Mengatasi Kamera HP Tidak Fokus, Ini Cara Mudahnya

Mengatasi Kamera HP Tidak Fokus
Ilustrasi mengatasi kamera HP tidak fokus. Foto : Net/Ist

Mengatasi kamera pada HP yang tidak fokus memang bisa bikin panik penggunanya. Tidak sedikit yang beranggapan, autofocus kamera tidak berfungsi karena software yang crash, bahkan ada juga yang menganggap kamera rusak.

Seperti kita ketahui, bahwa smartphone kini bisa menjadi andalan para fotografer untuk melakukan jeprat-jepret atau mengabadikan momen penting. Sebab, hasil dari kamera smartphone kini tidak kalah dengan model DSLR.

Baca Juga : Tips Optimalkan Kamera HP Oppo Buat Tugas Video Sekolah Anak

Selain itu, pengguna juga bisa langsung mengedit hasil jepretan atau rekaman video dari ponsel pintar lewat aplikasi. Jadi tidak perlu lewat komputer.

Kemudian, hasil dari editan foto atau video tersebut, juga dapat langsung pengguna unggah ke media sosial.

Beberapa Tips Mengatasi Kamera HP Tidak Fokus

Sejumlah smartphone kini sudah bermodalkan kamera baik depan maupun belakang dengan resolusi yang tinggi.

Bahkan, beberapa artis kenamaan Indonesia, menjadi bintang film layar pendek yang proses perekaman videonya menggunakan kamera,

Sebut saja Reza Rahadian dan Dian Sastrowardoyo, yang saat syuting film layar pendek menggunakan HP Samsung Galaxy S21 Ultra.

Meski kini kebutuhan kamera pada smartphone menjadi penting, namun ada kalanya lensa ponsel mengalami masalah. Salah satu masalah tersebut biasanya autofocus tidak berfungsi dengan baik.

Lantas bagaimana cara mengatasi kamera HP yang tidak bisa fokus? Berikut tipsnya.

Cek Aplikasi Kamera

Umumnya aplikasi kamera yang ada adalah bawaan langsung dari ponsel tersebut. Namun ada juga yang menginstal atau mengunduh software lainnya dari pihak ketiga yang terpercaya.

Langkah pertama untuk mengetahui penyebab kamera HP yang tidak bisa fokus, adalah dengan mengecek aplikasi tersebut. Bisa jadi memang fitur kamera yang sudah crash atau rusak.

Baca Juga : Mengatasi Kamera HP Terbalik, Simak Cara Mudahnya Hanya di Sini!

Langkah mudah mengatasi kamera HP yang tidak fokus jika memang karena aplikasi rusak adalah dengan menghapus atau membersihkan cache.

Caranya, bukan Pengaturan pada smartphone, kemudian menuju Manajer Aplikasi. Lalu, pilih Semua Aplikasi, dan temukan aplikasi kamera yang Anda gunakan.

Jika sudah menemukan, pada aplikasi tersebut klik dan hapus cache. Langkah terakhir restart smartphone Anda.

Setelah itu, Anda bisa mencoba kembali mengambil gambar dengan menggunakan kamera smartphone tersebut. Jika sudah muncul lingkaran hijau, maka fokus kamera sudah berfungsi.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil foto atau merekam video, dan menemui kendala tidak fokus, maka hapus aplikasi tersebut.

Periksa Fisik Kamera

Langkah mengatasi kamera HP yang tidak fokus selanjutnya yaitu memeriksa bagian fisik dari kamera tersebut. Apakah kondisi fisik kamera baik-baik saja atau ada masalah.

Kamera HP yang tidak fokus bisa berakibat hasilnya menjadi blur atau buram. Sehingga, solusinya adalah dengan memeriksa lensa apakah tergores atau tidak.

Baca Juga : Penyebab Kamera HP Buram dan Cara Mengatasinya

Selain tergores, kamera bisa juga kotor karena benda asing atau debu. Jika memang kotor, maka Anda harus segera membersihkan lensa kamera.

Adapun cara membersihkan bagian lensa tidak lah sulit dan hanya sebentar kok. Namun, saat melakukannya harap perhatikan bahan yang akan digunakan. Sebaiknya pakai kain bersih dan juga lembut.

Sementara untuk mengatasi kamera HP tidak fokus dan juga hasilnya buram karena goresan, Anda bisa melakukannya dengan membersihkan menggunakan cairan brasso, atau pasta gigi.

Namun, saat membersihkan harap dilakukan dengan lembur dan hati-hati. Jangan sampai malah membuat goresan yang baru.

Lakukan Pembaruan Aplikasi Kamera

Melakukan pembaruan atau update aplikasi menjadi salah satu cara untuk mengatasi kamera HP yang tidak fokus. Sebab, pihak ketiga sering melakukan pembaruan untuk mengurangi bug atau masalah lainnya.

Jika pada play store ada pemberitahuan atau notifikasi untuk melakukan update aplikasi kamera, maka segera lakukan pembaruan tersebut.

Reset Pabrik

Langkah ini memang mudah, namun masalahnya Anda harus kembali menginstal aplikasi. Namun, jika memang cara mengatasi di atas masih mendapati kamera HP tidak fokus, maka langkah reset pabrik atau bawaan bisa Anda coba.

Ganti Lensa

Mengganti lensa kamera smartphone menjadi langkah terakhir, jika langkah-langkah seperti membersihkan kamera sampai reset pabrik tetap tidak bisa mengatasi.

Namun, apabila Anda awam terhadap hal tersebut, maka lebih baik mengganti kamera HP serahkan ke yang ahlinya. Sebab, membutuhkan kesabaran, keahlian dan juga peralatan khusus.

Itulah beberapa tips mengatasi masalah kamera HP yang tidak fokus. Supaya masalah tersebut tidak kembali terulang, maka sebaiknya hindari faktor yang menjadi penyebab kamera tidak fokus. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto