Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Mimpi Buruk Menurut Penelitian, Apa Saja?

Makanan Penyebab Mimpi Buruk Menurut Penelitian, Apa Saja?

Makanan penyebab mimpi buruk yang perlu diwaspadai menurut penelitian. Karena ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa memunculkan mimpi buruk saat kamu tidur.

Ketika tidur, mungkin kamu sering merasa tidak nyaman karena terganggu atau terbangun akibat mengalami mimpi buruk, yang menyebabkan rasa tak nyaman saat terbangun dari tidur.

Menurut sebuah penelitian, seringnya mengalami mimpi buruk bisa menyebabkan stres dan insomnia. Bahkan, mimpi buruk juga dapat digolongkan sebagai penyakit atau kelainan.

Penyebab mimpi buruk bisa muncul akibat berbagai kondisi yang tengah kamu alami. Seperti adanya tekanan mental dan tidur yang tidak nyaman.

Namun, terdapat hal yang mengejutkan mengenai munculnya mimpi buruk saat kamu tidur. Karena ternyata mimpi buruk yang kamu alami itu bisa jadi penyebabnya dari makanan yang kamu konsumsi.

Merangkum dari berbagai sumber, makanan penyebab mimpi buruk itu adalah makanan yang bertepung dan manis. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan mimpi buruk.

Baca Juga : Arti Mimpi Potong Rambut, Pertanda Baik atau Buruk?

10 Makanan Penyebab Mimpi Buruk

Makanan Manis

Sebuah penelitian mengungkap bahwa, makanan manis bisa menjadi penyebab mimpi buruk. Psikolog juga menyebutkan, konsumsi makanan yang manis seperti cake dan cookies dapat memunculkan mimpi buruk.

Coklat

Makanan yang paling sering menyebabkan munculnya mimpi buruk saat tidur adalah coklat. Tingginya kafein dan gula yang terkandung dalam coklat bisa menyebabkan kamu kesulitan untuk tidur nyenyak. Selain itu, mimpi buruk juga bisa muncul saat kamu tertidur.

Keju dan Susu

Jenis makanan penyebab mimpi buruk berikutnya yaitu keju dan susu yang kaya akan kandungan lemak dan kalori. Jika kamu mengonsumsi makanan tersebut sebelum tidur dapat memicu munculnya mimpi buruk. Hal itu karena tubuh sedang mencernanya.

Baca Juga : Arti Mimpi Gak Pakai Baju Pertanda Baik dan Buruk dalam Hidup

Kondisi tersebut membuat tidur kamu terhalang, kemudian muncul berbagai macam pikiran. Menurut sebuah penelitian tahun 2005, keju bisa menjadi pemicu mimpi buruk saat tidur.

Es Krim

Es krim menjadi salah satu makanan penyebab mimpi buruk. Karena jika dikonsumsi sebelum tidur, metabolisme tubuh bisa bergeser serta aktivitas otak jadi meningkat.

Otak akan masuk ke dalam kondisi dimana kamu tidak tahu harus melakukan apa. Selain itu, tubuhmu juga membuang banyak energi yang memicu terjadinya mimpi buruk.

Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas bisa mengganggu kualitas tidur, dan membuat berat badan meningkat. Kondisi tersebut dapat mengganggu terbentuknya mimpi selama berlangsung siklus REM.

Menurut sebuah penelitian, makanan pedas dapat menjadi penyebab mimpi buruk. Hal itu karena tubuh butuh upaya ekstra ketika mencerna makanan tersebut.

Baca Juga : Arti Mimpi Orang Meninggal, Pertanda Buruk atau Baik? Simak Disini

Keripik

Keripik juga menjadi salah satu jenis makanan penyebab mimpi buruk. Mengonsumsi keripik maupun makanan berlemak lainnya dapat menyebabkan saluran pencernaan mengalami iritasi. Kondisi ini membuat kamu tidak bisa tertidur nyenyak.

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian, 12,5 persen orang mengalami mimpi buruk karena sebelum tidur mengonsumsi makanan berlemak seperti halnya keripik.

Pasta

Pasta mengandung karbohidrat dan gula yang bisa menyebabkan kamu kesulitan tidur, bahkan bisa sampai mengalami mimpi buruk.

Makanan yang terbuat dari tepung ini dikonsumsi tubuh, sehingga tubuh mengolah glukosa. Hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami sulit tidur, sekaligus memicu mimpi buruk.

Kafein

Baca Juga : Arti Mimpi Gigi Copot Berbagai Pandangan, Apakah Pertanda Buruk?

Mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein juga bisa menjadi penyebab kamu kesulitan untuk tidur. Pasalnya, kafein menyebabkan aktivitas otak dan metabolisme tubuh jadi meningkat. Kondisi ini dapat memicu mimpi buruk saat kamu tertidur.

Soda

Minuman yang mengandung soda tinggi juga bisa menyebabkan kamu kesulitan untuk tidur. Masalah tersebut akan semakin menumpuk, dan ketika kamu tidur pada malam hari menjadi terganggu oleh munculnya mimpi buruk.

Alkohol

Selain makanan penyebab mimpi buruk, beberapa minuman juga dapat menjadi pemicunya. Termasuk minuman yang mengandung alkohol.

Mengonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur bisa menyebabkan kamu kesulitan tidur. Sebuah penelitian mengungkap, meski alkohol dapat larut, tetapi efeknya pada malam hari bisa memunculkan mimpi buruk secara intens dan nyata.

Itulah beberapa jenis makanan yang dampaknya bisa membuat kamu sulit tidur. Sebab, kesulitan tidur dapat memicu terjadinya mimpi buruk. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img