KIA EV6 GT-Line S Tawarkan Performa Menjanjikan

KIA EV6 GT-Line S Tawarkan Performa Menjanjikan
Ilustrasi KIA EV6 GT-Line S. Foto: Ist/Net

KIA EV6 GT-Line S sebagai mobil listrik terbaru yang telah resmi meluncur di Inggris. Jenis mobil listrik ini berasal dari pabrikan Korea Selatan. KIA EV6 ini yang tersedia dalam tiga variannya. Ketiga varian mobil listriknya, seperti EV6, EV6 GT-Line, dan EV6 GT-Line S.

KIA EV6 GT-Line S Sebagai Varian dengan Kasta Tertinggi

Untuk harga entry level dari mobil listrik ini dengan penawaran harga 40.895 poundsterling. Harga tersebut yang setara dengan Rp 800 jutaan. Sedangkan varian satu tingkat di atasnya yaitu GT Line. Mobil yang hadir dengan dua pilihan sistem penggeraknya.

Baca Juga : New KIA Grand Sedona, Mobil MPV Mewah Berkapasitas Besar

Untuk rear wheel drive dengan harga 43.895 poundsterling atau Rp 879 jutaan. Untuk penggerak all wheel drive dengan penawaran harga 47.395 poundsterling atau Rp 949 jutaan. Selain itu, mobil listrik dari KIA dengan kasta tertingginya saat ini yaitu GT-Line S.

Mobil KIA EV6 GT-Line S yang juga hadir dalam dua pilihan sistem penggeraknya, yaitu rear wheel drive dan all wheel drive. Untuk rear wheel drive, dengan penawaran harga 48.395 poundsterling atau Rp 969 jutaan. Sedangkan sistem penggerak all wheel drive dari GT-Line S. Harganya dengan kisaran 51.895 poundsterling atau Rp 1,03 miliar.

Pemesanan Sebelum Peluncuran

Tidak hanya mengenai harga yang diumumkan. Namun dari jumlah unit yang ada di Inggris, semuanya mobil listrik tersebut ternyata sudah ada pemiliknya. Sebelum peluncuran KIA EV6 GT-Line S dan varian lainnya, sudah membuka pemesanan pada 30 April 2021.

Dari pembukaan untuk memesan mobil ini, sudah membuahkan hasil. Dengan berhasil mencatat bahwa ada 1.250 unit pemesanan untuk mobil listrik ini. Oleh karena itu KIA belum bisa menerima pesanan lagi dari konsumen. Tentunya yang baru saja memesan pada saat ini.

Fitur Pembeda KIA EV6 GT-Line S

Pada spesifikasi dasarnya, mobil listrik ini sudah memiliki beberapa fitur bawaannya. Namun ada fitur pembeda dari penawaran ketiga varian selain perbedaan dari fitur. Untuk persoalan produksi tenaganya juga berbeda. Seperti halnya untuk versi paling bawahnya. Mobil tersebut yang menghasilkan tenaganya sebesar 226 HP.

Varian lainnya, KIA EV6 GT-Line memiliki sistem penggerak roda belakangnya. Varian ini juga menghasilkan tenaga yang sama sebesar 226 HP. Namun, dalam versi all wheel Drive KIA EV6 GT-Line ini yang menghasilkan tenaganya sebesar 321 HP.

Baca Juga : KIA Sonet 7 Seater, Kini Resmi Meluncur di Indonesia

Pada varian tertingginya KIA EV6 GT-Line S memiliki tenaga sama seperti versi GT-Line. Namun memiliki perbedaan dari sentuhan kosmetiknya. Hal itu yang terbenam pada bagian interiornya.

Baterai

Mobil listrik KIA EV6 ini memiliki sumber daya baterai dengan kapasitas 77,4 kWh. Pengisian baterainya dari 10% sampai 80% pengisian baterai. Maka membutuhkan waktu hanya selama 18 menit.

Berbeda dengan varian kasta teratasnya yang tersedia dalam pilihan baterainya. Baterainya Long Range dan penggerak All Wheel Drive (AWD). Ukuran baterainya cukup besar, mobil listrik ini dapat menempuh jarak 510 km. Tentunya dalam satu kali pengisian baterainya sampai penuh.

Mobil listrik ini yang memiliki daya 585 PS dan torsinya 740 Nm. Saat berkendara 0-100 km per jam hanya memerlukan waktu 3,5 sekon saja. KIA mengungkapkan bahwa kinerja itu masih dapat meningkat makin tajam lagi.

Desain Bergaya Crossover

Tampilan luar mobil listrik ini memiliki siluet bergaya crossover. Selain itu juga memperhatikan sisi aerodinamika. Maka tampak pada tarikan garis kap mesinnya sampai pilar C terlihat landai. Desainnya fascia Tiger Face yang menjadi acuan pada bagian depan kendaraannya.

Baca Juga : Mobil Listrik KIA EV6 Perdana Dengan Platform E-GMP

Namun dengan sentuhan baru KIA EV6 GT-Line S yang lebih mengikuti tren. KIA yang memiliki sebutan dengan istilah Digital Tiger Face. Model yang menarik dan juga relevan untuk era Electric Vehicle (EV).  Pada bagian desain bagian belakang mobil ini memiliki tail light dengan bentuk garisnya memanjang.

Interior Kontemporer

Tampak mencolok pada interior adalah bagian layar infotainment. Layar tersebut memiliki lebar 12 inci yang melengkung dari sisi pengemudinya sampai tengah dasbor. Keseluruhan interiornya yang tampak modern.

Melalui bagian jok yang memiliki desain lebih slim. Sedangkan pada panel-panel lainnya memilih sentuhan yang kontemporer.

Spesifikasi

Wheelbase mobil listrik ini 2.900 mm dari platform E-GMP. Tentunya yang membuat EV6 memiliki kabin setara mid-size Sport Utility Vehicle (SUV). Ketika bangku baris keduanya pada kondisi normal. Mobil listrik ini kapasitas bagasinya hingga 520 liter.

Namun apabila bangku dalam keadaan terlipat, kapasitas bertambah sampai 1.300 liter. KIA EV6 pun memiliki front trunk berkapasitas 52 liter. Lalu, untuk modelnya yang 2WD serta 20 liter pada model AWD.

KIA EV6 GT-Line S yang telah resmi meluncur di Inggris. Sebelum peluncurannya, KIA sudah membuka pemesanan. Pemesanan mobil ini tercatat ada 1.250 unit, sehingga kini belum membuka pemesanan lagi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto