Manfaat Daun Dadap Serep yang Jarang Orang Tahu

manfaat daun dadap serep
Segudang manfaat daun dadap serep untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat daun dadap serep untuk kesehatan ternyata sangat besar. Hal ini karena senyawa aktifnya yang berkhasiat. Selain untuk tanaman obat keluarga, herbal ini juga baik untuk perawatan rambut agar lebih sehat.

Dadap serep (Erythrina subumbrans (Hassk.) Merr) termasuk jenis tumbuhan yang masuk dalam suku Fabaceae. Selain banyak tumbuh di hutan, tanaman juga sering tumbuh pada sekitar pekarangan rumah.

Bahkan bagi masyarakat di beberapa daerah dadap serep termasuk tanaman obat keluarga yang cukup populer. Tanaman ini juga populer dengan beberapa sebutan, seperti dadap lesang, dadap lenga (minyak), atau dadap licin.

Baca Juga: Khasiat Tanaman Putri Malu, Ampuh untuk Mengatasi Insomnia

Penggunaan daun tanaman dadap serep juga beragam. Ada yang dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau merebusnya dan meminum airnya. Kita juga bisa menumbuk daunnya untuk menempelkannya ke bagian tubuh yang sakit.

Beragam Manfaat Daun Dadap Serep

Daun dadap serep ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Banyak orang yang sudah merasakan manfaat daun dadap serep untuk kesehatan. Berikut adalah penyakit yang bisa kita atasi dengan tanaman herbal ini.

Mengatasi insomnia

Insomnia adalah penyakit yang menyebabkan orang menjadi susah untuk tidur. Gangguan tidur ini sering memicu timbulnya rasa pusing dan juga dapat mengganggu aktivitas harian.

Jika anda mengidap gangguan insomnia anda dapat mengonsumsi daun dadap serep secara rutin. Pengobatan insomnia menggunakan herbal ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi daun dadap serep muda sebagai lalapan.

Kandungan yang ada pada daun tanaman ini mampu memicu saraf agar menimbulkan rasa kantuk. Jika anda rutin mengonsumsi daun dadap serep maka masalah insomnia akan semakin berkurang.

Baca Juga: Manfaat Teh Celup yang Sudah Dipakai, Jangan Dibuang Dulu Bun!

Mencegah Infeksi Usus

Salah satu manfaat daun dadap serep adalah mengatasi masalah pencernaan. Daun dadap serep mampu mengurangi gangguan pencernaan seperti infeksi usus, gangguan lambung, dan juga perut mulas.

Kandungan yang ada pada daun dadap serep ini mampu menekan penyebab gangguan pada area pencernaan. Untuk cara menggunakannya juga sangat mudah.

Anda bisa menumbuk daun dadap serep dengan daun sosor bebek. Setelah itu letakkan tumbukan itu pada perut anda. Lakukan cara ini sampai gangguan pencernaan anda sembuh.

Mengatasi Rematik

Rematik adalah masalah peradangan sendi. Gejala yang timbul akibat penyakit ini adalah rasa nyeri dan juga bengkak pada sendi. Pada kasus yang lebih parah sendi akan menjadi kaku dan susah untuk digerakkan.

Salah satu manfaat daun dadap serep adalah mencegah dan mengatasi rematik. Hal ini karena kandungan senyawa aktif pada herbal ini mampu memberikan efek anti inflamasi yang akan mengatasi masalah persendian.

Anda hanya perlu memanaskan daun dadap serep pada api kecil lalu tempelkan pada area sendi yang nyeri. Lakukan secara berkala untuk hasil yang optimal.

Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi kebanyakan wanita. Oleh karena itu pentng untuk menjaga kesehatan rambut anda. Jika anda menginginkan rambut hitam, panjang, dan tebal, anda perlu mencoba menggunakan daun dadap serep.

Sekarang ini banyak sekali cara perawatan rambut. Jika anda lebih menyukai bahan alami, anda bisa memilih herbal daun ini untuk merawat rambut yang murah dan hasilnya juga sangat memuaskan.

Perawatan kesehatan rambut menggunakan daun dadap serep juga mudah. Anda hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun dadap serep untuk kita jadikan masker rambut.

Baca Juga: Bahaya Daun Bidara dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Setelah anda diamkan beberapa saat lalu bisa segera membilasnya. Ini merupakan salah satu manfaat daun dadap serep untuk perawatan rambut. Jika anda rutin menggunakan bahan ini, rambut anda akan terlihat lebih sehat dan lebat.

Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang sering menjadi masalah bagi sebagian orang. Penyakit ini mengakibatkan rasa nyeri pada persendian.

Bahkan pada kondisi yang lebih parah, asam urat dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri terbakar pada seluruh sendi tubuh.

Menggunakan daun dadap serep sebagai obat asam urat dapat anda lakukan dengan mudah. Cara menggunakannya adalah dengan merebus beberapa lembar daunnya lalu saring air rebusan dan minum.

Jika anda rutin mengkonsumsi air rebusan daun dadap serep ini setiap hari maka masalah asam urat akan berangsur-angsur membaik.

Itulah berbagai manfaat daun dadap serep untuk kesehatan yang jarang orang tahu. Kandungan senyawa aktif dalam daun tanaman ini berguna untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun penggunaannya sebaiknya sewajarnya dan tidak berlebihan. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu