Keputihan pada Anak, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

keputihan pada anak
Mengenal keputihan pada anak. Foto: Ist/Net

Keputihan pada anak mungkin terdengar aneh. Gangguan yang sering terjadi pada wanita dewasa ini ternyata juga bisa melanda anak-anak. Penting bagi orang tua mengenal gejala, penyebab, dan cara mengatasi keputihan ini.

Keputihan adalah masalah yang timbul karena penyakit pada kelamin. Biasanya perempuan yang banyak mengalami masalah keputihan. Gangguan ini terbilang lumrah dan tidak berbahaya asal mendapat penanganan yang cepat dan tepat.

Namun keputihan juga bisa terjadi pada usia dini. Meskipun terbilang jarang terjadi, namun umumnya ini muncul saat anak masih kecil hingga berusia remaja.

Jika anda sebagai orang tua menemukan bercak putih, kuning, atau kehijauan pada celana dalam anak maka anda patut curiga. Jangan-jangan anak anda memiliki masalah gangguan ini.

Baca Juga: Penyebab Keputihan Berlebihan, Gejala dan Cara Mengatasinya

Keputihan pada anak dapat terjadi karena ada masalah peradangan pada vulva dan vagina. Penyakit ini dapat dialami oleh anak usia berapapun. Penyebab keputihan ini biasanya ada infeksi dari bakteri atau jamur pada kelamin anak anda.

Anatomi tubuh yang dimiliki anak dan orang dewa memang berbeda terutama di bagian alat vital mereka. Kondisi ini yang biasanya dapat menyebabkan terjadinya keputihan pada buah hati anda.

Selain itu kurangnya zat estrogen sehingga lapisan permukaan vagina menjadi tipis dan rentan terhadap segala jenis macam infeksi. Berikut ini adalah beberapa masalah keputihan yang bisa dialami oleh anak, penyebab, dan cara mengatasinya.

Gejala Keputihan Pada Anak

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina anak selain darah. Keputihan ini dapat kita bedakan menjadi dua, yaitu keputihan normal dan juga patologis atau penyakit. Jadi tidak semua keputihan pada anak merupakan sebuah penyakit.

Ada cara mudah mendeteksi apakah anak anda mengalami keputihan normal atau karena penyakit. Caranya adalah dengan melihat banyaknya cairan yang keluar dari alat vital anak.

Untuk jenis keputihan normal biasanya akan terlihat berwarna putih jernih dan cenderung kuning, coklat, atau kehijauan. Aromanya juga tidak menyengat.

Sedangkan jenis keputihan akibat patologis atau penyakit biasanya akan berwarna merah dengan aroma yang sangat menyengat. Aroma yang timbul umumnya asam, amis, atau bahkan busuk. Cairan yang keluar juga tampak agak kental dan lengket.

Baca Juga: Keputihan Berwarna Kuning dan Penyebabnya yang Wajib Anda Tahu

Faktor Penyebab Keputihan Anak

Keputihan pada anak-anak biasanya terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan area kelamin dan anus. Banyak kasus keputihan yang terjadi karena adanya infeksi dari bakteria E coli.

Selain itu terdapat bakteri lain yang juga menjadi penyebab keputihan yang dialami anak. Bakteri tersebut adalah streptococcus dan stafilokokus yang menular melalui tangan, dari daerah mulut, dan kerongkongan.

Selain bakteri, jamur juga bisa menyebabkan infeksi dan menjadikan kemaluan mengalami keputihan. Hal ini karena tempat duduk dan posisi duduk yang sembarangan. Daerah kemaluan yang kurang tertutup menyebabkan bakteri atau jamur mudah masuk.

Cara Mengatasi Keputihan untuk Anak

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi keputihan pada anak-anak.Anda bisa memilih beberapa alternatif cara tersebut yang paling mudah dan paling manjur untuk anda lakukan. Berikut ini beberapa cara mengatasinya.

Anda bisa melebarkan posisi lutut anak anda ketika sedang melakukan buang air. Lalu anda bisa membantu mengeringkan kemaluan anak.

Jangan biarkan anak mandi terlalu lama. Karena hal ini dapat memicu kelembaban yang berlebihan sehingga rentan terkena infeksi bakteri dan jamur.

Anda juga harus menghindarkan pemakaian bedak pada area vagina. Hindari pula penggunaan sabun pada area kemaluan anak.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan obat tradisional untuk mengatasi masalah keputihan yang terjadi pada anak anda. Ada berbagai macam obat tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Bahan tersebut antara lain minyak kelapa dan yogurt. Anda bisa mengoleskan bahan tersebut ke area kemaluan anak anda.

Namun jangan sampai berlebihan dalam menggunakan obat tradisional ini. Hal ini karena bisa menyebabkan munculnya masalah lain, terutama jika anak anda memiliki alergi pada bahan tersebut.

Itulah sedikit informasi tentang keputihan pada anak yang sebaiknya kita waspadai. Sebagai orang tua sebaiknya mengenal gejala dan penyebab timbulnya gangguan ini. Untuk cara mengatasinya Anda bisa menggunakan bahan herbal atau obat dari dokter. (R11/HR Online)

Editor: Jujang