Kerumunan di Batu Karas Pangandaran, Netizen: Seperti Sungai Gangga

Kerumunan di Batu Karas Pangandaran
Kerumunan di Sungai Gangga dan Pantai Batu Karas Pangandaran. Foto: Ist/Net

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Netizen menyamakan kerumunan wisatawan di Pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dengan kerumunan di Sungai Gangga, India.

Sebuah video yang menunjukkan membludaknya pengunjung ke Pantai Batu Karas Pangandaran viral dan tersebar di berbagai media sosial. Bahkan sampai membuat Pangandaran jadi trending topic di Twitter.

Dalam video tersebut terdengar seorang pria berkata dalam bahasa Sunda kondisi Pantai Batu Karas yang padat oleh pengunjung. “Tidak ada Corona euy di sini mah,” ujar suara pria tersebut dalam logat Sunda. 

Baca Juga: Video ‘Tidak Ada Corona di Pantai’ Viral, Pangandaran Trending Topic

Cuitan Netizen Komentari Kerumunan di Pantai Batu Karas Pangandaran

Banyak netizen yang mengunggah dan mengomentari video tersebut. Termasuk komentar yang menyamakan kerumunan wisatawan di Pantai Batu Karas tersebut dengan kerumunan di Sungai Gangga, India beberapa waktu lalu.

Kerumunan di Sungai Gangga tersebut berawal dari perayaan keagamaan Kumbh Mela pada April lalu. Ribuan orang mandi bersama di Sungai Gangga yang dianggap suci oleh umat Hindu.

Gelombang kasus Covid-19 di India pun meningkat setelah peristiwa kerumunan tersebut. Pelayanan kesehatan di India ambruk. Banyak warga India terpapar Covid-19 terpaksa harus antri masuk rumah sakit dan membutuhkan oksigen.

Hal inilah yang membuat sebagian netizen khawatir kerumunan di Pantai Batu Karas Pangandaran menimbulkan efek yang sama seperti kerumunan di Sungai Gangga, India.

Seperti dicuitkan akun @Paltiwest. “Ini Pantai Pangandaran lebih padat dari Ancol. Lebih mirip yang di India,” tulisnya pada caption video kerumunan di Pantai Batu Karas yang viral.

Cuitan senada juga terlihat dadri akun @Gilang_Mahesa. “Melihat foto dan video kondisi hari ini di Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Karas, seperti kondisi saat festival keagamaan di Sungai Gangga India, tak pakai masker, tak jaga jarak.”

Akun tersebut mengakhiri cuitannya dengan men-tag gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “Bebas merdeka yeuh kang Emil @RidwanKamil.” tutupnya dilengkapi dengan unggahan foto-foto kerumunan di Pantai Batu Karas dan kerumunan di Sungai Gangga, India.

Sementara akun @Kata_Adik mencuit, “Gangga, Ancol, Pangandaran, Sama aja.” Tulisnya lengkap dengan unggahan video kerumunan wisatawan di Pantai Batu Karas.

Viralnya video tersebut membuat Pemkab Pangandaran mengambil langkah untuk menutup Pantai Batu Karas. Sementara gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memerintahkan penutupan akses menuju obyek wisata di Pangandaran. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu