Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Mengonsumsi Kolagen untuk Kulit, Tulang, Hingga Jantung

Manfaat Mengonsumsi Kolagen untuk Kulit, Tulang, Hingga Jantung

Manfaat mengonsumsi kolagen bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit, menguatkan massa otot, meredakan nyeri sendi, mencegah terjadinya pengeroposan tulang, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Kolagen yang merupakan protein banyak terkandung dalam tubuh. Banyak fungsi penting yang dimiliki, diantaranya mampu memperbaiki kulit yang bermasalah. Sekaligus juga memperkuat tulang.

Suplemen maupun minuman yang mengandung kolagen jadi populer dalam beberapa tahun ini, yang mana kolagen telah dipecah. Sehingga tubuh lebih mudah menyerapnya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat sehat bagi tubuh jika mengonsumsi kolagen.

Manfaat Mengonsumsi Kolagen untuk Kesehatan

Baca Juga : Makanan Penghasil Kolagen Terbaik Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda

Menjaga Elastisitas Kulit

Kolagen menjadi komponen utama bagi kulit. Fungsi kolagen selain memperkuat kulit, juga membantu menjaga elastisitas serta kelembaban kulit. Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, maka kolagen yang dihasilkan pun menjadi lebih sedikit.

Sejumlah penelitian sudah menunjukkan bahwa kolagen bisa membantu mengurangi keriput dan kekeringan pada kulit, serta memperlambat penuaan.

Selain itu, dengan mengonsumsi suplemen kolagen, maka produksi protein lainnya dalam tubuh yang membantu menyusun kulit akan meningkat. Termasuk fibrillin dan elastin.

Meningkatkan Massa Otot

Manfaat mengonsumsi kolagen yang berikutnya yaitu bisa membantu meningkatkan massa otot. karena, jaringan otot pada manusia terdiri dari 1 sampai 10 persen kolagen.

Baca Juga : Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit dan Rambut

Protein tersebut sangat penting guna menjaga otot tetap kuat serta dapat berfungsi baik. Bahkan, sejumlah studi menunjukkan kalau suplemen kolagen mampu meningkatkan massa otot bagi penderita sarcopenia. Yakni, hilangnya massa otot seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Bisa membantu meredakan nyeri sendi menjadi salah satu manfaat dari mengonsumsi kolagen. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi suplemen kolagen bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada secara menyeluruh.

Kemudian, kolagen juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki gejala osteoartritis. Bahkan, menurut teori para peneliti bahwa, kolagen tambahan bisa menumpuk pada tulang rawan, serta merangsang jaringan tubuh untuk selanjutnya memproduksi kolagen.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Manfaat mengonsumsi kolagen yang berikutnya yaitu untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Karena pada dasarnya tulang manusia sebagian besar terbuat dari kolagen.

Oleh karena itulah, kolagen berperan penting dalam menjaga struktur tulang, serta membantu agar tulang tetap kuat.

Baca Juga : 6 Makanan yang Bikin Awet Muda, Berani Coba?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, dengan mengonsumsi suplemen atau kolagen dapat membantu menghambat terjadinya kerusakan tulang sebagai penyebab osteoporosis.

Manfaat dari kolagen tambahan juga bisa membantu meningkatkan kepadatan dalam tulang, sekaligus menurunkan kadar protein yang ada dalam darah. Kadar protein tersebut bisa merangsang terjadinya kerusakan tulang.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Perlu Anda ketahui pula bahwa manfaat mengonsumsi kolagen dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menurut teori para peneliti, asupan suplemen kolagen bisa membantu meminimalisir risiko terkena serangan penyakit jantung.

Bahkan, kolagen mampu menyediakan struktur arteri dalam tubuh Anda. Struktur arteri ini merupakan pembuluh darah. Fungsinya membawa darah yang berasal dari jantung ke semua bagian tubuh.

Sekarang ini ada berbagai varian kolagen tambahan yang bisa Anda pilih, mulai dari yang bentuknya suplemen sampai berupa minuman praktis.

Namun, jika Anda lebih memilih mengonsumsi kolagen berupa minuman harus hati-hati terhadap gula yang terkandung dalam kolagen. Terlebih jika Anda memiliki penyakit diabetes. (R3/HR-Online)