Kulit Gatal Kering dan Menghitam, Begini Cara Mengatasinya

kulit gatal kering dan menghitam
Cara mengatasi kulit gatal kering dan menghitam. Foto: Ist/Net

Kulit gatal kering dan menghitam termasuk yang sering terjadi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan pada kulit ini. Namun anda tak perlu khawatir karena ada cara mengatasinya yang mudah untuk anda praktekkan.

Saat mengalami gangguan kulit gatal dan kering tentu akan menyebabkan kondisi yang mengganggu dan tidak nyaman. Masalah kulit ini sendiri umumnya terjadi karena berbagai hal.

Baca Juga: Penyebab Tangan Gemetar, dari Minum Kopi hingga Penyakit Serius

Mulai dari gejala penyakit tertentu hingga pemakaian sabun yang tidak cocok. Untuk itu, Anda bisa segera mencari tahu bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.

Cara Mengatasi Kulit Gatal Kering dan Menghitam

Kulit yang kering umumnya terjadi saat lapisan epidermis kulit kekurangan minyak alami serta cairan. Kondisi tersebut dapat saja muncul pada bagian tubuh mana saja. Namun umumnya sering terjadi pada bagian lengan dan kaki.

Lantas bagaimana cara mengatasi kulit gatal kering dan menghitam? Yuk langsung saja beberapa langkah yang bisa Anda lakukan berikut ini.

Gunakan Kompres Dingin

Apabila rasa kering dan gatal sudah menyerang kulit, maka Anda bisa segera mengompresnya menggunakan kain yang sudah anda rendam menggunakan air dingin.

Pemberian kompres tersebut umumnya kita lakukan dengan tujuan mencegah Anda terlalu sering menggaruk kulit. Sebab hal ini justru akan dapat menyebabkan timbulnya luka.

Gunakan Pelembab

Untuk mengatasi kulit gatal kering dan menghitam juga bisa dengan menggunakan pelembab. Apabila kulit anda sudah terasa gatal dan kering anda perlu segera menggunakan pelembab secara rutin.

Baca Juga: Penyebab Keringat Berlebihan dari Olahraga Hingga Hyperhidrosis

Gunakan setelah mandi, setelah mencuci tangan, serta setelah mencuci muka. Pelembab ini nantinya dapat berguna untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak mudah kering.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Ada baiknya bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan merokok. Pasalnya, kebiasaan buruk tersebut ternyata juga bisa menjadi pemicu kulit menjadi kering dan kasar.

Aktivitas merokok sendiri akan membuat aliran darah menjadi kurang lancar. Selain itu paparan asap dari rokok juga bisa memperparah gejala kulit kering dan gatal.

Pilih Produk Sabun Mandi yang Tepat

Alternatif lain cara mengatasi kulit gatal kering dan menghitam adalah memilih produk sabun dan perawatan kulit yang tepat. Ada banyak jenis sabun yang tidak cocok untuk kulit.

Baca Juga: Kulit Kepala Berminyak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Sabun mandi yang memiliki kandungan pewangi pada umumnya mempunyai bahan-bahan yang dapat menghilangkan kelembaban pada kulit. Tidak heran apabila sabun mandi bisa menjadi pemicu kulit terasa kering dan juga gatal-gatal.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda memilih produk sabun mandi yang tepat. Termasuk jenis sabun dengan bahan dasar yang ringan saja tanpa adanya pewangi.

Jika kesulitan dalam menemukannya, maka Anda bisa memilih sabun mandi yang memiliki label hypoallergenic. Label tersebut khusus untuk pemilik kulit sensitif.

Namun anda juga jangan sampai terlalu sering mandi. Anda bisa membatasi waktu mandi setidaknya 10-15 menit saja. Jika perlu, usahakan mandi dengan memakai air hangat atau air dingin agar tidak mempengaruhi kelembaban kulit.

Jaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan

Kulit gatal kering dan menghitam juga bisa terjadi karena faktor lingkungan yang kotor dan tidak terawat. Terlebih jika lingkungan tersebut penuh oleh debu dan serangga seperti tungau.

Tidak heran jika kulit Anda mudah terasa kering dan gatal. Untuk mengatasinya maka Anda perlu menjaga kebersihan tubuh serta kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Apabila gejala kulit kering dan gatal tersebut sudah terlanjur mengganggu, maka segera mungkin untuk memeriksakan diri kepada dokter. Hal tersebut penting agar dokter bisa memberikan obat anti gatal sehingga tidak akan memperparah keadaan kulit Anda

Jangan menyepelekan gangguan kulit tersebut terlebih jika sudah berlangsung lebih dari dua minggu. Sangat perlu bagi Anda untuk segera memeriksakan diri agar nantinya tidak akan ada gejala yang lebih parah.

Seperti kulit kemerahan, membengkak, hingga bernanah. Dengan pemeriksaan yang tepat maka gangguan kulit yang kering dan gatal dapat teratasi dengan cepat.

Ada baiknya Anda segera mengatasi kulit gatal kering dan menghitam dengan beberapa cara tersebut. Selain itu, pastikan kulit selalu dalam keadaan lembab dan tidak kering sehingga nantinya gangguan kulit tidak akan bertambah parah. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu