Malware FluBot Android, Mampu Menginfeksi Melalui Pesan SMS

Malware FluBot Android, Mampu Menginfeksi Melalui Pesan SMS
Ilustrasi Malware FluBot Android. Foto: Ist/Net

Malware FluBot Android mampu mencuri data korbannya dengan mudah. Saat ini sudah banyak beredar informasi, jika pemilik hp Android harus lebih berhati-hati.

Sebab, saat ini ada malware dengan nama FluBot. Malware ini masuk melalui pesan yang menamakannya sebuah perusahaan pengiriman.

Sehingga mampu menarik mangsanya dengan mengirimkan link untuk melacak adanya paket pengiriman. Seperti yang sering terjadi di media sosial lainnya jika dengan klik link saja semua data akan terekam secara otomatis.

Link tersebut sebagai phising dengan cara meminta korbannya menginstall aplikasi palsu tersebut. Jika pengguna sudah terlanjur mengklik link tersebut secara otomatis berbagai informasi akan malware tersebut ambil.

Baca Juga : Malware Remover yang Berguna untuk Menjaga Keamanan Android

Maka dari itu anda perlu lebih berhati-hati dengan malware FluBot. Biasanya malware ini melalui pesan SMS yang mengklaim pengiriman dari pihak logistik.

Dengan melalui pesan tersebut pelaku akan memberitahukan agar memasang aplikasi untuk melacaknya. Sehingga link yang terpakai untuk melacak justru merekam data pemiliknya.

Sehingga malware tersebut berhasil beraksi. Jangan sampai tertipu usahakan untuk bisa menyaring berbagai informasi dan pesan yang masuk.

Hati-Hati Malware FluBot Android

Saat ini kemajuan dunia teknologi mampu merubah banyak hal. Bahkan ada juga yang justru memanfaatkan berbagai kemudahan untuk dirinya sendiri.

Salah satunya adanya malware FluBot yang saat ini meresahkan. Korban yang sudah mengklik link yang ada akan menuju ke situs web phising.

Lantas mampu menginstall aplikasi pelacak barang paket yang sebenarnya tidak ada atau malware. Setelah malware tersebut terinstall pada Android, maka akan akan mencuri data yang tersimpan pada perangkat.

Bahkan password dan berbagai data yang tersimpan pada perangkat pun akan dicuri. FluBot juga akan melakukan hal lain untuk bisa membuat korbannya merasa tertarik dan percaya.

FluBot terus akan mengirimkan pesan yang berisi malware serupa pada semua kontak pada perangkat terdahulu. Sehingga mulai dari satu perangkat saja malware ini akan mencuri banyak akun lainnya.

Seperti halnya yang sudah terjadi di Inggris membuat pihak National Cyber Security Center (NCSC) Inggris menghapusnya. Adapun fakta lain yang menyebutkan akan malware FluBot Android. Sehingga sebaiknya bagi para pengguna Android untuk terus berwaspada dengan pesan-pesan yang ada.

Reset Perangkat Android

Dengan hadirnya malware FluBot Android ini membuat banyak pengguna Android juga merasa ketakutan. Hal ini dimana akun yang sudah mengunjungi tautan malware tersebut akan terinfeksi.

Sehingga bisa membuat kontak lain di dalamnya ikut merasakan sisi negatifnya. Beberapa akun telah tercuri data pribadinya dengan pengiriman pesan.

Tidak hanya itu saja, korban akan terus diminta mengunjungi aplikasi yang bersangkutan. Sehingga berbagai data yang anda miliki akan dimiliki oleh malware tersebut.

Jikaa anda sebagai salah satu korbannya jangan ragu untuk melakukan reset perangkat. Seperti yang sudah dikatakan oleh NCSC Inggris menjelaskan jika untuk lebih berhati-hati.

Setelah anda klik tautan yang dikirim pihak malware FluBot Android, maka jangan sampai memasukkan kata sandi atau informasi pribadi lainnya.

Sebaiknya segera hapus malware dari perangkat yang telah terinfeksi. Segera lakukan factory reset secepatnya. Jika anda sudah terlanjur memasukkan berbagai informasi pribadi sebaiknya untuk segera merubahnya.

Hal ini guna untuk mencegah penyusupan secara lebih lanjut. NCSC juga menjelaskan jika pengguna harus membackup informasi penting. Untuk bisa mengatasi masalah ini maka sebaiknya hanya menginstall aplikasi dari Google Play saja.

FluBot Aksi Penipuan Melalui Android

Jika di Indonesia telah muncul aksi phising dari tag porno melalui akun Facebook berbeda dengan negara Inggris. Kini di negara Inggris juga telah masuk pesan malware FluBot Android yang mampu menginfeksi.

Penipuan melalui pesan teks ini mampu menyebar dengan cepat. Pesan menyarankan pengguna untuk klik link dan meminta untuk menginstal aplikasi pengiriman paket.

FluBot itu sendiri merupakan spyware yang mampu mengambil alih perangkat Android. Bahkan menjadi pengintai ponsel dari data pribadi yang ada. Bahkan termasuk detail perbankan online.

Jutaan pesan pun sudah terkirim pada semua jaringan. Maka dari itu, saat ini anda pun harus berhati-hati. Malware FluBot Android yang mampu mencuri data dengan mudah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto