Manfaat Terapi Bekam untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

manfaat terapi bekam
Manfaat terapi bekam bagi kesehatan. Foto: Ist/Net

Ternyata manfaat terapi bekam tak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Terapi bekam yang sudah terkenal sebagai pengobatan tradisional ini juga berkhasiat untuk membuang racun dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Metode pengobatan bekam sudah terkenal sejak zaman Mesir kuno. Bekam adalah terapi dengan cara menyedot dan mengeluarkan darah darah kotor pembawa penyakit. Prosesnya melalui titik-titik bagian tubuh tertentu.

Walaupun sebelum mengeluarkan darah kotor titik-titik pada bagian tubuh anda harus ditusuk tusuk dengan jarum dahulu, nyatanya ketika mencoba berbekam tidak ada rasa sakit sedikitpun.

Bekam basah dan bekam kering merupakan dua jenis bekam. Bekam kering adalah terapi yang berfungsi mengeluarkan angin yang ada dalam tubuh. Terapi jenis ini sangat penting untuk anda yang sering mengalami masuk angin dan meriang.

Sedangkan bekam basah adalah jenis bekam yang dilakukan dengan cara mengeluarkan darah kotor pada titik titik tertentu yang berhubungan dengan keluhan rasa sakit yang dirasakan.

Baca Juga : Berkhasiat, Terapi Bekam Terkenal Sampai Artis Hollywood dan Atlet Dunia

Khasiat dan Manfaat Terapi Bekam

Pada masa seperti sekarang sudah sangat banyak ahli bekam yang menawarkan jasanya bagi anda yang ingin melakukannya. Berikut ini beberapa manfaat terapi bekam bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya anda tahu.

Untuk Meningkatkan Kesuburan

Terapi bekam ternyata bisa menjadi terapi untuk mengembalikan kesuburan anda. Selain itu dengan berbekam juga mempunyai manfaat lain yang bisa kita dapatkan yaitu untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma atau sel telur.

Dengan terapi bekam cukup efektif bagi anda yang mengalami masalah pada hal kesuburan. Bekam pada titik syahwat dapat bermanfaat untuk memperbaiki kinerja testis. Sehingga produksi sperma yang hasilnya pun dapat meningkat.

Titik syahwat ini terutama adalah titik ginjal. Apabila ginjal berfungsi secara baik, maka kesehatan reproduksi anda juga akan berfungsi dengan baik pula.

Baca Juga : Mengenal Terapi Bekam, Pengobatan Alternatif Paling Populer

Mengobati Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang sangat berbahaya dan dapat berpotensi menyebabkan stroke. Anda yang menderita dan yang ingin mengurangi tekanan darah tinggi bisa mencoba manfaat terapi bekam.

Melakukan terapi ini darah kotor yang mulanya mengendap dapat terangkat, dan aliran darah akan lancar seperti semula. Jika aliran darah yang tidak tersumbat, maka kerja jantung akan terasa ringan. Dengan terapi alami ini juga berguna untuk menekan dan meminimalisir risiko terserang penyakit stroke.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat terapi bekam ternyata juga berkhasiat untuk perawatan kecantikan. Terkadang masalah jerawat yang muncul memang sangat mengganggu, menjengkelkan dan membuat rasa percaya diri semakin berkurang.

Salah satu faktor jerawat muncul akibat kurangnya kebersihan kulit pada wajah. Kurang lancarnya aliran darah pada wajah juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Mengobati Vertigo

Selain dapat meminimalisir resiko penyakit stroke, berbekam pun ternyata bisa mengobati penyakit vertigo. Berbekam untuk mengobati penyakit vertigo adalah dengan cara mencari titik yang berhubungan dengan rasa sakit pada kepala.

Tentunya terapi ini harus benar-benar oleh yang memang sudah kompeten dalam melakukan terapi bekam. Berbekam di kepala dapat melancarkan aliran darah yang tadinya tersumbat dan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, racun-racun yang berbahaya dalam kepala dan tubuh pun bisa tersingkir.

Baca Juga : Lewat Herbal dan Bekam, Pengusaha Kota Banjar Ini Bertahan di Tengah Corona

Menyembuhkan Penyakit Jantung

Manfaat terapi bekam lainnya juga baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Kolesterol merupakan penyebab utama dari beberapa penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

Karena kolesterol jahat yang terlalu berlebihan dapat menyumbat aliran darah dalam jantung. Kondisi ini akan mengakibatkan kinerja jantung pun akan berat dan aliran darahnya pun dapat terhambat.

Dengan melakukan bekam, tumpukan kolesterol yang menyumbat dalam jantung bisa kita keluarkan. Sehingga aliran darah pada jantung pun akan lancar dan resiko terkena penyakit jantung dapat kita minimalisir.

Menyingkirkan Kolesterol Jahat Dalam Darah

Kolesterol jahat bisa kita hilangkan dengan melakukan terapi bekam ini. Sebab kolesterol inilah yang menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung yang berbahaya.

Dengan terapi bekam yang kita lakukan juga akan membantu tubuh untuk mengeluarkan darah kotor beserta kolesterol yang ada dalam tubuh. Terapi alternatif ini juga berguna untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Itulah berbagai manfaat terapi bekam untuk kesehatan tubuh. Berbekamlah dengan terapis yang sudah terpercaya dan kompeten dalam bidangnya supaya khasiatnya optimal dn menghindari efek yang tidak kita inginkan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah