Kontes Eurovision 2021 Berlangsung Meriah

Kontes Eurovision 2021 Berlangsung Meriah
Kontes Eurovision 2021 Berlangsung Meriah

Harapanrakyat.com – Kontes Eurovision 2021 menjadi salah satu ajang paling pecinta music tunggu. Pertunjukan satu ini mencakup semua aspek music yang ada.

Mulai dari kemewahan, sampai hal menakjubkan seperti pada perayaan music berskala internasional. Ada banyak bintang yang berkompetisi dalam ajang satu ini. Bukan hanya sekedar kompetisi biasa. Pasalnya musisi kenamaan yang ada di seluruh belahan dunia saling bersaing memperebutkan gelar juara.

Ada banyak penonton yang menyaksikan acara yang rutin ada di setiap tahunnya ini. Tak hanya sekedar kompetisi belaka, akan banyak bintang tampil menghiasi acara. Mereka masing-masing menampilkan pertunjukan panggung pilihan dan pastinya membuat antusiasme penonton bertambah.

Kendati terhalang Covid-19 yang membuat penonton tak bisa menyaksikan langsung, kemeriahan acara tetap terasa nyata. Untuk anda yang belum mengetahui pasal kontes Eurovision 2021, bisa simak selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Kontes Eurovision 2021?

Kompetisi bernama kontes Eurovision 2021 ini merupakan edisi ke 5 dari acara kontes Lagu Eurovision. Kontes tersebut terselenggara setelah kemenangan Duncan Laurence. Kemenangan itu berlangsung di Kontes Lagu Eurovision 2019 pada Tel Aviv, Israel.

Karena pandemi Covid 19 yang terjadi di Eropa, kontes ini pun terselenggara di kawasan Rotterdam. Pemilihan lokasi ini mengikuti rencana penyelenggaraan sebelumnya yakni Kontes Lagu Eurovision 2020.

Edisi kali ini pun akan menjadikan Belanda tuan rumah sampai lima kali. Belanda terakhir kali menjadi tuan rumah di edisi tahun 1980. Semi final kontes lagu tahunan ini yang pertama berlangsung pada 18 Mei 2021 lalu. Kemudian berlanjut ke semi final kedua di tanggal 20 Mei 2021.

Sedangkan acara final kontes bertepatan pada tanggal 22 Mei 2021 kemarin. Pembawa acara pada kontes ini antara lain Chantal Janzen, lalu Edsilia Rombley. Juga ada Jan Smit beserta Nikkie de Jager selaku pembawa acara.

Masing-masing negara akan memberikan 2 set 12, 10,0-1 angka terhadap 10 lagu pilihan mereka. Angka satu set berasal dari para juri professional yang ada. Sedangkan set lainnya berasal dari pemberi vote atau televoting.

Lokasi Berlangsungnya Eurovision 2021

Acara kontes Eurovision 2021 terselenggara berkat adanya kerja sama antara UPE atau Uni Penyiaran Eropa bersama AVROTROS. Kerja sama lainnya juga berlangsung dengan NPO, Nederlanse Publieke Omroep beserta NOS atau Nederlanse Omroes Stichting. NOS ini berperan sebagai penyiar tuan rumah.

Tempat berlangsungnya kontes ini di Rotterdam Ahoy. Acara terselenggara pada dua babak semi final dan satu babak final. Sebanyak 39 negara akan turut berpartisipasi dalam edisi di tahun 2021 ini. Pemilihan Rotterdam Ahoy sebagai tempat berlangsungnya setelah terdapat pengumuman di Eurovision: Europe Shine a Light di tanggal 16 Mei 2020 lalu.

Rotterdam Ahoy sendiri adalah tempat berlangsungnya kontes lagu Eurovision Junior di tahun 2007 silam. Sebelum berlangsungnya acara di tahun 2021, kontes di tahun 2020 sempat mengalami pembatalan.

UOE bersama AVORTOS, NPO dan juga NPO beserta perwakilan kota Rotterdam berdiskusi mengenai kemungkinan kontes di tahun 2021 sekarang. Pada tanggal 23 April tahun 2020, dewan kota Rotterdem menyetujui pasal peningkatan anggaran untuk acara.

Penyetujuan ini terjadi pasca lembaga penyiaran negara Nelanda melaporkan bahwa perlu tambahan dana sebesar 6.7 juta euro banyaknya. Dana tersebut sebagai biaya  tuan rumah tempat terselenggaranya acara.

Keputusan mengenai lokasi acara harus cepat ada selambatnya akhir April lalu ke pihak UPE. Pasalnya NOS, AVORTROS juga NPO haruslah mencari alternative lokasi lain sebelum Mei lalu. Hal ini terjadi kalau Rotterdam menolah sebagai tuan rumah acara. Tetapi Rotterdam pun menyetujui sebagai lokasi kontes Eurovision 2021 berlangsung.

Format Acara Kontes Eurovision

Pada format acara kontes Eurovision 2021, mulai dari desain visual. Di tanggal 18 September tahun lalu, pihak UPE mengkonfimasi mengenai desain visual. Tak hanya desain visual, mereka juga merencanakan penggunaan slogan kontes tahun 2020 untuk acara di 2021.

Slogan yang mereka gunakan untuk kontes Eurovision 2021 pun berupa Open Up. Di tanggal 4 Desember 2020, pengumuman mengenai logo resmi serta slogan terbaru dari desainer bernama CLEVER FRANKE pun hadir.

Logo dari acara tersebut pun bermakna sebuah gambaran abstrak. Inspirasinya adalah peta dunia yang menghubungkan bentuk visual tiap ibu kota negara yang berpartisipasi. Sedangkan Rotterdam menjadi jantung Eropa pada logo.

Konsep Kartu Pos edisi 2021 yang mereka usung pengumumannya berlangsung di tanggal 1 Desember tahun 2021. Konsepnya berdasarkan dari tema kontes yakni Open Up. Tak hanya itu, konsepnya juga berdasarkan pada rencana awal lantaran adanya masalah mengenai pembatasan mobilitasi.

Di kartu pos ini akan tampil semua kontestan lewat rekaman singkat. Isi dari rekaman tersebut mulai dari negara asal yang berada dalam bingkai rumah kecil beberapa tempat Belanda.

Proses rekaman untuk kartu pos tersebut pun berlangsung pada bulan Maret sampai April 2021. Di bulan Januari 2021, UPE membuat pengumuman Martin Osterdahl menjadi pengawas bagian eksekutif untuk Kontes Lagu Eurovision 2021. Bahkan ia sudah menjabat bagian tersebut sejak edisi tahun 2020 lalu. Divisinya kali ini menggantikan pejabat sebelumnya yakni Jon Ola Sand.

Italia Menjadi Pemenang Kompetisi Eurovision 2021

Band rock asal Italia yakni Maneskin rupanya berhasil mengalahkan sejumlah negara kenamaan. Pada kontes Eurovision 2021, Maneskin merebut gelar kemenangan setelah kalahkan Prancis serta Swiss. Kini, mereka pun tengah bersiap sebagai tuan rumah kontes ini di tahun mendatang.

Kemenangan kali ini adalah ketiga kalinya di kontes tersebut dan perdana sejak tahun 1990 silam. Akan tetapi malam tersebut adalah momen terlupakan untuk negara Inggris. Pasalnya mereka secara berturut-turut mencetak poin nol yang kontestan takutkan.

Jerman pun erat bergabung dengan Inggris di urutan bawah peringkat. Perolehan poin negara Jerman sendiri pun sebatas tiga angka.

Kompetisi yang berlangsung belum lama ini pun ditanadi akan penampilan tak terduga. Penampilan tersebut datang dari rapper Amerika yakni Flo Reda. Ia datang menjadi musisi tamu dalam lagu itu pada negara kecil yaitu San Marino.

Penampilannya bersama Sineve mendapat sambutan meriah oleh para penonton meskipun terbatas, ia pun menampilkan pertunjukan terkenal dan berkualitas entri tertinggi. Bahkan rapper ‘Low’ tersebut tetap mengusung sporty pasca pertunjukan berlangsung.

Kemudian ia mengibarkan bendera San Morino. Kendati demikian ia tampak agak bingung mengenai dekorasi unik dalam kontes Eurovision 2021. Lagu rakyat Swiss tampil dengan sederhana namun kuat. Sehingga berhasil mengalahkan preditornya dan menjadi penampilan solid pada para pemberi suara.

Akan tetapi kala suara penonton ada, entri unik milik Italia yang menjadi pemenang. Sebelum pemungutan suara berlangsung. Penyanyi Rusia bernama Manisha menyanyikan sebuah lagu kebangsaan. Hal ini bermaksud untuk memberdayakan perempuan.

Ajang tahunan kontes Eurovision 2021 ini tampil selalu meriah tiap tahunnya. Meskipun sempat batal di tahun lalu, kemeriahannya pada 2021 masih begitu terasa.