Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruKunci Pintu Rumah Macet dan Tersangkut, Ini Solusinya

Kunci Pintu Rumah Macet dan Tersangkut, Ini Solusinya

Siapasih yang tidak jengkel ketika kunci pintu rumah mendadak macet dan tersangkut. Padahal, Anda terburu-buru masuk atau keluar rumah. Belum lagi, kunci pintu merupakan bagian dari keamanan rumah beserta ruangan atau kamar.

Jadi, ketika kunci pintu rumah sudah tidak berfungsi dengan baik, maka khawatir sulit untuk menguncinya dan bisa dimanfaatkan oleh pencuri.

Sementara yang sering pemilik rumah lakukan ketika kunci tersebut macet, adalah dengan memaksa memutar atau mencabutnya.

Baca Juga: Model Pintu Minimalis dari Kayu yang Unik dan Berkualitas

Padahal, mengeluarkan kunci pintu rumah dengan cara seperti itu, bisa jadi malah akan merusak, atau mematahkan kunci tersebut dan tersangkut di dalamnya.

Masalah dan Solusi Mengatasi Kunci Pintu Rumah Macet dan Tersangkut

Model kunci pintu rumah saat ini sangat bervariasi. Semakin model dan sistem pengunciannya bagus, maka harganya juga lebih mahal.

Namun, meski harganya mahal sewaktu-waktu akan mengalami masalah. Seperti macet, susah mencabut keluar atau juga malah dol/aus.

Jika sudah menemui kendala seperti itu, pasti akan membuat Anda stres. Namun jangan panik dulu, karena ada beberapa tips solusi untuk mengatasi kunci yang macet.

Berikut ini masalah dan cara mengatasi kunci pintu rumah yang macet dan tersangkut.

Masalah Pertama

Tidak sedikit yang menemui kendala ketika kunci tidak bisa terbuka. Padahal Anda sudah memutar dan menekan gagang pintunya.

Untuk masalah seperti itu, biasanya karena adanya kotoran atau benda asing yang masuk ke dalam rumah kunci. Bisa juga karena memang bagian dalam sudah berkarat, terutama pada sistem mekanis kunci pintu.

Baca Juga: Model Teralis Pintu Paling Unggul untuk Tingkatkan Keamanan Rumah

Selain itu, penyebab lainnya yaitu per atau pegas mekanis kunci pintu rumah sudah rusak, lemah, bahkan putus.

Masalah kunci pintu rumah yang macet dan tersangkut seperti itu, juga dapat disebabkan baut serta dudukan kunci pintu goyang. Kemudian, saat anak kunci masuk dan belum pas namun sudah dipaksakan. Dan yang paling umum adalah kunci pintu sudah tua.

Sementara untuk solusi seperti itu tanpa harus mendobrak pintu, yakni dengan memakai palu dan obeng minus (-), atau benda logam lainnya yang ujungnya tipis.

Setelah itu, berikan pelumas pada bagian celah pada engsel pintu. Kemudian, pukul atau ketuk engsel tersebut dengan menggunakan palu, sampai seluruh bautnya terbuka serta engsel sudah terlepas dari rumahnya.

Jika semua engsel telah lepas, maka Anda dapat mencungkil daun pintu rumah sedikit demi sedikit.

Pakai Oli atau Pembersih Anti Karat

Jika masalah kunci pintu rumah yang macet dan tersangkut karena karat, maka cara paling sederhana adalah dengan menggunakan cairan anti karat atau bisa juga oli.

Caranya, buka pada bagian kap mesin pada kunci rumah. Kemudian, teteskan oli atau pembersih anti karat ke dalam kunci rumah tersebut.

Mendorong dan Menarik Kunci

Selain cara tersebut, Anda juga dapat mengatasi kunci pintu rumah yang macet dengan mencobanya mendorong atau menarik kunci.

Untuk mendorong kunci, dapat Anda lakukan dengan memukul memakai palu karet. Sementara menarik kunci, bisa lakukan dengan tangan atau tang.

Dua gerakan tersebut, hanya untuk mencoba apakah kunci pintu rumah sudah mulai longgar pada bagian dalamnya, sambil kenop pintu Anda tarik. Apabila sudah bisa, maka lakukan gerakan menarik dan memasukkan sampai kunci pintu rumah yang macet bisa terlepas.

Putar Kenop dan Kunci Bersama-sama

Cara lainnya untuk mengatasi kunci pintu rumah yang macet, adalah dengan memutar kenop serta kunci tersebut secara bersamaan. Langkah tersebut untuk memancing kunci agar bisa keluar.

Baca juga: Tipe Pintu Rumah Minimalis yang Cocok untuk Hunian

Akan tetapi, risiko dari cara itu bakal membuat kenop atau kunci kemungkinan patah. Sehingga, jika Anda memang ingin melakukan cara tersebut, maka lakukan dengan ekstra hati-hati.

Namun untuk meminimalisir risiko tersebut, bisa lakukan secara bersamaan dengan bantuan minyak rem atau oli.

Jika cara melepaskan kunci pintu rumah yang macet dan tersangkut di atas tetap tidak bisa atau Anda ragu, maka sebaiknya panggil ahli. Sehingga, risiko kerusakan tidak akan terjadi. (Adi/R5/HR-Online)