Makanan Gula Darah Tinggi yang Harus Anda Kenal dan Hindari

makanan gula darah tinggi
Ini daftar makanan gula darah tinggi. Foto : Ist/Net

Makanan gula darah tinggi merupakan asupan apa saja yang menjadi pantangan dan harus jauh dari para penderita diabetes. Selain mengandung kadar gula yang tinggi, mengonsumsi makanan ini juga bisa memicu penyakit kencing manis ini.

Diabetes merupakan jenis penyakit yang populer dengan banyak nama, seperti kencing manis dan penyakit gula. Ini termasuk salah satu penyakit yang dapat menimbulkan atau memicu komplikasi berbagai penyakit lainnya.

Baca Juga: Makanan yang Tidak Mengandung Gula, Cocok Untuk Diabetes

Karena itu penting penyakit karena kadar gula darah tinggi perlu segera mendapat peanganan yang tepat. Salah satu cara untuk mengatasi gula darah tinggi yaitu dengan menghindari makanan pantangannya dan mengonsumsi asupan penurun kadar gula.

Daftar Makanan Gula Darah Tinggi

Memperhatikan dan menghindari asupan penyebab gula darah tinggi harus menjadi prioritas diet yang penting. Banyak sekali makanan yang dapat memicu munculnya meningkatnya kadar gula tubuh. Umumnya jenis makanan tersebut karena banyak mengandung karbohidrat.

Nah, untuk mengetahui apa saja asupan yang terlarang untuk konsumsi penderita kencing manis, berikut ini daftar makanan gula darah tinggi yang sebaiknya anda perhatikan.

Baca Juga: Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat, Gunakan Cara Ini!

Nasi Putih

Diabetes tipe 2 kebanyakan terjadi pada seseorang yang mengkonsumsi nasi putih dalam porsi yang banyak. Pasalnya sebagai warga Indonesia, rasanya memang kurang puas jika tidak mengkonsumsi nasi setiap harinya.

Tetapi janganlah berlebihan, jika ingin cepat kenyang alangkah baiknya jika memperbanyak lauk seperti ikan atau telur dan sayuran hijau.

Terutama bagi seseorang yang sudah menderita gula darah tinggi, sangat penting untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah. Pasalnya nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada dengan nasi putih.

Minuman Berenergi

Makanan gula darah tinggi yang sering kita konsumsi bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Seperti halnya minuman berenergi yang saat ini banyak yang menjualnya secara bebas ternyata mengandung kalium dan natrium.

Baca Juga: Makanan Penyebab Vertigo yang Perlu Dihindari

Dengan adanya kandungan tersebut memang berguna karena akan lebih mudah memulihkan tenggorokan Anda saat dehidrasi. Meskipun begitu, kebanyakan minuman berenergi juga mengandung banyak gula. Sehingga tak heran jika umumnya minuman berenergi sangat manis.

Sehingga untuk menghindari naiknya gula darah pada tubuh minuman ini harus anda kurangi atau jauhi. Sebagai gantinya Anda bisa memperbanyak minum air putih yang justru penting untuk tubuh.

Roti Putih

Apakah Anda sering mengkonsumsi roti putih? Sebaiknya batasi konsumsinya krena ini juga termasuk jenis makanan gula darah tinggi. Perlu kita ketahui ternyata roti putih dapat memicu peningkatan kadar gula darah.

Kebanyakan orang senang mengonsumsi roti putih untuk sarapan. Hal ini karena makanan ini memiliki teksturnya yang lembut, sehingga roti putih akan mudah terolah dalam tubuh.

Namun, bagi pecinta roti bisa menggantinya dengan mengkonsumsi roti gandum. Pasalnya roti gandum yang anda konsumsi secara rutin akan memberikan efek cepat kenyang dan mampu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Makanan Siap Saji

Siapa yang suka makanan cepat saji? Apakah Anda juga termasuk salah satunya? Selain cepat, makanan siap saji juga memiliki rasa yang enak. Namun, tahukah Anda jika makanan ini tidak baik untuk kesehatan jika berlebihan.

Fast food termasuk makanan gula darah tinggi yang harus harus kita waspadai. Hal ini sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Apalagi bagi penderita penyakit gula, sangat tidak rekomendasi untuk mengonsumsinya.

Alangkah lebih baiknya jika mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat seperti sayuran, kacang-kacangan, telur dan makanan sehat lainnya. Bahkan, beberapa asupan tersebut dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Apalagi makanan sehat saat ini mudah sekali untuk didapatkan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya.

Daging Merah

Makanan lain yang dapat meningkatkan kadar gula darah yaitu daging merah. Meskipun asupan daging ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Namun jika daging merah kita konsumsi secara rutin tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kadar gula darah naik. Apalagi jika anda mengonsumsinya setiap hari, resiko diabetes tipe 2 akan semakin besar.

Daging merah juga mengandung protein, sehingga anda tetap harus mencukupi protein yang perlu untuk tubuh. Dengan cara mengonsumsi daging merah meski tidak harus setiap hari.

Namun makanan gula darah tinggi ini sebaiknya tidak menjadi konsumsi penderita diabetes tipe 2. Setidaknya Anda bisa menambah beberapa makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan yang kandungan nutrisinya juga penting untuk tubuh. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu