Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisSelama Ramadan, Masjid di Sindangsari Ciamis Gelar Semaan Al-Qur’an

Selama Ramadan, Masjid di Sindangsari Ciamis Gelar Semaan Al-Qur’an

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- DKM Al Barkah Dusun Babakan, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membumikan keberkahan kampung Qur’an, melalui kegiatan Semaan Al-Qur’an.

Kegiatan yang masih di bulan suci Ramadan ini, bertempat di Masjid Al Barkah, Selasa (11/05/2021).

Ketua penyelenggara, Ade Ramdani mengatakan, Semaan Al-Qur’an adalah tradisi membaca dan mendengarkan pembacaan ayat suci umat Islam.

“Jadi selama bulan Ramadan ini, jamaah Masjid Al Barkah membaca dan mendengarkan pembacaan Al-Qur’an. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan ilmu agama dan ketakwaan terhadap Allah SWT,” katanya kepada HR Online, Selasa (11/5/2021).

Lebih lanjut Ade menuturkan, pelaksanaan Semaan ini, juga berguna untuk memperbaiki tajwid setiap bacaan, pemahaman dan penjelasan dalam ayat suci Al-Qur’an.

“Kemudian dengan pemahaman dan penjelasan tersebut, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, Al-Qur’an sebagai pedoman hidup,” tuturnya.

Ketua DKM Al Barkah, H. Mahmud menambahkan, dengan adanya tradisi ini, maka diharapkan jamaah dapat menyimak dan mengulas makna yang terkandung dalam ayat suci Al-Qur’an.

“Dan dapat diteladani oleh generasi penerus anak-anak bangsa,” singkatnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Asep Mimin Hidayat mengatakan, Dusun Babakan memang dinobatkan menjadi kampung Qur’an.

“Sehingga, dengan Semaan Al-Qur’an ini dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Selain itu, para jamaah bisa mengupas tuntas makna yang terkandung dalam Al-Qur’an,” katanya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto