Keistimewaan Malam Lailatul Qadr yang Penuh Berkah dan Kebaikan

Keistimewaan Malam Lailatul Qadr yang Penuh Berkah dan Kebaikan
Ilustrasi Keistimewaan Malam Lailatul Qadr. Foto: Ist/Net

Keistimewaan malam Lailatul Qadr yang beragam justru bisa mendatangkan pahala dan kebaikan untuk umat Islam. Hal tersebut mempunyai alasan apabila kita mampu memanfaatkan momen tersebut dengan baik.

Lailatul Qadr sendiri adalah momen yang akan selalu membersamai bulan Ramadhan. Momen istimewa ini biasanya hadir pada minggu-minggu terakhir bulan Ramadhan. Banyak umat Islam juga yang sudah menanti-nantikan datangnya Lailatul Qadr ini.

baca juga: Fenomena Supermoon Pink Moon, di Malam 17 Ramadhan Jadi Sorotan

Beberapa Keistimewaan Malam Lailatul Qadr yang Perlu Diketahui

Dalam Al-Quran surat al-Qadr ayat 1-5 dijelaskan:

baca juga: Fakta Bulan Purnama Salju Muncul Malam Ini, Catat Waktunya!

Malam yang Kebaikannya Lebih Baik Daripada Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadr adalah malam yang paling penting pada bulan Ramadhan. Bahkan banyak yang menyebutnya keistimewaan malam Lailatul Qadr adalah seperti malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Bahkan para ulama juga mengatakan bahwa barang siapa yang melakukan amal kebaikan saat malam mulia itu, maka pahala yang akan ia dapatkan adalah sama dengan ia melakukannya dalam waktu satu bulan.

Menurut Syekh Abdul Hamid Mahmud mengatakan bahwa seribu bulan itu 84 tahun 4 bulan atau sama dengan standar manusia. Maa Syaa Allah, Allah teramat sangat baik kepada hambanya.

Hanya dengan melakukan amal kebaikan pada malam kemuliaan (Lailatul Qadr), maka balasan berupa pahala yang sangat banyak. Bahkan sama seperti kita melakukan amal sholeh selama ribuan tahun.

baca juga: Sejarah Nuzulul Quran 17 Ramadhan dan Keutamaannya

Turunnya Para Malaikat Allah

Sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Quran surat al-Qadr bahwa pada malam kemuliaan tersebut malaikat Allah turun.

Pada saat itu juga malaikat turun setiap langit Sidratul Muntaha. Allah menurunkan mereka guna mengamini doa-doa yang sudah umat Islam panjatkan sampai pada terbit fajar.

Tidak perlu ragu jika doa-doa anda tidak akan Allah kabulkan. Allah pasti mendengar dan mengabulkan mesti bukan pada saat itu juga. Tapi Allah akan memberikan tepat pada waktunya. Perlu anda ketahui bahwa keistimewaan malam Lailatil Qadr ini, hari-hari biasa juga ada, akan tetapi pada malam kemuliaan tersebut kekuatannya lebih dahsyat.

Malam Al-Quran Turun

Keistimewaan malam Lailatul Qadr satu inilah yang paling terkenal. Akan tetapi, ketika muncul pertanyaan, lalu bedanya Lailatul Qadr dan Nuzulul Quran itu apa?

Padahal, meski terjadi pada bulan Ramadhan, dari kedua momen tersebut mempunyai perbedaan yang sangat menonjol.

Untuk Lailatul Qadr sendiri merupakan turunnya Al-Quran secara utuh dari Baitul Izzah ke langit-langit bumi (Sidratul Muntaha). Sedangkan Nuzulul Quran adalah turunnya wahyu Allah SWT yang berupa Al-Quran melalui Malaikat Jibril menuju Nabi Muhammad SAW.

Wahyu Allah tersebut merupakan kitab suci yang berisikan petunjuk untuk kehidupan dunia dan akhirat hambanya. Bukan hanya itu saja, Allah juga sudah menjelaskan bahwa kehidupan yang paling abadi adalah di akhirat. Kehidupan dunia sendiri hanya merupakan sendau gurau saja.

Malam Keselamatan

Mengenai keselamatan sebagai salah satu keistimewaan malam Lailatul Qadr adalah sebagaimana penjelasan surat Al-Qadr ayat 5. Atas izin Allah, Jibril mengatur semuanya, sehingga mereka merasakan sebuah kesejahteraan.

Maksudnya adalah pada malam kemuliaan itu, setan tidak bisa melakukan amal buruk mereka sebab sudah Allah belenggu.

Istimewa Bagi Kaum Kanjeng Nabi Muhammad SAW

Bagi golongan pengikut Kanjeng Nabi Muhammad SAW, keistimewaan malam Lailatul Qadr sangatlah spesial.

Dalam hadits menjelaskan bahwa Rasulullah pernah diperlihatkan mengenai umur manusia yang sangat panjang sesuai dengan kehendak Allah Ta’alla. Akhirnya, usia umat manusia semakin lama justru kian pendek sehingga mereka tidak bisa beramal dalam waktu yang panjang. Seperti halnya umat sebelum Rasulullah. Maka dari itu, Allah memberikan Rasulullah Lailatul Qadr yang kebaikannya sama dengan seribu bulan (Hr. Malik).

Mari bersama kita manfaatkan momen terbaik ini dengan semaksimal mungkin meskipun masih dalam kondisi pandemi. Lakukan semua amal kebaikan dengan niat yang ikhlas tulus dengan mengharap keridhaan Allah saja. Semoga dengan demikian, kita juga bisa mendapatkan semua keistimewaan malam Lailatul Qadr dan limpahan pahala. (Muhafid/R6/HR-Online)