah bolong.

Menjadi Bulan Silaturahmi

Saat lebaran tiba pun umat muslim melakukan halal bi halal saat bulan Syawal bukan? Silaturahim juga menjadi keistimewaan bulan Syawal yang mempunyai banyak keutamaan dan faedah.

Silaturahim bisa memperpanjang umur dan melancarkan rezeki seseorang. Jadi, anda sudah tak perlu heran jika Syawal mengandung berbagai macam keistimewaan bagi kaum muslimin.

Bagi anda yang belum tahu mengenai apa saja keistimewaan bulan Syawal ini, semoga penjelasan tersebut dapat membantu anda untuk lebih paham juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. (Muhafid/R6/HR-Online)