Manfaat Micellar Water, Pembersih Wajah Sejuta Umat

Manfaat Micellar Water
Manfaat Micellar Water, Pembersih Wajah Sejuta Umat. Foto: Ist/Net

Manfaat dari micellar water tak hanya membersihkan kotoran di wajah tapi juga dapat menghapus riasan yang kilas air. Untuk kamu yang mulai serius merawat kulit, micellar water sebagai first cleanser wajib kamu gunakan sebelum face wash. Khususnya pada malam hari.

Metode ini bernama double cleansing. Ketika kamu menggunakan micellar water kemudian lanjut dengan face wash, maka kamu dianggap telah membersihkan wajah dengan tuntas. Namun double cleansing hanya perlu kamu lakukan malam hari ketika menjelang tidur.

Baca Juga: Manfaat Lain Tisu Basah, Lebih dari Sekedar Mengelap

Kupas Tuntas Manfaat dari Micellar Water

Micellar water merupakan produk pembersih wajah yang terbuat dari bahan dasar air dan diformulasikan dengan surfaktan. Karena berbahan dasar air, maka produk ini hanya dapat mengangkat kotoran atau sisa make up yang ringan di wajah.

Dengan adanya surfaktan pada micellar water, air dan minyak dapat menyatu untuk bekerja sama. Surfaktan yang ada pada micellar water bersifat non-ionik, yaitu lebih lembut untuk kulit.

Meski micellar water memiliki banyak keunggulan, namun kamu tidak boleh meninggalkan surfaktan pada wajah. Jadi setelah menggunakan micellar water, kamu tetap harus membilas wajah dengan air.

Menghapus Makeup

Manfaat dari micellar water yang utama adalah menghapus makeup, meliputi mascara waterproof dan riasan lain yang tidak terlalu berat. Sisa-sisa sunscreen yang melapisi kulit juga bisa dibersihkan oleh surfaktan pada micellar water.

Membersihkan Sampai Mendalam

Teteskan micellar water pada kapas, awali dengan menghapus makeup pada area mata dan bibir terlebih dulu. Lanjutkan penggunaan micellar water pada area wajah lainnya. Sebaiknya tidak menggosokkan kapas ke wajah terlalu keras, cukup usap secara lembut.

Baca Juga: Facial Foam Sesuai Jenis Kulit, Jangan Salah Pilih!

Setelah itu gunakan second cleanser sebagai bagian dari double cleansing. Langkah ini tujuannya untuk menghilangkan surfaktan dari wajah, agar kulit bebas minyak, kotoran, dan sisa make up.

Tidak Menyebabkan Iritasi

Produk-produk berbahan dasar air atau water-based umumnya cocok dengan semua jenis kulit, bahkan aman untuk kulit yang sensitif sekalipun. Namun, tetap disarankan untuk patch test terlebih dahulu sebelum memakai ke seluruh wajah.

Mudah Digunakan

Tidak seperti pembersih bahan lain, manfaat dari micellar water jauh lebih mudah untuk kamu gunakan. Karena pemakaiannya hanya usap saja menggunakan kapas, micellar water mudah untuk dibersihkan. Dengan kehadiran micellar water ini, membersihkan make up, minyak dan kotoran jadi lebih mudah.

Tips Menggunakan Micellar Water

Menyediakan stok kapas sudah pasti wajib jika kamu serius menerapkan double cleansing. Untuk meminimalisir sampah, kamu juga bisa beralih ke cotton pad yang bisa dicuci ulang.

Usapkan dengan lembut ketika membersihkan wajah. Tidak perlu menggunakan tenaga ketika ingin menghapus maskara membandel, karena dengan sendirinya mascara akan berpindah ke kapas yang telah diberi micellar water tadi.

Fokus pada area dengan make up tebal, hati-hati di sekitar mata dan bibir. Pada area mata dan bibir permukaan kulitnya cenderung lebih sensitif sehingga kamu tidak boleh mengusap terlalu keras.

Micellar water cenderung tidak membuat kulit jadi kering, sehingga kamu bisa usapkan micellar water dalam beberapa kali usap. Gunakan face wash sebagai second cleanser untuk membersihkan kulit secara tuntas. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu