Kerugian Orang Gemuk dan Bahaya Kegemukan Bagi Kesehatan

kerugian orang gemuk
INi dia bahaya dan kerugian orang gemuk. Foto: Ist/Net

Risiko dan kerugian orang gemuk ternyata jauh lebih besar ketimbang kelebihannya. Selain menyulitkan tubuh untuk bergerak, ada bahaya kegemukan bagi kesehatan yang sebaiknya anda waspadai. Apa saja itu?

Banyak orang yang beranggapan gemuk itu sehat. Namun tidak demikian jika badan itu terlalu gemuk karena sangat rawan akan penyakit yang akan menghampirinya. Kegemukan lebih kita kenal dengan nama obesitas.

Obesitas adalah kondisi saat tubuh memiliki lemak yang banyak dan menyebabkan berat badan menjadi berlebih. Tubuh memang membutuhkan lemak karena untuk menyimpan cadangan energi dan lainnya. Namun jika kadar lemaknya berlebihan malah membahayakan tubuh.

Dalam kacamata ilmu kesehatan, seseorang mengalami obesitas ketika berat badan mencapai kelebihan 15 persen dari berat badan idealnya. Kelebihan berat badan bukan hanya sekedar mempengaruhi perut yang besar dan pinggang melebar.

Berbagai Kerugian Orang Gemuk

Ada beberapa orang yang merasa cuek terhadap penampilan dan memiliki tubuh yang gemuk. Namun demikian kesehatan tentunya harus selalu kita jaga. Memiliki badan yang terlalu gemuk juga bisa membahayakan diri sendiri.

Baca Juga : Baju Gamis untuk Orang Gemuk Terbaru, Penampilan Terlihat Kurus

Berikut ini berbagai kerugian orang gemuk yang sebaiknya anda tahu. Dengan mengenal potensi bahaya kegemukan bagi kesehatan akan mendorong kita untuk mencegah dan menghindarinya. 

Gangguan Pernafasan

Penderita obesitas cenderung mengalami kesulitan untuk bernafas, dan saat bernafas juga sangat pendek. Hal ini disebabkan oleh tumpukan lemak di daerah dada dan leher.

Hal ini akan mengakibatkan penderita obesitas mengalami kesulitan untuk mengambil nafas dan mengeluarkannya.

Penyakit Jantung

Kegemukan dapat memicu terjadinya serangan jantung. Hal ini karena lemak yang ada pada tubuh berlebihan akan menumpuk dan menutupi pembuluh darah pada jantung. Kondisi inilah yang menyebabkannya tersumbat.

Jika ini terjadi, serangan jantung tidak dapat terhindarkan lagi. Bahkan untuk kondisi atau kasus tertentu juga bisa memicu terjadinya serangan jantung koroner yang lebih berbahaya.

Baca Juga : Mengatasi Anak Kegemukan, Apa yang Harus Bunda Lakukan?

Hipertensi

Kerugian orang gemuk juga karena obesitas memiliki hubungan yang dekat dengan penyakit hipertensi. Jenis gangguan yang dalam istilah masyarakat awam kita kenal sebagai darah tinggi.

Darah tinggi yang dimaksud bukan mempunyai darah yang banyak, tetapi tekanan darahnya yang tinggi. Hal ini terjadi karena ada tekanan pada dinding arteri.

Diabetes

Bagi orang yang mempunyai tingkat kegemukan yang lebih, sangat berisiko tinggi  untuk terserang diabetes tipe 2. Sudah banyak kasus resiko penyakit orang gemuk semacam ini yang terjadi dalam masyarakat kita.

Insulin yang merupakan hasil olahan dari pankreas akan terganggu sehingga tidak dapat bekerja maksimal untuk sel yang menyerap glukosa. Kerja insulin yang tidak begitu efektif inilah menyebabkan pankreas akan terus berusaha untuk menghasilkan insulin.

Gangguan Kesuburan

Kerugian orang gemuk ternyata bisa sangat berisiko bagi wanita. Salah satunya karena dapat menurunkan kesuburan. Sehingga bisa meningkatkan risiko kesulitan mendapatkan anak.

Ovarium yang memproduksi sel telur tidak memungkinkan wanita untuk mengalami kehamilan, walaupun terjadi pembuahan tetapi janin sulit untuk berkembang dan keguguran sangat rentan terjadi.

Baca Juga : Penyebab Tubuh Jadi Gemuk Padahal Makan Sedikit

Stroke

Dari beberapa penelitian menunjukan hasil yang menyimpulkan bahwa orang yang terkena obesitas lebih beresiko untuk terserang penyakit stroke di bandingkan dengan orang yang mempunyai ukuran tubuh yang sedang atau ideal.

Hal ini karena kebanyakan penderita obesitas lebih mudah terserang hipertensi dan kolesterol tinggi. Ini tentunya yang akan meningkatkan potensi timbulnya penyakit stroke.

Varises

Kerugian orang gemuk dengan kondisi badan yang terlalu obesitas, besar kemungkinan untuk terserang penyakit varises. Ini juga termasuk resiko penyakit orang gemuk yang sering terjadi.

Penyakit yang satu ini terutama mudah kita kenali tandanya dengan adanya gumpalan darah berwarna ungu atau biru. Hal ini terjadi karena vena melebar yang terjadi karena dinding pembuluh yang lemah.

Sakit Punggung

Gangguan lain yang bisa terjadi karena mempunyai badan yang terlalu gemuk yaitu, sakit punggung. Hal ini karena timbunan lemak yang berlebihan akan menjadi suatu beban yang berlebih pada tulang belakang.

Jika berlangsung lama dan terus menerus kondisi ini akan menekan tubuh. Hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan, termasuk risiko patah tulang dari dalam tubuh.

Demikian berbagai kerugian orang gemuk yang ternyata sangat banyak. Ada banyak bahaya yang mengancam jika kita mempunyai tubuh kegemukan atau obesitas. Karena itu tetap jaga kesehatan anda, jangan sampai menyesal kemudian. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah