Kunci Mobil Tertinggal di Dalam, Jangan Panik dan Ikuti Cara Darurat Ini

Kunci Mobil Tertinggal Di Dalam
Ilustrasi Kunci Mobil Tertinggal Di Dalam. Foto: Ist/Net

Kunci mobil tertinggal di dalam tentu akan membuat panik pemiliknya karena kebingungan bagaimana cara membuka pintu nantinya. Hal ini sering terjadi ketika tengah terburu-buru dan tanpa sadar keluar mobil tanpa mencabut kunci terlebih dahulu. Selain kesulitan membuka pintu, kalian pasti juga akan merasakan panik yang berlebihan.

Bagi kalian yang mengalami hal serupa, segeralah minta bantuan ke tukang kunci untuk membuka pintu yang terkunci dari dalam. Namun jika lokasinya ternyata terlalu jauh, tak sedikit yang terpaksa memilih memecahkan kaca untuk mengambil kunci tersebut. Padahal langkah tersebut sangatlah keliru dan justru merugikan kalian sendiri.

Baca Juga : Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut, Begini Cara Cepat Mengatasinya

Karena selain beresiko, cara tersebut pastinya akan membuat kalian mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perbaikan. Sebenarnya kalian tak perlu bergantung pada tukang kunci maupun memecahkan kaca. Hal ini tentunya jika kalian mempunyai kunci cadangan, namun jika tidak membawanya lebih baik tunggu sampai ada bantuan yang datang.

Kunci Mobil Tertinggal di Dalam, Jangan Panik Karena Cara Mengatasinya Cukup Mudah

Kunci mobil merupakan bagian terpenting saat kalian berkendara, karena tanpanya, rasanya sangat mustahil untuk bisa menggunakan kendaraan dengan semestinya. Meskipun demikian, masih saja ada kejadian tak terduga yang menyebabkan kunci menjadi tertinggal di dalam mobil. Untuk itu perlu kehati-hatian dalam menyimpan kunci mobil agar tidak teledor dan kunci menjadi tertinggal.

Sebenarnya kalian tak perlu khawatir, karena dealer tempat kalian membeli mobil pasti menyediakan kunci cadangan untuk menangani kasus seperti ini. Sehingga jangan ragu menghubungi pihak dealer untuk meminta bantuan. Hal ini karena jarang sekali pengendara membawa kunci cadangan sendiri dan membuatnya kesulitan untuk bisa mengambil pada kondisi seperti ini.

Baca Juga : Kunci Mobil Hilang, Ada Banyak Cara untuk Mengatasinya

Sekedar saran saja, untuk menghindari kejadian yang tidak kalian inginkan, biasakan membawa kunci cadangan dan simpan di tempat yang aman. Kalian bisa menyimpannya pada bagian eksterior mobil, namun perlu kehati-hatian agar kunci tetap aman dan tidak hilang. Jika kalian belum menyiapkan kunci cadangan, berikut cara darurat untuk mengeluarkan kunci mobil yang tertinggal di dalam:

Tali Sepatu

Terlihat sepele, namun cara ini bisa membantu kalian untuk mengatasi ketika kunci mobil tertinggal di dalam mobil. Cara ini membutuhkan beberapa waktu dan hanya berfungsi untuk mobil yang memiliki kunci dalam yang bisa kalian tarik. 

Ikatlah tali sepatu hingga membentuk sebuah lingkaran. Secara perlahan masukkan tali sepatu ke dalam mobil melalui celah jendela dan arahkan ke kunci dalam. Ketika berhasil masuk ke kunci, pelan-pelan tarik kunci itu mobil akan terbuka.

Bola Tenis

Meski cara ini terlihat meragukan, namun nyatanya cukup berhasil untuk mengatasi permasalahan kunci mobil yang tertinggal. Ambillah satu buah bola tenis lalu buatlah lubang di bola tenis agar angin bisa keluar. 

Untuk menekan lubang kunci mobil, gunakan sisi bola tenis yang memiliki lubang tadi. Tekanan angin yang keluar dari bola cukup untuk membuka kunci mobil.

Gantungan Baju

Dalam hal ini kalian bisa menggunakan gantungan baju yang terbuat dari bahan besi. Pada bentuk gantungan yang menyerupai kail panjang, masukkan bagian tersebut melalui sela-sela kaca jendela. 

Baca Juga : Cara Membuka Bagasi Mobil dengan Mudah, Aman Bahkan Tanpa Kunci

Arahkan gantungan baju ke bagian kunci dan angkat kunci menggunakan gantungan. Setelah itu pintu akan terbuka dan kunci mobil yang tertinggal di dalam bisa segera kalian ambil.

Alat Ukur Tekanan Darah

Metode ini termasuk cara sederhana dan tidak akan merusak mobil. Karena sebuah benda yang dapat mengembang dapat berfungsi untuk membuka berbagai mobil tanpa beresiko menggores kendaraan. 

Buka sedikit pojokan pintu dan tarik hingga ada celah kecil sekitar 0,5 cm. Kemudian selipkan alat ukur tekanan darah ke dalam celah tadi dengan mendorongnya hingga berada di antara pintu dan badan mobil.

Terakhir pompa udara ke alat tersebut dengan cara menekan-nekan pada balon karet kecilnya. Saat alat tersebut mengembang maka celah pintu akan melebar. Namun jangan memompa dengan berlebihan karena dapat merusak pintu dan jendela mobil. 

Lakukan pemompaan hingga terdapat celah sekitar 2 cm saja. Setelah itu gunakan batang tongkat atau ranting untuk mendorong tombol kunci pintu agar pintu bisa terbuka. Dengan begitu kunci mobil yang tertinggal di dalam bisa kalian ambil dengan mudah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto