Makanan yang Tidak Mengandung Gula, Cocok Untuk Diabetes

makanan yang tidak mengandung gula
Jenis makanan yang tidak mengandung gula. Foto: Ist/Net

Memilih makanan yang tidak mengandung gula cocok untuk penderita diabetes. Ada banyak jenis makanan non gula yang bisa Anda pilih. Selain sehat, asupan ini pastinya bisa kita buat enak dan lezat sesuai selera.

Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti halnya tidak menjaga pola hidup dengan benar serta mengkonsumsi makanan cepat saji.

Gula darah tinggi biasa terjadi pada penderita diabetes atau penyakit gula. Jika penyakit ini tidak segera kita atasi dapat memicu berbagai penyakit lainnya. Termasuk berbagai penyakit yang berbahaya dan komplikasi.

Baca Juga: Sindrom Mirip Flu, Penyakit yang Sering Bikin Baper

Salah satu solusi untuk penyakit gula yaitu dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak ada kadar gulanya. Jenis makanan semacam ini mudah sekali untuk kita dapatkan.

Jenis Makanan yang Tidak Mengandung Gula

Meskipun bisa menurunkan gula darah dengan obat diet, terapi akan lebih aman jika menurunkannya dengan cara alami. Pasalnya banyak sekali makanan yang dapat menurunkan gula darah dengan cepat.

Apakah Anda ingin tahu apa saja makanan tersebut? Yuk simak saja daftar makanan yang tidak mengandung gula berikut ini.

Sayuran Hijau

Salah satu makanan yang mudah sekali anda dapatkan untuk menurunkan kadar gula darah yaitu sayuran hijau. Untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat, tentunya Anda harus mengkonsumsinya secara rutin.

Pasalnya dalam sayuran hijau terdapat berbagai kandungan dan nutrisi yang sangat tubuh butuhkan seperti halnya vitamin A dan magnesium.

Selain itu, sayuran juga kaya akan serat yang dapat bermanfaat untuk menghambat perubahan karbohidrat menjadi glukosa yang berproses dalam tubuh.

Baca Juga: Makanan Penyebab Vertigo yang Perlu Dihindari

Keuntungan yang anda dapatkan jika mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin yaitu akan mudah kenyang. Adapun beberapa sayuran hijau yang recomended seperti paprika, seledri, kubis, labu, lobak, bayam, selada dan brokoli.

Ikan

Bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi sangat penting untuk mengonsumsi lemak omega-3. Nutrisi ini bisa anda dapatkan dari ikan dan menjadi jenis makanan yang tidak mengandung gula yang baik untuk diabetes.

Tak hanya itu, ikan juga mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah. Bahkan, jika Anda mengonsumsi ikan akan mudah terasa kenyang.

Adapun beberapa contoh ikan yang mengandung omega 3 antara lain ikan halibut, ikan air tawar, ikan tuna, ikan salmon dan ikan makarel. Tentunya beberapa jenis ikan tersebut mudah sekali anda dapatkan.

Oatmeal

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan oatmeal. Yang mana makanan satu ini dapat bermanfaat akan menurunkan gula darah tinggi secara maksimal jika kita konsumsi secara rutin. Bahkan, oatmeal juga dapat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.

Tak hanya menjadi makanan yang tidak mengandung gula, oatmeal juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi lemak, indeks glikemik dapat terkendali dan masih banyak lagi.

Telur

Siapa yang tidak suka telur? Pastinya sebagian banyak orang akan suka dengan makanan yang satu ini, termasuk Anda. Selain bisa kita konsumsi secara utuh, telur juga bisa kita olah menjadi berbagai makanan.

Perlu Anda ketahui Jika ternyata telur juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Kontrol Gula Darah Diabetes Anda dengan Cara Mudah Ini!

Mengkonsumsi telur secara rutin, terutama bagi penderita gula darah tinggi sangatlah cocok. Pasalnya telur akan memberikan efek kenyang setelah mengkonsumsinya.

Dengan begitu, Anda tidak akan lagi mengkonsumsi makanan lain. Apalagi makanan yang tidak mengandung gula ini mudah sekali kita dapatkan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga mudah sekali kita peroleh seperti halnya kacang almond, kacang polong dan buncis.

Perlu Anda ketahui jika ternyata kacang-kacangan ini juga sangat penting sebagai makanan bagi para penderita gula darah tinggi. Karena mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah.

Hal ini karena dalam kacang-kacangan terdapat berbagai nutrisi yang sangat penting untuk tubuh seperti kalium, magnesium, lemak tak jenuh, protein nabati dan vitamin antioksidan.

Setiap harinya sangat penting untuk mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak 30 gram agar kadar gula darah bisa normal.

Itulah berbagai jenis makanan yang tidak mengandung gula yang cocok untuk penderita penyakit diabetes. Meskipun banyak pantangan yang mesti kita perhatikan, asupan makanan penyakit ini juga bisa yang enak dan lezat kok. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu