Manfaat Donor Darah Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

manfaat donor darah
Segudang manfaat donor darah. Foto: Ist/Net

Manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh ternyata sangat baik. Apalagi jika hal ini kita lakukan secara rutin. Selain berfungsi melancarkan proses regenerasi sel-sel tubuh, donor darah juga baik untuk meningkatkan fungsi organ tubuh.

Apakah saat ini sudah banyak orang yang sadar diri untuk mendonorkan darahnya? Sayangnya, sebagian besar orang masih belum menyadari bahwa setiap tiga bulan sekali taraf kesehatannya berubah. 

Keutamaan atau manfaat donor darah yang terpenting adalah untuk dapat menolong orang lain yang kekurangan darah. Sehingga darah kita dapat memberikan bantuan yang bermanfaat untuk sesama.

Yang tak kalah penting mengapa donor darah itu bermanfaat terutama untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Karena itulah bagi anda yang belum mendonorkan darahnya segera mungkin untuk melakukannya agar tubuh anda terjaga kesehatannya.

Segudang Manfaat Donor Darah

Bagi anda yang rutin mendonorkan darah dapat sekaligus merutinkan diri untuk cek kesehatan. Hal ini tentu saja bisa memperkecil kemungkinan keterlambatan penanganan, apabila ada penyakit berbahaya dalam tubuh.

Baca Juga : Hari Relawan PMI, 2 Pendonor Darah Kota Banjar Dapat Penghargaan dari Provinsi

Untuk itu, postingan kali ini akan menginformasikan begitu banyaknya manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. Dengan keutamaan inilah sebaiknya kita bisa ikut mendonorkan darah secara rutin.

Meningkatkan Kesehatan Psikologis

Pendonor tentu akan menampakan dampak tersendiri setelah melakukan proses donor darah dan juga dapat menyehatkan pikiran mereka. Sehingga akan lebih berpikiran jernih dan stabil dalam menyikapi berbagai masalah.

Selain itu banyak pendonor yang telah mengakui dapat menekan tingkat stres menjadi semakin membaik. Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan hal positif.

Manfaat donor darah yang rutin kita lakukan bisa membantu kita memiliki pikiran yang sehat, segar dan juga stabil. Jadi kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan dan masalah dapat kita hadapi dengan lebih rileks tanpa tekanan.

Menurunkan Level Zat Besi dalam Darah

Baca Juga : Donor Darah Saat Bulan Puasa Batal? Ini Penjelasan Ketua MUI Kota Banjar

Zat besi bermanfaat untuk mempercepat oksidasi kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini akan berdampak buruk bagi arteri dan berdampak pada terjadinya aterosklerosis.

Nah, Iron adalah zat besi yang terdapat di dalam sirkulasi darah setiap orang. Setiap kali anda mendonorkan darah dapat menurunkan level iron dalam tubuh. Sehingga bermanfaat mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular.

Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Percayakah anda jika manfaat donor darah dapat menurunkan resiko terkena kanker? Resiko terkena kanker akan semakin menurun seiring tingkat konsistensi pendonor darah bersangkutan.

Pendonor darah mungkin saja dapat terhindar dari kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan juga kanker usus besar.

Untuk itu, anda harus konsisten dalam melakukan donor darah setidaknya 3 atau 4 bulan sekali, sehingga tubuh anda akan senantiasa selalu merasakan manfaatnya.

Baca Juga : Peduli Sesama, Komunitas Penikmat Kopi Banjar Gelar Donor Darah

Pembaharuan Sel Darah

Bagi anda yang konsisten dalam mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca proses donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan dapat terganti dengan yang baru.

Biasanya 4 sampai 8 minggu kedepan sel darah baru telah terbentuk dan akan sangat membantu fungsi setiap organ dalam tubuh anda. Inilah manfaat donor darah yang sebaiknya tidak kita remehkan.

Dengan demikian, maka tubuh anda akan terlihat jauh lebih segar dan sehat serta produktif dalam melakukan berbagai aktivitas sehari–hari.

Melindungi Organ Jantung

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa pendonor darah rutin akan cenderung memiliki skala rendah terhindar dari penyakit jantung. Jadi anda yang rutin mendonorkan darahnya akan memiliki jantung yang jauh lebih sehat.

Pendonor darah mempunyai resiko terkena penyakit jantung atau serangan jantung lebih rendah sekitar 88 persen. Bukan hanya itu, pendonor juga dapat mengurangi resiko sampai 33 persen terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Demikianlah berbagai keutamaan dan manfaat donor darah secara rutin untuk kesehatan tubuh. Selain dapat menolong orang lain yang yang membutuhkan, mendonorkan darah juga baik untuk kesehatan kita sendiri. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah