Mengubah Resolusi Layar Android Melalui Pengaturan dan CMD

Mengubah Resolusi Layar Android Melalui Pengaturan dan CMD
Ilustrasi mengubah resolusi layar Android. Foto: Ist/Net

Mengubah resolusi layar Android bisa anda lakukan dengan mudah. Setiap tipe smartphone memiliki resolusi ukuran layar yang berbeda-beda. Ada yang 4, 5, bahkan 6 tergantung dari merek smartphone itu sendiri.

Bahkan kenyamanan setiap orang itu relatif berbeda-beda sehingga dengan menggunakan cara merubah resolusi pada layar akan membantu anda mendapatkan tingkat kenyamanan yang pas.

Apalagi bagi para gamer, layar menjadi salah satu hal yang cukup diperhitungkan. Ketika resolusi layar masih kurang besar, maka bermain game pun belum memuaskan.

Itulah alasan mengapa para gamer memilih resolusi layar yang pas untuk dirinya bermain game. Saat ini penggunaan hp Android semakin banyak saja.

Baca Juga : Menonaktifkan Hamparan Layar Android Efektif, Simak Ulasannya!

Maka dari itu, fitur yang dihadirkan pun semakin berkembang. Sering datang pertanyaan resolusi layar apakah bisa diubah? Ternyata jawabannya bisa.

Memang secara hardware tidak bisa dilakukan perubahan. Namun, jika menggunakan software khusus, hal tersebut bisa anda lakukan dengan mudah.

Sehingga meski resolusi layar Android hanya HD 720p, bisa Full HD 1080p. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara mengubah resolusi layar Android.

Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Android

Tidak hanya perangkat PC saja yang bisa diubah resolusi ukuran layarnya. Kini smartphone Android pun bisa anda ubah sesuai kebutuhan.

Dengan bantuan aplikasi tambahan, merubah ukuran layar bisa dilakukan. Bahkan tidak hanya resolusinya saja, akan tetapi pengaturan Overscan dan kerapatan pikselnya.

Baca Juga : Layar Android Berubah Warna Hijau, Ketahui Penyebab dan Cara Atasi

Selain itu, anda juga bisa melakukan perubahan ukuran layar dengan pengaturan. Semua bisa anda lakukan dengan mudah.

Sayangnya, anda harus melakukannya secara rinci, sebab harus menggunakan hitungan pixel. Berikut ini ada dua cara yang bisa anda lakukan ketika ingin mengubahnya.

1. Melalui Pengaturan

Cara mengubah resolusi layar Android yang pertama yaitu melalui Pengaturan. Anda cukup masuk menu Pengaturan Android, pilih opsi Pengembangan.

Ketika anda sudah masuk menu tersebut, akan muncul tampilan pengembangan dan klik tombol lebar terkecil. Saat itulah anda bisa atur berapa resolusi layar yang anda inginkan.

Pada umumnya, resolusi yang sering dipakai dengan ukuran 600p (dari 399-920p). Namun sebaiknya, pastikan dengan resolusi yang ada pada smartphone itu sendiri.

Setelah cara tersebut anda lakukan, maka pengaturan resolusi layar berhasil. Anda cukup tekan OK dan dapatkan perubahan ukuran layar smartphone.

2. Menggunakan CMD

Cara mengubah resolusi layar Android yang kedua yaitu melalui CMD. Cara ini bisa anda lakukan jika melalui pengaturan resolusi ukuran layar tidak bisa berubah. Anda harus install ABD installer dan Driver USB F02G.

Ketika muncul pilihan pada keterangan gambar, pilih Install This Driver Software Anyway. Selanjutnya aktifkan mode USB Debugging pada perangkat Android.

Baca Juga : Kecerahan Layar Android Tidak Berfungsi, Simak Cara Mengatasinya!

Setelah masuk opsi pengembangan yang ada pada pengaturan Android, aktifkan mode USB Debugging. Hubungkan smartphone dengan kabel USB.

Lakukan langkah tersebut secara berulang hingga terkoneksi. Buka file explore pada PC dan buka drive C:/Adb. Saat masuk folder Adb, tahan tombol Shift dan klik kanan. Lalu pilih Open New Command Here.

Selanjutnya akan terbuka program CMD. Anda bisa mengubah resolusi layar Android sesuai dengan yang anda inginkan. Sedangkan untuk mengganti ukuran layar seperti semula, anda bisa lakukan reset dengan cara ketik CMD.

Cara Cek Resolusi Layar Android

Selain bisa menggunakan 2 cara mengubah resolusi layar Android, anda juga bisa mengeceknya. Anda bisa cek dengan install aplikasi CPU-Z. Dengan menggunakan cara ini, akan tampak ukuran resolusi layarnya.

  1. Instal aplikasi CPU-Z dan buka aplikasinya
  2. Masuk ke tab Device
  3. Cek bagian Screen Resolution
  4. Barulah tampak berapa ukuran resolusi layar yang ada pada smartphone

Banyak alasan pengguna Android melakukan perubahan pada resolusi layar smartphone. Misalnya untuk keperluan gaming agar tampilan lebih memuaskan.

Selain itu, menurunkan resolusi dengan tujuan agar kinerja hardware tidak terlalu berat. Bisa juga karena alasan untuk nonton video pada aplikasi player dan masih banyak lainnya.

Beragam alasan memang sengaja beberapa pemilik smartphone Android lakukan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara untuk merubahnya.

Ketika anda ingin melakukan perubahan, maka bisa gunakan salah satu cara tepat. Anda bisa menggunakan cara merubah resolusi layar Android sesuai merek smartphone. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto