Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruMenu Diet Sehat Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

Menu Diet Sehat Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

Ada resep menu diet sehat sederhana namun efektif untuk menurunkan berat badan. Anda tak perlu ribet dalam memiliki menu makanan tertentu. Dengan niat yang kuat dan kesungguhan, Anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal.

Apabila Anda sedang melakukan diet sebaiknya optimalkan dengan baik dan benar. Jangan asal makan namun juga jangan lupa makan. Anda bisa menggunakan menu makanan sehat sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Ini Dia Daftar Menu Diet Sehat Sederhana

Tak sedikit orang yang kesulitan dalam usahanya untuk menurunkan berat badan. Berikut daftar menu diet sehat sederhana agar berat badan bisa turun secara signifikan.

Air Putih

Memperbanyak minum air putih dalam menu diet Anda merupakan cara yang tepat. Air putih yang mengandung mineral dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga : Kandungan Beras Merah dan Khasiatnya untuk Diet Sehat

Cara kerja air putih tak ubahnya dengan asupan pada buah, terutama pada pisang. Minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari untuk hasil yang optimal.

Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran merupakan menu diet sehat sederhana yang wajib ada. Penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.

Hal ini berguna untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Anda hanya perlu mengonsumsi minimal 5 porsi buah dan sayur dalam sehari. Namun, makan dengan berbagai variasi jenisnya dan jangan sama.

Jika Anda makan sayur secara rutin dijamin tidak akan gemuk. Sayuran mengandung kalori paling rendah dari semua makanan lainnya. Apalagi sayuran juga banyak mengandung serat dan antioksidan. Sayuran itu seperti bayam, brokoli, dan tomat.

Protein

Baca Juga : Buah yang Cocok untuk Diet Sehat dan Menurunkan Berat Badan

Protein yang baik bagi tubuh Anda juga sangat penting masuk daftar menu diet sehat sederhana. Sebaiknya jangan sembarangan makan, pilihlah makanan dengan sumber protein lemak yang rendah.

Beberapa jenis makanan terbaik antara lain dada ayam, ikan (terutama salmon, tuna, dan ikan cod), telur, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, yogurt tanpa lemak, serta kacang-kacangan.

Tubuh juga membutuhkan nutrisi untuk membantu mentransportasi ke seluruh jaringan tubuh. Namun, pilih nutrisi yang baik dengan jenis lemak yang baik seperti salmon, alpukat, minyak zaitun dan lain sebagainya.

Biji-bijian

Kandungan serat yang tinggi pada biji akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, oat, nasi merah.

Makanan ini bisa bermanfaat menggantikan karbohidrat sederhana dari roti, mie dan nasi putih. Biji-bijian yang mengandung protein, serat dan vitamin sangat mendukung metabolisme dalam tubuh Anda.

Baca Juga : Makanan Sehat untuk Diet Pemula dengan Menu Sehari-hari

Salad Sayuran

Salad sayuran sebaiknya perlu Anda coba untuk menu diet sehat sederhana saat makan siang. Hal ini akan mengurangi dehidrasi berlebihan.

Anda bisa gunakan sayuran yang kaya serat sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan, dan membuang racun melalui kotoran dalam proses metabolisme.

Menu Sarapan

Sarapan pagi sebaiknya anda lakukan pada jam 07.00 supaya proses pembakaran energi bisa lebih cepat. Hindari sarapan jika sudah menjelang siang.

Namun, jangan melupakan sarapan karena anda akan lebih bernafsu makan dalam porsi yang lebih besar pada jam makan berikutnya.

Baca Juga : Cemilan Sehat untuk Diet, Ini Rekomendasinya, Enak, Simpel dan Murah

Untuk menunya bisa menggunakan 100 gram nasi dengan sepotong ikan dan semangkuk sayur. Dapat juga dengan setangkup roti gandum panggang isi dadar telur dan semangkuk salad.

Makan Malam

Asupan yang baik untuk menu makan malam, yakni merebus kentang, masak nasi merah, tumis sayuran dan panggang dada ayam tanpa kulit.

Menu ini cocok karena tubuh tetap membutuhkan protein saat tidur agar maksimal dalam pertumbuhan. Sebaliknya, kurangi makanan yang mengandung karbohidrat.

Perbanyak Makan

Dalam upaya menurunkan berat badan ini anda harus memperbanyak makan yang penting untuk menjaga kesehatan. Sebaiknya makan yang sering sekitar 5-6 kali sehari dengan porsi kecil.

Namun, Anda harus dengan makanan yang sesuai menu diet sehat sederhana, yaitu makanan yang tinggi protein dan rendah lemak.

Jangan Lupakan Olahraga

Agar diet Anda dapat maksimal, coba lakukan kegiatan olahraga secara rutin dan teratur. Anda cukup melakukan lari pagi, jalan kaki, atau bersepeda selama 60-90 menit hingga 3-4 kali dalam seminggu. Olahraga berguna sebagai upaya untuk membakar lemak dalam tubuh yang berlebihan.

Itulah daftar menu diet sehat sederhana yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Menjaga postur tubuh yang ideal berguna untuk kesehatan dan mejauhkan dari penyakit. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah