Makanan Penyebab Vertigo yang Perlu Dihindari

makanan penyebab vertigo
Ini dia jenis makanan penyebab vertigo. Foto: Ist/Net

Mengenal jenis makanan penyebab vertigo membantu menghindarkan kita dari risiko penyakit yang menyakitkan ini. Dari jenis makanan manis, asin, bahan tambahan makanan, hingga yang bersantan.

Vertigo merupakan salah satu gangguan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala yang sangat menyakitkan. Rasa sakit ini sendiri terasa seperti berputar-putar sehingga sangat mengganggu aktivitas seseorang.

Memang ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya rasa sakit jenis ini. Namun jenis makanan tertentu juga banyak yang meningkatkan risiko terkena serangan penyakit satu ini.

Baca Juga: Gangguan Sistem Peredaran Darah, dari Tensi, Jantung, hingga Stroke

Apabila Anda penderita vertigo, maka jangan sampai gejala tersebut muncul kembali. Pastikan asupan makanan Anda benar dan hindari berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan gangguan ini.

Perbanyak juga minum air mineral untuk membantu meminimalisir serangan penyakit tersebut. Selain itu tentunya dengan selalu menjalankan pola hidup sehat dan rajin olahraga ntuk membantu mencegah serangan vertigo.

Makanan Penyebab Vertigo yang Perlu Dihindari

Sebagian dari Anda mungkin belum banyak mengetahui bahwa beberapa jenis makanan tertentu dapat menyebabkan vertigo. Hal ini berarti mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan membuat kambuh gejala vertigo tersebut.

Lantas apa saja makanan penyebab vertigo tersebut? Yuk simak saja ulasannya selengkapnya berikut ini?

Makanan Tinggi Garam

Saat Anda menderita penyakit vertigo, sangat penting untuk menghindari makanan tinggi garam. Hal tersebut tidak lain karena kandungan sodium di dalam garam dapat memperburuk penyakit tersebut.

Baca Juga: Kontrol Gula Darah Diabetes Anda dengan Cara Mudah Ini!

Terlebih mengonsumsi makanan tinggi garam juga bisa mempengaruhi keseimbangan dan tekanna cairan dalam tubuh.

Itulah mengapa ada baiknya Anda menghindari makanan tersebut, seperti keju, kecap, makanan kaleng, cemilan keripik, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai makanan apa saja yang aman dikonsumsi saat menderita penyakit vertigo. Dengan konsumsi makanan yang tepat, Anda akan terhindar dari kambuhnya gejala vertigo.

Makanan Tinggi Gula

Selain jenis makanan dengan kandungan garam yang tinggi, makanan tinggi gula juga ada baiknya untuk tidak kita konsumsi. Terlebih jenis makanan tersebut memang cukup banyak tersedia di sekeliling Anda.

Jenis makanan penyebab vertigo ini antara lain seperti makanan yang mengandung madu, gula merah, hingga gula pasir. Agar gejala vertigo tidak datang kembali maka hindari berbagai makanan tersebut.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena sebagai solusinya bisa mengonsumsi gula kompleks. Ini merupakan gula yang berasal dari kacang-kacangan, sayuran, kentang, hingga biji-bijian.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Begah yang Paling Mudah Dilakukan

Dengan begitu, kebutuhan asupan gula Anda akan tetap tercukupi dengan baik dan tidak akan menyebabkan gejala vertigo lebih lanjut.

Makanan Mengandung MSG

MSG atau pengawet makanan adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan kambuhnya vertigo. Anda bahkan bisa merasakan gejala pusing sesaat setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Hal ini tidak lain karena tingginya kadar sodium pada makanan yang mengandung MSG. Tidak heran jika makanan tersebut bisa memicu kambuhnya vertigo.

Makanan Bersantan

Jenis makanan penyebab vertigo lainnya adalah makanan bersantan. Indonesia memiliki banyak sekali jenis makanan tradisional dengan bahan santan. Masyarakat kita memang menyukai makanan ini.

Hanya saja, Anda sebagai penderita vertigo akan lebih baik jika menghindari makanan tersebut meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pada dasarnya, santan memang dapat meningkatkan imunitas tubuh, baik untuk jantung, hingga menurunkan berat badan.

Akan tetapi, apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan maka bisa saja menyebabkan kambuhnya gejala vertigo. Agar hal tersebut tidak terjadi maka ada baiknya untuk menghindari terlebih dahulu makanan bersantan.

Makanan Berkafein

Makanan yang mengandung kafein juga termasuk salah satu jenis makanan penyebab vertigo. Kafein sendiri memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Akan tetapi, apabila Anda memiliki riwayat penyakit vertigo sangat penting untuk menghindari makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Jika perlu batasi konsumsinya agar tidak menimbulkan dampak yang lebih parah.

Ada banyak makanan dan minuman berkafein yang beredar di pasaran. Diantaranya seperti minuman bersoda, minuman berenergi, kopi, teh hingga coklat.

Makanan maupun minuman tersebut bisa menyebabkan gejala telinga berdenging saat dikonsumsi oleh penderita penyakit vertigo.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab vertigo yang perlu Anda hindari. Anda juga bisa perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seng, magnesium, hingga vitamin B atau C untuk mencegah risiko kambuhnya vertigo. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu