Memindahkan Google Authenticator ke HP Baru Lebih Aman, Ini Caranya!

memindahkan Google Authenticator ke HP baru
Ilustrasi memindahkan Google Authenticator ke HP baru. Foto: ist/Net

Memindahkan Google Authenticator ke HP baru dapat anda lakukan untuk melindungi data yang anda miliki pada Google. Google Authenticator adalah salah satu aplikasi yang cukup populer bagi pengguna dalam melindungi akun mereka dari para hacker pada dunia maya.

Secara garis besar, aplikasi ini hadir dengan memanfaatkan konsep keamanan otentikasi dua faktor atau Two Factor Authentication / 2FA. Pada umumnya autentikasi pada Google Authenticator dalam bentuk QR Code serta kode khusus yang terkirim melalui aplikasi.

Baca Juga : Recycle Bin Android 12 Fitur Baru Google dengan Cara Kerja Menarik

Salah satu kelebihan dari Google Authenticator ialah mempunyai fitur transfer data. Fitur ini cukup praktis untuk digunakan. Pasalnya bisa memudahkan pengguna yang ingin memindahkan data-data akun pengguna dari ponsel lama ke ponsel lain atau baru.

Cara Memindahkan Google Authenticator ke HP Baru

Autentikasi dua faktor merupakan salah satu cara terbaik serta termudah untuk menjaga keamanan akun daring para pengguna. Mereka akan bekerja dengan cara mengeluarkan kode autentikasi pada ponsel saat seseorang mencoba untuk mengakses akun baru.

Apabila pengguna tidak mempunyai kode, maka ia tidak dapat masuk. Dengan menggunakan aplikasi Google Authenticator, maka pengguna dapat mencegah seseorang untuk dapat mengakses data pengguna serta memperoleh sandinya.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Google Authenticator

Sebelum anda mengetahui mengenai bagaimana cara memindahkan Google Authenticator ke HP baru. Penting bagi anda untuk mengetahui akan kelebihan dari aplikasi Google Authenticator bagi para penggunanya.

Baca Juga : Mengaktifkan Tab Google Chat di Gmail Android, Ini Caranya

Kelebihan tersebut adalah penggunaan yang cukup mudah. Bahkan aplikasi ini dapat diakses secara offline sekalipun. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat mentransfer seluruh atau bahkan sebagian akun pada Google Authenticator menuju ponsel lain atau ponsel baru.

Mentransfer terlebih dahulu akun Google Authenticator ke ponsel lain merupakan sesuatu hal penting agar tidak kehilangan akses pada akun yang terintegrasi.

Tutorial Memindahkan Google Authenticator ke HP baru

Fitur untuk dapat melakukan transfer atau memindahkan akun Google Authenticator hanya tersedia pada versi terbaru. Oleh karena itu, sebaiknya anda update terlebih dahulu aplikasi Google Authenticator pada Play Store atau App Store sebelum melakukan pemindahan.

Baca Juga : Aplikasi Google Stack Pemindai Dokumen Terbaru, Ini Informasinya

Apabila aplikasi telah berhasil anda perbaharui, maka silahkan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Langkah pertama instal aplikasi Google Authenticator pada ponsel Android baru anda
  • Buka link Google play Store: https://play.google.com/store/apps/details id=com.google.android.apps.authenticator2
  • Selanjutnya, bagi anda pengguna perangkat iPhone dapat membuka link App Store: https://apps.apple.com/us/app/google-authenticator/id388497605
  • Lalu buka aplikasi serta klik tiga tombol titik vertikal yang berada di pojok kanan atas layar serta pilih “Transfer accounts”
  • Pada HP yang akan anda transfer datanya, klik opsi “Export accounts”
  • Proses berikutnya untuk memindahkan Google Authenticator ke HP baru, masukkan password serta pilih akun yang akan anda pindahkan datanya. Kemudian klik “Next” untuk dapat menampilkan kode QR.
  • Pada perangkat HP yang akan menerima data akun, unduh Google Authenticator serta buka aplikasi
  • Klik pada tiga titik vertikal yang terdapat pada halaman utama. Dan pilih opsi “Import existing accounts.
  • Langkah terakhir, pilih opsi Scan QR Code serta pindai QR Code yang terdapat pada ponsel yang akan anda transfer datanya.

Tutorial Memindahkan Google Authenticator ke HP Baru Melalui PC

Selain cara diatas, pengguna juga dapat mentransfer data akun melalui laptop atau PC. Hampir sama dengan langkah di atas, pengguna terlebih dahulu harus mengunduh Google Authenticator versi terbaru pada ponsel yang digunakan.

  • Selanjutnya pada perangkat PC atau Laptop, anda dapat membuka situs resmi Google 2 Step Verification.
  • Lalu masuk pada akun Google, yang selanjutnya situs akan menampilkan daftar ponsel yang terhubung dengan akun Google. Berikutnya anda klik “continue’ untuk lanjut pada tahap berikutnya.
  • Untuk laman selanjutnya, klik opsi “Set Up” yang terdapat pada bagian bawah sub menu ” Authenticator app”
  • Kemudian akan hadir pop-out yang akan meminta pengguna untuk memilih jenis ponsel. Selanjutnya setelah ponsel telah anda pilih, situs akan menampilkan kode QR pada layar PC.

Cara memindahkan Google Authenticator ke HP baru melalui PC berikutnya adalah dengan memindai kode tersebut menggunakan ponsel. Lalu masukkan kode yang tertera pada aplikasi Google Authenticator serta klik opsi “Verify” Ulangi proses  ini untuk setiap aplikasi yang anda gunakan dengan Google Authenticator, seperti pada akun sosial media. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto