Massa di Ciamis Aksi Solidaritas Untuk Palestina, Terapkan Prokes

Massa di Ciamis
Massa di Ciamis aksi solidaritas bela Palestina. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com)- Massa di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Palestina, Jumat (28/5/2021) di Alun-Alun Ciamis. Aksi ini merupakan bentuk dukungan terhadap Palestina agar merdeka dari penjajahan Israel.

Aksi yang tergabung dalam forum solidaritas muslim Ciamis untuk Palestina ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Berdasarkan pantauan HR Online, massa aksi di Ciamis ini berbaris dan menjaga jarak satu meter serta memakai masker. Selain itu, para peserta juga memakai atribut negara Palestina.

Ketua Pelaksana Aksi Dede Aos Firdaus mengatakan kegiatan ini merupakan aksi damai, aksi solidaritas dari organisasi islam, organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa dan pondok pesantren Ciamis.

“Tentu dalam hal ini kita bersama-sama membuktikan ke seluruh dunia bahwa kekuatan umat muslim sangat kuat sekali. Saudara kita di Palestina bertahun-tahun dijajah oleh zionis Israel,” katanya.

Menurutnya, pihaknya tidak bisa diam atas apa yang dilakukan oleh zionis Israel. Dalam amanat UUD 1945 mengatakan bahwa kemerdekaan hak segala bangsa.

“Itu artinya setiap bangsa atau negara harus merdeka, tidak adanya sebuah penjajahan baik negara yang satu dan negara lain. Seperti halnya kita yang mempunyai kemerdekaan sejak tahun 1945,” tuturnya.

Selain orasi, juga ada aksi penggalangan dana bagi rakyat Palestina dari massa aksi solidaritas di Ciamis.

“Belum kami hitung jadi belum ada jumlahnya berapa. Namun habis ini kita akan hitung lalu akan kami berikan kepada ACT atau aksi cepat tanggap untuk kemudian menyalurkannya ke Palestina langsung,” ungkapnya.

Aos menambahkan, dalam situasi pandemi Covid-19 ini peserta aksi semuanya memakai masker dan menjaga jarak. Sebelumnya juga telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini kita tetap selamat, sehat dan terhindar dari Covid-19,” pungkasnya.

Setelah melakukan orasi, peserta aksi kemudian membakar bendera Israel. Kemudian dilanjutkan long march atau jalan kaki menuju Taman Lokasana Ciamis dan kembali lagi ke Alun-Alun Ciamis. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang