Makanan Penyebab Gagal Ginjal, Kenali dan Batasi Konsumsinya

makanan penyebab gagal ginjal
Ini dia jenis makanan penyebab gagal ginjal. Foto: Ist/Net

Mengenal jenis makanan penyebab gagal ginjal sangat penting. Asupan makanan yang berlebihan sering tidak kita sadari sebagai jalan masuk yang memicu penyakit kronis. Kita cukup membatasi jumlahnya tanpa perlu menghindarinya.

Ginjal adalah salah satu organ yang memiliki fungsi penting untuk menyaring darah. Organ ini juga memiliki fungsi lainnya seperti membuang sisa metabolisme, mengontrol tekanan darah, hingga menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan di dalam darah.

Baca Juga: Gejala TBC Tulang dan Penyebabnya yang Perlu Anda Tahu

Dengan berbagai fungsi dan tugas ginjal yang sangat vital tersebut, wajib bagi kita untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya dengan membatasi atau menjauhi jenis makanan tertentu agar terhindar dari penyakit ginjal tersebut.

Apa Saja Makanan Penyebab Gagal Ginjal?

Ada banyak sekali jenis makanan yang beredar dan dijual masyarakat kita. Hal ini membuat siapa saja bebas membeli dan mendapatkannya tanda ada larangan. Mengonsumsi makanan ini dapat memicu dan meningkatkan risiko gangguan ginjal.

Namun apakah anda sudah mengetahui risiko apa yang mengintai saat mengonsumsi makanan tersebut. Berikut ini berbagai jenis makanan penyebab gagal ginjal yang sebaiknya anda kenali.

Makanan Tinggi Gula

Perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi makanan manis dan tinggi gula dapat memicu banyak penyakit. Konsumsi makanan ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah semakin tinggi.

Jika kebiasaan tersebut tidak segera kita hentikan, maka dapat menyebabkan insulin mengalami kesulitan dalam bekerja. Kondisi inilah yang nantinya akan memicu seseorang mengalami diabetes.

Penyakit diabetes tentu tidak akan terkontrol saat terjadinya komplikasi seperti gagal ginjal. Itulah mengapa sangat penting untuk membatasi konsumsi makanan tinggi gula.

Baca Juga: Gangguan Sistem Peredaran Darah, dari Tensi, Jantung, hingga Stroke

Hal ini karena makanan ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ ginjal. Mulai sekarang Anda perlu membatasi asupan makanan yang mengandung banyak gula.

Makanan Tinggi Garam

Selain makanan tinggi gula, siapa sangka jika garan juga termasuk jenis makanan penyebab gagal ginjal. Untuk itu, sangat penting membatasi jumlah konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam.

Jumlah asupan garam tidak boleh melebihi dari takaran 2000 mg sodium setiap harinya. Asupan sodium tersebut merupakan yang sangat rekomendasi demi terjaganya kesehatan ginjal.

Apabila Anda mengonsumsi garam terlalu banyak, maka hal tersebut hanya akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dalam membuang natrium.

Beban kerja ginjal yang berlebihan tersebutlah yang bisa memicu terjadinya gagal ginjal. Terlebih jika hal ini kita biarkan terjadi secara berkepanjangan, maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

Makanan Tinggi Protein

Siapa yang menyangka bahwa protein juga dapat berpotensi merusak organ ginjal. Apalagi jika Anda mengonsumsinya terlalu berlebihan bisa berakibat tidak baik pada ginjal.

Baca Juga: Penyebab Perut Buncit Pada Wanita dan Cara Mencegahnya

Pada dasarnya, protein memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti meningkatkan massa otot, menjaga kesehatan tulang, hingga mengontrol tekanan darah.

Mengonsumsi makanan yang terlalu tinggi kadar proteinnya hanya akan menyebabkan beban kerja ginjal menjadi berlebihan atau meningkat. Karena itulah ini juga termasuk makanan penyebab gagal ginjal.

Pasalnya, ginjal perlu bekerja dengan lebih keras dalam membuang banyak zat sisa metabolisme protein. Hal itulah yang dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit ginjal termasuk jenis gagal ginjal.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk membatasi asupan protein dengan ketat. Setidaknya untuk orang dewasa konsumsi 55 hingga 60 gram protein setiap harinya dan tidak boleh lebih dari itu.

Protein tersebut bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis makanan. Seperti daging, ikan, telur, susu, yoghurt, keju, hingga kacang-kacangan.

Makanan Tinggi Fosfor

Fosfor juga termasuk jenis makanan penyebab gagal ginjal meski juga penting untuk membantu memelihara kesehatan tulang. Hanya saja, Anda perlu mengetahui jumlah fosfor yang aman untuk konsumsi tubuh.

Jika asupan fosfor terlalu banyak maka hanya akan meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit ginjal. Itulah mengapa saran jumlah konsumsi yang aman adalah tidak lebih dari 1000 mg per hari.

Beberapa makanan yang mengandung fosfor sangat banyak. Antara lain seperti daging, jeroan, sayuran seperti bayam dan kangkung, kacang-kacangan, susu serta produk olahannya.

Membatasi atau mengontrol asupan fosfor bukan berarti menjauhinya. Sebab tubuh juga membutuhkan mineral ini. Anda bisa mengonsumsi fosfor dengan jumlah yang dokter sarankan agar ginjal tetap terjaga kesehatannya.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab gagal ginjal yang perlu Anda batasi konsumsinya. Jika perlu lakukan pemeriksaan ginjal secara rutin untuk mendeteksi awal masalah pada ginjal. Sehingga risiko terserang penyakit ginjal juga bisa kita tekan. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu