spot_imgspot_img
BerandaBerita PangandaranKetersediaan Udang di TPI Minasari Pangandaran Kembali Melimpah

Ketersediaan Udang di TPI Minasari Pangandaran Kembali Melimpah

- Advertisement -

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ketersediaan udang di TPI Minasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kembali melimpah Sebelumnya, ketersediaan udang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Minasari, Pantai Timur Pangandaran itu sangat minim selama beberapa bulan terakhir ini.

Salah seorang petugas TPI Minasari, Agus mengatakan, dalam beberapa bulan ke belakang, hasil tangkapan laut dari nelayan minim drastic. Bukan hanya ikan saja. tetapi udang pun sama.

Bahkan, untuk ketersediaan udang sempat anjlok. Dalam satu malam hanya beberapa kilo saja yang dijual di TPI Minasari oleh para nelayan pencari udang.

“Penyebab langkanya keberadaan udang di laut beberapa waktu lalu akibat faktor cuaca, juga karena belum musimnya,” kata Agus, Kamis (27/05/2021).

Namun, lanjutnya, semenjak Lebaran Idul Fitri kemarin, hasil tangkapan udang sudah mulai melimpah lagi. Sehingga, ketersediaan udang di TPI Minasari pun kembali meningkat.

Nelayan yang menjual udang hasil tangkapannya itu bukan hanya nelayan asal Pangandaran saja, tapi ada juga nelayan dari Cilacap, Jawa Tengah.

“Saat ini ketersediaan udang sudah meningkat, per malam bisa sampai 500 kilogram. Sebelumnya per malam itu kurang dari 100 kilogram,” terangnya.

Selain itu, untuk harga udang saat ini per kilogram mencapai Rp 85 ribu sampai Rp 89 ribu. Untuk jenis udang dogol dan udang tiger ukuran besar harganya mencapai Rp 240 ribu per kilogram.

“Kemudian, udang tiger ukuran sedang per kilogram harganya Rp 160, dan udang tiger kecil seharga Rp 140 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk udang jerbung harganya masih stabil, namun saat ini masih jarang,” papar Agus.

Baca Juga : TPI Minasari Pangandaran Sepi, Faktor Cuaca Nelayan Tak Bisa Melaut

Pendapatan Nelayan Pangandaran Meningkat

Sementara itu, Rasmin, salah seorang nelayan yang biasa menangkap udang, mengatakan, saat ini kondisi perairan Pantai Selatan sudah kembali membaik. Artinya cuaca bersahabat bagi para nelayan untuk melaut.

“Dengan kondisi cuaca seperti itu para nelayan sudah kembali melaut ke tengah, ya kurang lebih  antara 7 sampai 12 mil dari bibir pantai. Atau setara dengan jarak 10 kilo lebih dalam mencari udang dan ikan,” terangnya.

Menurutnya, hasil dari tangkapan udang dalam seminggu terakhir ini cukup lumayan. Sehingga, para nelayan pun bisa menjual dua blong udang dengan berbagai jenis. Mulai dari udang tiger, jerbung, dan udang dogol.

“Ketersediaan udang di TPI Minasari melimpah lagi. Dari hasil penjualan itu, kini pendapatan kita pun mulai naik. Jika sedang mujur, pendapatan bisa lebih. Tapi yang jelas, untuk saat ini nelayan sumringah lagi,” ungkap Rasmin. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -