Khasiat Tanaman Putri Malu, Ampuh untuk Mengatasi Insomnia

Putri Malu
Khasiat tanaman putri malu, ampuh untuk mengatasi insomnia. Foto: Net/Ist.

Khasiat tanaman putri malu mungkin belum banyak diketahui orang. Sejauh ini, tanaman yang sudah dibudidayakan dan bermanfaat sebagai obat herbal jumlahnya mencapai 940 jenis, salah satunya putri malu.

Selain Brazil, Indonesia menjadi salah satu negara dengan iklim tropis yang memiliki keanekaragaman hayati paling besar kedua di dunia.

Indonesia sendiri memiliki spesies tanaman sekitar 25.000 hingga 30.000 yang 80 persennya dari tanaman yang ada di dunia. Termasuk tanaman putri malu.

Tanaman suku Mimosaceae itu tumbuh liar, baik di lapangan, pinggir jalan, atau tempat terbuka lain yang terpapar cahaya matahari. Putri malu sudah sejak dulu terkenal kaya akan manfaatnya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Baca Juga : Obat Insomnia Alami dari Bahan Makanan

Khasiat tanaman putri malu ini salah satunya ampuh untuk mengatasi masalah insomnia. Hal itu karena tanaman tersebut memiliki kandungan senyawa seperti flavonoid yang berkhasiat sebagai obat. Bahkan, semua bagian yang ada pada tanaman tersebut juga bisa bermanfaat sebagai obat herbal.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini khasiat dan manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman putri malu.

Ketahui Khasiat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan

Sebagai Obat Herbal

Ekstrak herbal dari daun tanaman putri malu ini memiliki khasiat sebagai diuretik, ekspektoran, antitusif, antiinflamasi, dan antipiretik.

Dalam dunia pengobatan herbal, putri malu juga memiliki manfaat untuk terapi antitoksin, antidiabetes, antioksidan, antihepatotoksik, serta penyembuh luka.

Senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman ini antara lain tanin, mimosin, sterol, dan terpenoid atau flavonoid.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Insomnia, Jenis, Gejala dan Cara Mengatasinya

Ampuh Atasi Insomnia

Tidak hanya ampuh untuk menyembuhkan luka, tumbuhan liar ini rupanya terkenal juga sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi insomnia.

Khasiat tersebut berkat adanya kandungan melatonin dan oksigen dalam putri malu yang dapat memberikan efek penenang atau sedatif. Hal ini sangat baik bagi penderita insomnia.

Cara Memperoleh Khasiat Putri Malu

Setelah tahu khasiat tanaman putri malu sebagai obat herbal, anda juga harus mengetahui cara untuk memperoleh manfaatnya tersebut. Lalu, bagaimana cara memperolehnya? Berikut ini penjelasannya.

Karena tumbuhnya liar pada semak-semak, sehingga tanaman putri malu ini cukup sulit kita temukan. Jika anda sudah menemukan tumbuhan tersebut, ambil bagian daunnya. Tapi harus hati-hati, jangan sampai kandungan oksigen yang ada dalam putri malu berkurang.

Baca Juga : Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Asam Urat

Kemudian, keringkan daun putri malu. Jika sudah kering, kemudian rebus selama dua jam sampai warna air rebusannya berubah menjadi kecoklatan.

Agar hasilnya lebih efektif, anda bisa menambahkan bahan alami lain seperti jahe, ginseng, hingga madu. Selanjutnya, tunggu air dari rebusan putri malu berkurang sampai setengahnya. Baru setelah itu saring dan tiriskan.

Berdasarkan penelitian terhadap reaksi dalam beberapa pengujian, takaran konsumsi obat herbal dari daun tanaman putri malu ini sebaiknya 1 sampai 2 sendok makan, atau satu jam sebelum tidur setiap harinya.

Ramuan herbal daun putri akan menunjukkan reaksi setelah 10 atau 15 menit setelah anda konsumsi. Atau maksimalnya 1 jam anda sudah bisa tidur dengan nyaman.

Itulah khasiat tanaman putri malu untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan. Terutama bagi anda yang memiliki masalah insomnia. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah