Kipas Laptop Berisik, Ini Penyebab dan Tips untuk Mengatasinya

Kipas Laptop Berisik
Ilustrasi Kipas Laptop Berisik. Foto : Net/Ist

Kipas laptop yang berisik tentu sangat mengganggu penggunanya. Meski bisa Anda abaikan suara bising pada kipas laptop tersebut, namun jika terus menerus mendengarnya maka tentunya akan sangat mengganggu.

Sebab, jika diabaikan begitu saja bukan hanya mengganggu fokus saat bekerja, namun juga bisa merusak laptop itu sendiri.

Suara bising yang sumbernya dari kipas laptop tersebut bisa jadi indikasi bahwa ada masalah pada cooling fan. Oleh karena itu, segera Anda memeriksa penyebab dari masalah tersebut.

Penyebab dan Solusi Kipas Laptop Berisik

Kipas atau cooling fan pada laptop sendiri memiliki fungsi sebagai pendingin mesin atau prosesor dan juga ruangan, ketika komputer tersebut sedang bekerja.

Baca Juga : Laptop Mendadak Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sementara kipas tersebut bisa dikatakan baik-baik saja atau tidak ada kendala, biasanya tidak mengeluarkan suara yang berisik. Selain itu juga, kinerja kipas tidak terlalu kencang atau juga tidak terlalu pelan.

Periksa Suhu

Untuk mengetahui penyebab dari kipas laptop mengeluarkan suara yang berisik, adalah Anda harus membongkarnya untuk melihat langsung kondisi cooling fan tersebut.

Akan tetapi masalahnya, dalam membongkar laptop tidak sama dengan membuka komputer PC. Sebab, pada bagian laptop ini Anda harus mengeluarkan semua baut yang tentunya tidak sedikit.

Selain itu, laptop merek yang satu dengan yang lain memiliki ciri khas tersediri ketika akan membongkarnya.

Ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui penyebab kipas laptop berisik. Yaitu dengan mengunduh software yang bisa memonitor tingkat panas pada laptop itu sendiri.

Sebagai contoh yaitu program RealTemp. Software ini bisa melacak suhu prosesor laptop lewat layar. Jadi, Anda tidak perlu membongkarnya.

Anda juga bisa mengunduh dan menginstal program Speedfan atau HWinfo, yang tentunya memiliki fungsi yang sama dengan RealTemp.

Penyebab Karena Kipas Bekerja Ekstra

Penyebab lainnya yang membuat kipas laptop suaranya berisik adalah karena bekerja dengan ekstra. Biasanya Anda menggunakan software yang berat atau bisa juga bermain game berat.

Baca Juga : Laptop Tidak Bisa Connect WiFi, Berikut Cara Mengatasinya

Hal tersebut karena ketika Anda memainkan game berat, maka prosesor akan bekerja dengan maksimal dan juga berat. Sehingga, dengan begitu suhu prosesor akan menjadi naik.

Akibatnya, suhu pada laptop menjadi panas. Kemudian, baling-baling kipas pun bakal bekerja dengan lebih kencang dari biasanya, hingga menimbulkan suara yang berisik.

Sementara untuk mengatasi permasalahan kipas laptop berisik hal tersebut, adalah dengan menghindari aplikasi atau game berat, jika spesifikasi dari laptop tersebut masih kelas standar.

Kipas Laptop kotor

Debu sendiri merupakan permasalah, yang sering menyebabkan komputer baik PC ataupun laptop menjadi tidak bekerja dengan maksimal.

Oleh karena itu, bisa jadi kipas laptop berisik karena ada kotoran atau debu pada cooling fan tersebut.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Upgrade

Sehingga, jika Anda tidak rutin membersihkan kotoran itu, maka akan menumpuk dan mengakibatkan menghambat kinerja dari kipas pendingin.

Lantas bagaimana solusi mengatasi masalah tersebut? Mau tidak mau Anda harus membersihkan kipas maupun lubang ventilasi laptop secara berkala.

Akan tetapi, apabila laptop tersebut masih dalam masa garansi, jangan membongkar sendiri. Bawa komputer tersebut ke service center resmi. Hal itu untuk mencegah hilangnya garansi yang ada.

Oleskan Pasta Thermal

Jarang yang mengetahui apa itu pasta thermal. Barang yang memiliki bentuk seperti pasta atau odol gigi ini mempunyai peranan yang penting dalam komputer.

Sebab, komputer yang terlalu banyak panas, maka dapat membakar komponen sensitif, dan yang paling utama adalah processor overclock.

Sehingga jika prosesor sudah overclock, bisa membuat kipas komputer baik PC ataupun laptop menjadi berisik, karena harus bekerja ekstra.

Apabila prosesor cepat panas, bisa jadi pasta thermal tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik atau sudah habis.

Caranya, Anda tinggal mengoleskan pasta thermal pada prosesor komputer. Namun dengan catatan dalam mengoleskannya harus benar atau sesuai petunjuk.

Kipas rusak

Penyebab lainnya dari kipas laptop yang berisik adalah karena kondisinya sudah rusak. Biasanya rusak karena memang sudah berumur. Atau bisa juga karena keteledoran ketika memasang kipas yang kurang benar, setelah melakukan upgrade laptop.

Sementara untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda wajib menggantinya bisa sendiri atau jika ingin aman maka bawa ke tempat servis terpercaya.

Pasang Pendingin Laptop yang Bagus

Salah satu solusinya lainnya supaya kipas laptop tidak bekerja dengan berlebihan, yaitu memasang pendingin, terutama pada prosesor atau VGA.

Pendingin ini sendiri bisa mengontrol suhu komputer, sehingga bisa bekerja dan berfungsi dengan stabil dan baik.

Selain itu, kipas pada laptop tidak akan mengeluarkan suara berisik, yang bisa mengganggu Anda saat bekerja, santai atau bermain game. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto