Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruMenghilangkan Bekas Luka Bakar, Gunakan Obat Alami Ini!

Menghilangkan Bekas Luka Bakar, Gunakan Obat Alami Ini!

Cara menghilangkan bekas luka bakar memang ada banyak pilihan. Baik dengan obat dari apotik hingga tanaman herbal. Anda bisa memilih beragam herbal yang murah, mudah, dan cukup efektif tanpa takut adanya efek samping.

Luka bakar terjadi jenis kejadian yang umum dan banyak terjadi. Baik saat sedang memasak, bermain api, atau akibat kecelakaan kerja. Bahkan tercentuk knalpot motor yang panas juga termasuk dalam kecelakaan ringan ini.

Bekas luka terutama jenis luka bakar terkadang sulit untuk kita hilangkan. Meskipun ada banyak cara yang bisa kita lakukan namun pengobatannya biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Obat Herbal untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Untuk mengatasi dan menghilangkan bekas luka memang membutuhkan waktu lama. Namun agar lebih efektif sebaiknya gunakan metode alami atau tradisional yang tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi dan menghilangkan bekas luka bakar dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Juga: Obat Luka Bakar Alami Tradisional yang Terbukti Ampuh

Mengkudu

Buah mengkudu terkenal mempunyai kandungan senyawa berupa scopoletin yang bermanfaat untuk anti radang. Untuk itu anda bisa gunakan sebagai obat menghilangkan luka. 

Cara menggunakannya adalah membuat jus buah mengkudu. Hasil jus tersebut bukan kita minum melainkan untuk mengompres pada bekas luka dengan handuk. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam setiap harinya.

Bawang Putih

Bawang putih dapat menjadi obat untuk menyembuhkan flu, darah tinggi dan kanker. Bumbu ini juga bisa untuk menyamarkan noda menghitam pada kulit, termasuk menghilangkan bekas luka bakar.

Caranya cukup mudah. Parut bawang putih dan oleskan ke bekas luka anda. Diamkan dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Cobalah lakukan cara ini secara rutin. Hal ini supaya keloid yang timbul dapat memudarkan bekas luka sebagai efek anti proliferasi. Kandungan pada bawang ini juga bisa merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit.

Baca Juga: Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar yang Tepat

Air Cuka

Penyedap makanan berupa cuka ini sangat ampuh atau mujarab dalam mengobati luka bakar yang membekas pada kulit. Cuka umumnya kita gunakan untuk penyedap makanan.

Caranya, bersihkan dahulu luka bakarnya dan tuangkan cuka pada kapas lalu  kompreskan secara pelan. Lakukan cara ini secara terus menerus apabila  kapas sudah mulai mengering.

Susu

Minuman susu sebagai penyempurna makanan sehat, dapat berfungsi sebagai bahan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Jenis susu yang kita gunakan dalam proses pengobatan alami ini yaitu susu bebas lemak seperti susu skim.

Caranya sebagai berikut, bersihkan bekas luka bakar agar steril dengan alkohol. Setelah itu tuangkan susu pada daerah bekas luka bakar tersebut. Tunggu dan diamkan beberapa saat agar nutrisi menyesap ke dalamnya.

Lavender

Lavender yang lebih kita kenal sebagai obat nyamuk juga dapat menyembuhkan bekas luka bakar pada kulit. Untuk cara melakukannya hanya dengan menyiapkan minyak lavender dan lidah buaya.

Setelah itu campurkan kedua bahan tersebut. Oleskan bahan secara merata pada kaki atau tangan yang ada bekas luka bakarnya. 

Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk pengobatan, termasuk menghilangkan bekas luka bakar. Hal ini karena adanya kandungan senyawa aktifnya yang baik untuk kulit tubuh.

Baca Juga: Penyebab Saraf Terjepit, Gejala dan Cara Pengobatannya

Anda cukup dengan menggosokkan kulit pisang ke bagian bekas luka bakar hingga kulit pisang itu berubah warna. Cara ini agar nutrisi yang terkandung menyerap sampai ke dalam kulit.

Buah Mentimun

Mentimun sangat kaya akan zat nutrisi, seperti potasium dan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Selain itu terdapat silica yang membantu produksi kolagen.

Untuk cara pengolahannya dengan memblender mentimun sampai halus. Kemudian balurkan pada bekas luka. Sebaiknya diamkan hingga semalaman. Setelah pagi hari baru bilas dengan air.

Noni Juice

Senyawa scopoletin yang terkandung di dalamnya berfungsi anti radang yang baik bagi tubuh, terutama bekas luka. Cara menggunakannya, anda siapkan Noni Juice dan handuk kecil. Kemudian  basahi handuk tersebut dengan Noni Juice.

Lakukan pengompresan pada daerah tangan atau kaki yang ada bekas luka bakarnya. Tunggu hingga mengering. Bersihkan dengan air hangat. Anda sebaiknya melaksanakannya 3 kali dalam sehari sampai bekas lukanya hilang.

Itulah beberapa pilihan bahan alami yang bisa kita gunakan dalam menghilangkan bekas luka bakar. Lakukan proses ini secara rutin setiap hari agar hasilnya efektif. (R11/HR-Online)