Keuntungan Investasi Saham Syariah

keuntungan saham syariah
pixabay

Keuntungan investasi saham syariah mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya karena mereka masih memilih saham konvensional. Berinvestasi dengan saham syariah ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi seorang muslim yang ingin menanamkan modal menggunakan prinsip syariah.

Lantas, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari saham syariah? Berikut ini ada 7 keuntungan bagi Anda yang berinvestasi di saham syariah:

7 Keuntungan Saham Syariah

Sesuai Prinsip Syariah

Berdasarkan namanya yang syariah maka pastinya perlu mentaati tata aturan syariah yang sudah berlaku. Begitu pula saham syariah yang diterbitkan pada suatu perusahaan juga harus memenuhi kualifikasi dari ketentuan syariah.

Ketentuan tersebut menjadikan perusahaan penerbit saham syariah harus menjalankan prinsip syariah yang berlandaskan al-Qur’an dan sunnah.

Dalam kinerja bisnis ini bisa terhindar dari aktivitas yang menimbulkan sifat gharar, maysir (judi), spekulasi, dan riba.

Capital Gain dan Deviden

Sama halnya saham konvensional, pada saham syariah pun akan memperoleh keuntungan dari hasil capital gain dan pembagian deviden.

Pada capital gain bisa Anda dapat saat harga saham yang dijual ke pasar modal lebih tinggi di daripada harga beli saham. Hal ini tentu bisa menghasilkan keuntungan tersendiri.

Sementara deviden bisa Anda peroleh saat diadakan RUPS pada setiap periodenya. Untuk pembagian deviden ini dibagikan kepada masing-masing orang pemegang saham perusahaan.

Masuk Indeks LQ45

Indeks LQ45 merupakan indeks pasar saham yang telah tercatat pada bursa efek di mana terdapat perusahaan penerbit saham dengan jumlah 45 perusahaan itu masuk dalam kriteria tertentu.

Pada saham syariah pun ternyata banyak yang masuk ke dalam indeks LQ45, sebab banyak perusahaan di dalam kategori indeks LQ45 yang akan menerbitkan saham syariah.

Diterbitkan oleh Perusahaan Halal

Melalui Dewan Pengawas Syariah bersama dengan lembaga lainnya menyeleksi perusahaan yang akan menerbitkan investasi saham syariah.

Maka dari itu, perusahaan tersebut harus memenuhi semua kriteria dalam tahapan seleksi saham syariah.

Proses ini akan di mulai dari peninjauan mengenai profil perusahaan, jenis bidang usahanya, transparansi kerja, serta tata kelola perusahaan yang harus sesuai dengan prinsip syariah. Oleh sebab itu, perusahaan tersebut tentunya harus halal segala halnya.

Tersedianya Saham Blue Chip

Keuntungan saham syariah selanjutnya yakni masuk ke dalam jajaran saham blue chip. Di saham blue chip ini termasuk dalam kategori saham yang populer dan ternama milik dari sebuah perusahaan yang menekuni di bidang industri.

Di Indonesia sendiri telah tersedia saham syariah dari berbagai macam perusahaan yang sudah masuk dalam kategori saham blue chip. Pada saham blue chip itu sendiri bisa memberikan keuntungan bagi investor. Itu karena adanya kestabilan pergerakan saham sebagai bentuk investasi jangka panjang.

Sumber Keuntungan Terjamin

Saham syariah ini sudah terpantau melalui Dewan Pengawas Syariah dan teruji halal, mulai dari awal penerbitannya hingga proses akhir dari pembagian keuntungan.

Beberapa hal yang menjadi kriteria kehalalannya seperti asal keuntungan itu yang di dapat, mekanisme prinsip syariah yang benar, tidak ada aktivitas maghrib (maysir, gharar, riba), dan lain sebagainya. Semua itu harus terawasi secara mendetail, agar investor saham syariah merasa lebih tenang memperoleh keuntungannya.

2 Cara Pembelian

Pembelian pada saham syariah ini bisa dengan 2 cara pembelian, yakni di mana para investor bisa membelinya sekaligus atau pun bisa mencicilnya.

Saham syariah yang ingin di beli sekaligus itu maka keuntungannya juga akan lebih besar. Mekanismenya saat seorang investor membeli saham pada harga beli di tingkat yang rendah, lalu menjualnya saat tingkat harga jual meningkat. Maka sudah jelas keuntungannya cukup menjanjikan.

Sementara investor yang membeli saham dengan cara sedikit demi sedikit pada mekanisme yang sama, yaitu saham dibeli saat harga beli rendah dan bisa menjualnya saat harga jual sedang tinggi.

Pembelian saham dengan cara bertahap ini akan tetap menghasilkan keuntungan, meskipun tidak sebesar pembelian yang sekaligus saham.

Itulah pembahasan tentang keuntungan saham syariah yang bisa menjadi pilihan Anda untuk investasi. Keuntungan-keuntungan tersebut bisa menjadi salah satu berkah dari hasil investasi ke saham syariah. Karena jenis investasi ini mengacu pada ketentuan syariah Islam agar investasi berjalan amanah.