5 Bulan Terakhir, 40 Orang Meninggal Akibat Laka Lantas di Ciamis

40 Orang Meninggal Akibat Laka Lantas di Ciamis
Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Zanuar Cahyo Wibowo, S.I.K., menyampaikan sebanyak 40 orang meninggal dunia akibat laka lantas yang terjadi di wilayah hukum Ciamis. Foto : Fahmi Albartiansyah/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 40 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang terjadi di Ciamis, dalam kurun waktu lima bulan terakhir.

Data tersebut bersumber dari Polres Ciamis Polda Jawa Barat. Selain korban meninggal dunia, Polres Ciamis juga mencatat, dari bulan Januari hingga Mei 2021 sebanyak 96 kejadian laka lantas.

Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Zanuar Cahyo Wibowo, S.I.K., menyampaikan, dari 96 kecelakaan yang terjadi melibatkan 147 orang, diantaranya pengendara roda 4 maupun roda 2. 

“Sebanyak 40 orang meninggal dunia akibat laka lantas. Namun, ada yang langsung meninggal dunia di lokasi kejadian, maupun dalam penanganan medis,” terangnya saat dikonfirmasi HR Online, Selasa (25/05/2021). 

Selain korban meninggal dunia, ada juga yang mengalami luka berat maupun luka sedang, yang para korban laka lantas dengan total 107 orang. 

“Faktor kelalaian pengendara yang dominan terjadi di wilayah hukum Ciamis hingga mengakibatkan kecelakaan,” katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, Zanuar mengimbau kepada masyarakat khususnya wilayah Ciamis, agar mengutamakan keselamatan, safety riding dan juga driving  selama berkendara. 

“Konsentrasi saat berkendara merupakan modal utama yang harus pengguna jalan terapkan. Sehingga bisa lebih berhati-hati, agar mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto