Mematikan VoiceOver di iPhone Praktis, Penting untuk Dipahami!

mematikan VoiceOver di iPhone
Ilustrasi mematikan VoiceOver di iPhone. Foto: Ist/Net

Mematikan VoiceOver di iPhone mungkin cukup sulit dilakukan bagi yang kurang memahaminya. Maka banyak pengguna ipHone yang terjebak saat proses menghidupkan serta bingung dalam mematikannya.

iPhone VoiceOver atau suara ejaan merupakan salah satu fitur yang terdapat pada perangkat iOS. Fitur ini bisa mengeluarkan suara, bahkan membacakan dengan nada keras dari menu serta setting.

Lain dengan kontrol suara iPhone VoiceOver adalah fitur yang didedikasikan untuk pengguna iPHone yang mengalami adanya gangguan pendengaran.

Baca Juga : Cara Screenshot Panjang di iPhone Full Page, Berikut Tutorialnya!

Saat kita membuka fitur ini, maka secara otomatis fitur akan mendikte atau mengucapkan hal-hal atau aktivitas yang anda pilih serta kerjakan pada perangkat iPhone yang anda gunakan.

Cara kerja dari fitur VoiceOver sebenarnya cukup sederhana. Namun bagi pengguna yang kurang memahami cara kerja fitur ini. Pasti akan sangat bingung apa yang harus dikerjakan pada perangkat iphone atau iPad jika fitur VoiceOver dalam keadaan aktif.

Cara Mematikan VoiceOver di iPhone

iPhone merupakan salah satu produk Apple yang sangat laris dipasaran. Hal ini terbukti bahwa perangkat iPhone mampu bersaing ketat dengan berbagai produk smartphone lainnya.

Tidak terlepas dari hal tersebut, semangkin canggih suatu produk, maka banyak pula berbagai kemudahan serta fitur tambahan yang dapat anda jumpai pada perangkat iPhone.

Baca Juga : Ubah Browser Utama iPhone Mudah, Berikut Beberapa Ketentuannya!

Salah satunya adalah fitur VoiceOver. Secara umum, fitur ini berfungsi untuk mendikte atau membacakan hal-hal yang terjadi pada perangkat iPhone yang anda gunakan dalam beberapa bahasa pilihan.

Seperti pada saat anda memilih atau membuka salah satu menu fitur VoiceOver, maka secara otomatis fitur akan mendikte atau mengucapkan berbagai hal atau aktivitas yang anda pilih atau kerjakan pada perangkat iPhone.

Mengetahui Cara Kerja Fitur VoiceOver iPhone

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mematikan VoiceOver di iPhone, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari fitur ini. Cara kerja fitur VoiceOver cukup sederhana.

Pada mode VoiceOver semua pilihan yang anda pilih akan dibacakan secara otomatis oleh fitur ini. Sedangkan pilihan anda tidak akan secara langsung terbuka.

Sebagai contoh saat anda memilih menu setting pada perangkat iPhone, maka VoiceOver akan secara otomatis membacakan jika anda telah memilih menu setting ada perangkat iPhone yang anda gunakan.

Untuk dapat membuka atau masuk pada menu yang telah anda pilih, maka harus menerapkan cara double klik atau double tap pada pilihan menu. Barulah menu tersebut akan berhasil terbuka.

Baca Juga : Kirim GIF di WhatsApp Android dan iPhone dengan Mudah, Ini Caranya

Jika akan berpindah pada halaman lain atau melihat keseluruhan menu yang telah anda buka. Maka anda harus menggunakan tiga jari pada layar untuk menjalankan fitur scroll pada layar iPhone.

Mematikan VoiceOver iPhone Mudah

Berikut ini beberapa cara untuk dapat mematikan fitur VoiceOver pada perangkat iPhone yang anda gunakan antara lain:

Dengan Menggunakan Shortcut

Pertama, klik tombol Home sebanyak tiga kali. Hal ini merupakan cara termudah untuk mematikan VoiceOver di iPhone. Akan tetapi cara ini hanya bekerja apabila shortcut tiga kali klik ini telah anda atur untuk mengontrol VoiceOver.

Pasalnya, terdapat beberapa pengguna yang mengatur shortcut tiga kali klik untuk pintasan yang lain, sehingga pengguna harus mengubahnya dari menu. Selanjutnya dengarkan audio yang mengatakan “VoiceOver Off”.

Apabila terdapat suara tersebut, maka fitur VoiceOver akan mati dengan sendirinya. Jika tidak terdengar suara pesan tersebut, maka anda dapat menggunakan cara lain untuk mematikan VoiceOver di iPhone.

Melalui Menu

Cara mematikan VoiceOver iPhone berikutnya adalah melalui Menu. Jika fitur VoiceOver dalam keadaan hidup, maka anda wajib berpindah dengan memakai VoiceOver gestures.

Dalam hal ini anda harus bedakan dengan iPhone gestures pada umumnya. Selanjutnya akan muncul suara yang membacakan tiap-tiap menu yang anda navigasikan, dan dapat berinteraksi dengan menu tersebut dengan cara berikut ini:

  • Gerakkan perangkat iPhone ke kiri atau ke kanan untuk dapat berpindah ke item selanjutnya dari layar iPhone anda.
  • Berikutnya ketuk sekali demi bisa mendengar deskripsi aplikasi yang telah anda ketuk
    Langkah berikutnya, ketuk sebanyak dua kali demi mengaktifkan pilihan dari aplikasi menu tersebut, lalu geser untuk menyesuaikan slider.
  • Gunakan tiga jari untuk menggulungnya.
  • Selanjutnya masuk ke Setting > General > Accessibility dan Voiceover

Cara berikutnya dalam mematikan VoiceOver di iPhone melalui menu adalah gerakkan bersamaan dengan setelan toggle untuk fitur VoiceOver. Kemudian mematikan VoiceOver dengan cara mengetuknya sebanyak dua kali. Maka Fitur tersebut secara otomatis akan mati. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto