Logout iCloud iPhone Penting Dilakukan, Simak Langkah Mudahnya!

Logout iCloud iPhone
Ilustrasi Logout iCloud iPhone. Foto: Ist/Net

Logout iCloud iPhone pada salah satu perangkat atau semua perangkat dapat anda lakukan dengan cara yang cukup mudah. Terutama jika anda akan menjual iPhone atau berganti iPhone dengan tipe yang terbaru.

Atau bahkan akan beralih pada perangkat Android, maka terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum benar-benar menjual iPhone tersebut. Salah satunya adalah dengan keluar dari iCloud iPhone yang anda miliki serta reset ulang iPhone ke Setelan Pabrik.

Keduanya sangat penting anda lakukan. Hal ini bertujuan supaya data-data ataupun foto yang penting tidak disalahgunakan oleh para pemilik baru. Selain itu, dengan keluar dari iCloud dapat mudahkan pemilik baru untuk dapat login pada akun yang mereka miliki.

Cara Mudah Logout iCloud iPhone

iCloud merupakan salah satu fitur bawaan iOS pada iPhone ataupun iPad. Selain sebagai penyimpanan awan ataupun drive saja, akan tetapi juga beragam hal lain. Fitur iCloud lain yang mungkin secara tidak sadar anda gunakan adalah mail, kontak, dan lain sebagainya.

Syarat menggunakan fitur ini adalah pengguna harus mendaftar akun Apple ID serta mengaktifkan iCloud pada perangkat iOS. Namun dengan suatu alasan anda ingin menjual iPhone yang anda miliki.

Baca Juga : Back Tap iPhone Fitur Tersembunyi dengan Beragam Manfaat

Maka sebelum anda menjualnya, sebaiknya anda logout iCloud iPhone terlebih dahulu agar data-data yang anda miliki tidak disalahgunakan oleh pengguna baru dari perangkat tersebut. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara keluar dari iCloud pada perangkat iPhone.

Cara Logout iCloud iPhone

Sebenarnya cara logout iCloud iPhone cukup mudah. Adapun langkah-langkahnya antara lain:

  1. Masuk pada aplikasi Settings > Profile
  2. Selanjutnya gulirkan atau scroll ke bagian paling bawah serta pilih sign out atau keluar.
  3. Proses berikutnya masukkan informasi Apple ID serta Password yang anda gunakan. Oleh karena itu, pastikan anda mengingat ID serta Password yang anda gunakan.
  4. Langkah logout iCloud iPhone berikutnya adalah pilih data apa saja yang salinannya akan tetap anda sediakan pada perangkat tersebut.
  5. Berikutnya tekan Sign Out serta ikuti beberapa pengaturan tambahan lainnya.

Selain itu, hal penting lain yang perlu anda perhatikan selain logout iCloud iPhone adalah mengenai logout Apple ID. Berikut cara yang dapat anda tempuh adalah:

  1. Langkah pertama masuk dalam aplikasi Settings
  2. Kemudian cari pengaturan iTunes & App Store
  3. Berikutnya, tekan pada bagian Apple ID serta pilih Sign Out.
Baca Juga : iPhone Could Not Be Restored, Coba Gunakan Cara untuk Mengatasinya

Selanjutnya setelah semua akun berhasil keluar, maka hal penting lain yang harus anda lakukan sebelum menjual perangkat iPhone anda adalah mereset iPhone pada pengaturan pabrik. Caranya adalah:

  1. Masuk pada aplikasi Setelan
  2. Kemudian ketuk menu General
  3. Selanjutnya pilih menu Reset
  4. Proses berikutnya pilih Reset All Content and Setting

Hal penting yang harus anda perhatikan dalam mereset perangkat pada Setelan Pabrik adalah pastikan semua data penting, seperti dokumen, foto, catatan, serta kontak telah anda back up.

Terdapat dua cara untuk membackup data yakni memindahkan semua foto hingga video ke komputer. Cara kedua, membackup semua data iCloud. Maka pastikan ruangan penyimpanan iCloud anda masih lapang sehingga proses backup dapat anda lakukan dengan mudah.

Cara Mengatasi iCoud yang Tidak Dapat Logout

Jika saat logout iCloud iPhone anda mengalami masalah dimana tombol logout atau keluar pada iCloud tidak berfungsi serta muncul pesan “Tidak dapat keluar karena pembatasan”, maka anda tidak perlu khawatir.

Baca Juga : Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul di iPhone, Ini Cara untuk Mengatasinya 

Hal ini dapat anda atasi dengan mudah. Dengan demikian, anda tetap dapat logout iCloud dari perangkat yang anda miliki. Cara pertama, pastikan password iCloud yang anda masukkan sudah benar.

Jika anda lupa, anda dapat menggunakan fitur iForget untuk melakukan reset password iCloud. Cara kedua, pastikan anda mempunyai koneksi internet yang stabil.

Jika anda gagal logout iCloud iPhone dengan menggunakan paket data, maka anda dapat menggunakan WiFi lain yang memang mempunyai koneksi kecepatan cukup tinggi.

Namun jika anda masih mengalami masalah dalam proses logout iCloud iPhone, maka anda dapat menghubungi Apple Support pada Twitter untuk memperoleh informasi lebih lanjut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto