Lampu Kabin Mobil Mati, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lampu Kabin Mobil Mati
Ilustrasi Lampu Kabin Mobil Mati. Foto: gridoto

Lampu kabin mobil mati tentunya sangat mengganggu kenyamanan anda saat berkendara terutama pada malam hari. Hal tersebut karena lampu dalam kabin tersebut dapat berfungsi sebagai penerangan agar anda dapat melihat kondisi sekeliling pada kondisi yang gelap. Terdapat banyak yang terpasang pada mobil, dan memiliki fungsi berbeda-beda.

Baca Juga : Lampu Mobil Mati Sebelah, Jangan Panik Segera Periksa Kerusakan 

Salah satu yang tidak bisa terlewatkan adalah penerang ruangan atau orang biasa menyebutnya dengan lampu kabin. Lampu ruangan memiliki desain agar tidak menyilaukan pengemudi. Namun ketika mobil sedang berjalan sebaiknya lampu kabin dalam keadaan mati atau tidak menyala. Hal ini agar tidak membuat pengemudi yang berpapasan menjadi silau.

Lampu kabin ini biasanya terletak pada bagian tengah mobil agar lampu dapat menyebar merata menerangi bagian dalam mobil. Anda dapat menghidupkan lampu kabin dengan mengoperasikan saklar atau switch dengan 3 posisi saklar ON, DOOR, dan OFF. Apabila terjadi kerusakan pada lampu kabin, perbaikannya pun cukup mudah, tinggal mengganti bohlam yang putus.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu Kabin Mobil Mati

Kondisi dari lampu kabin mati secara sekilas memang tidak begitu membahayakan. Akan tetapi jika hal tersebut tidak segera anda perbaiki akan memberikan masalah-masalah lain yang bisa merugikan anda kemudian hari. Namun jika lampu kabin mobil terus menyala juga akan menghabiskan sumber daya listrik pada aki mobil.

Jika mesin masih menyala, tentu tidak akan menyebabkan masalah. Namun jika mesin mobil mati, maka aki mobil bisa tekor dan bisa membuat mobil mogok.

Baca Juga : Cara Pasang Relay Lampu Mobil dengan 2 Teknik Pilihan

Selain aki tekor dan mogok, jika menyala terus menerus akan merusak casing lampu kabin tersebut. Sehingga lama-lama casing lampu kabin akan menguning dan menghitam akibat terkena panas yang terus menerus.

Lantas apa saja penyebab lampu kabin mobil mati? Simak informasi lengkapnya berikut:

Mekanisme Geser pada Saklar Lampu Kabin Rusak

Penyebab pada umumnya terjadi akibat mekanisme geser pada saklar lampu tersebut yang mengalami kerusakan. Biasanya plat yang berfungsi sebagai saklar sudah bengkok dan tidak elastis. Sehingga pada saat menggeser, plat tersebut tetap menempel dan arus listrik tetap menyala. Hal ini mengakibatkan lampu kabin menyala terus dan lama-kelamaan akan mati. Perlu perhatian ekstra untuk memeriksanya karena bisa menyebabkan short yang dapat membuat sekring lampu kabin putus.

DOOR Switch Rusak

Adanya salah satu door switch yang mengalami konslet akan menjadi penyebab lampu kabin mobil mati. Door switch biasanya terpasang pada samping-samping pilar pintu sehingga saat pintu tertutup door switch akan tertekan. Untuk mengoperasikan lampu kabin pada umumnya terdapat 3 posisi yaitu On, OFF, dan DOOR (atau juga sebagian yang bertuliskan Auto).

Posisi saklar ON berarti lampu kabin dalam keadaan menyala, jika OFF berarti lampu kabin mati. Sedangkan Auto berarti lampu kabin akan menyala jika salah satu pintu kendaran terbuka. 

Cara kerja door switch ini akan memutus hubungan dengan body/rangka sehingga arus tidak mengalir. Pada saat pintu mobil terbuka, maka pada saklar fitur door switch akan terhubung. Dengan demikian, arus listrik akan mengalir, lalu lampu kabin dapat menyala.

Baca Juga : Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil Sendiri di Rumah

Oleh karena itu cara memeriksa lampu kabin mobil mati dengan mengecek satu persatu door switch yang ada di setiap pintu. Lakukan mulai dari pintu belakang kiri, depan kiri, atau hatchback yang ada di belakang sendiri. Jika menemukan pada salah satu door switch, berarti ada masalah yang menjadi penyebab lampu tersebut mati.

Modul Lampu Kabin Error

Pada sebagian model mobil masa kini, pengaturan lampu kabin dan perangkat elektronik lainnya menyatu dengan sebuah modul elektronik. Jika pada saat pemeriksaan saklar lampu kabin serta door switch tidak terdapat masalah. Kemungkinan modul elektronik yang eror menjadi penyebab lampu kabin mobil mati.

Untuk melakukan pemeriksaan modul elektronik tentunya membutuhkan alat scanner. Alat ini biasanya hanya terdapat di dealer resmi sehingga untuk memeriksanya anda bisa membawa kendaraan anda ke bengkel. Oleh karena itu jika pemeriksan di atas memang sudah yakin tidak ada masalah. Anda dapat memeriksanya ke bengkel resmi agar permasalahan lampu kabin mobil mati akan segera teratasi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto