Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat, Gunakan Cara Ini!

menurunkan kadar gula darah dengan cepat
Begini cara menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Foto: Ist/Net

Cara menurunkan kadar gula darah dengan cepat sebenarnya tidak sulit. Namun, agar hasilnya efektif butuh niat yang sungguh-sungguh. Anda juga perlu menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan terprogram dengan baik.

Masalah kadar gula darah berkaitan erat dengan diabetes melitus atau yang populer dengan sebutan penyakit gula. Diabetes menjadi salah satu jenis penyakit yang paling besar jumlah penderitanya.

Tingginya jumlah kematian akibat penyakit ini jugamenjadi keprihatinan banyak kalangan. Karena itu langkah pencegahan penyakit gula selalu gencar menjadi kampanye untuk menekan penyakit ini.

Sebenarnya ada banyak langkah dan cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan atau mengontrol kadar gula dalam darah.  Selain dengan mengonsumsi obat, ada sejumlah langkah yang cukup mudah dan sederhana.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat

Untuk mengontrol gula darah, kunci yang paling utama adalah menjalani gaya hidup sehat. Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat:

Baca Juga : Begini Cara Alami Turunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol Jahat

Check Up Gula Darah

Anda harus sering melakukan check up gula darah secara rutin. Mengapa hal ini begitu penting? Hal ini karena kadar gula darah yang tinggi umumnya tidak menimbulkan gejala yang jelas kecuali nilainya melebihi 200 mg/dL.

Oleh karena itu, anda harus rutin memantau kadar gula darah anda sebagai bentuk preventif terhadap kadar gula darah yang tinggi.

Apabila kadar gula darah anda cenderung berada diatas normal, anda juga bisa langsung mendeteksinya dan melakukan beberapa perawatan kesehatan. Langkah ini berguna sebagai pencegahan agar kondisinya tidak menjadi parah.

Perbanyak Makanan Berserat

Selain minuman, anda juga harus memastikan memiliki asupan serat yang cukup. Asupan serat yang cukup akan membantu menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Serat dalam makanan sangat penting karena dapat membantu untuk memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula darah dalam tubuh. Makanan berserat bisa anda dapatkan dari buah dan sayuran hijau.

Baca Juga : Kontrol Gula Darah Diabetes Anda dengan Cara Mudah Ini!

Cukupi Kebutuhan Cairan

Kebutuhan cairan tubuh dapat kita penuhi dengan mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Pastikan cairan dalam tubuh anda terpenuhi dengan minimal minum sebanyak 2 liter per hari.

Jika anda mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, anda berarti telah melakukan upaya penurunan kadar gula darah terutama jika anda sudah menderita penyakit diabetes.

Namun, jika anda memiliki tubuh yang sehat, memenuhi kebutuhan cairan juga berguna untuk bisa mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh anda. Imunitas tubuh pun meningkat dengan cairan tubuh yang terjaga

Istirahat Cukup

Tidak hanya berfungsi untuk mengistirahatkan organ, tidur yang cukup  juga dapat membantu mengurangi jumlah kadar gula di dalam darah. Kadar gula dalam darah, umumnya akan meningkat saat pagi hari.

Jika anda memiliki kadar insulin yang cukup, insulin akan membantu tubuh anda untuk mengurangi kadar gula darah secara otomatis.

Jika jam tidur anda kurang atau tidak teratur, akan menimbulkan resistensi insulin, yakni saat insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi secara optimal.

Baca Juga : Makanan Penurun Gula Darah yang Efektif, dari Apel, Almond hingga Kiwi

Batasi Makanan Karbohidrat

Cara menurunkan kadar gula darah dengan cepat lainnya adalah dengan membatasi asupan karbohidrat. Sebab gula secara alami akan terpecah menjadi karbohidrat saat masuk ke dalam tubuh.

Setelah itu insulin yang akan membawa gula ke dalam sel. Saat anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, proses ini akan terganggu. Sehingga menyebabkan kadar gula darah akan meningkat.

Maka dari itu, mengurangi karbohidrat juga merupakan upaya untuk menurunkan kadar gula darah. Anda bisa memulai mengganti menu makan anda menjadi menu yang lebih sehat dan bergizi.

Olahraga Teratur

Berolahraga memang selalu menjadi upaya penyembuhan atau preventif dari berbagai penyakit, termasuk kadar gula darah yang tidak normal. Berolahraga secara teratur merupakan salah satu cara menurunkan gula darah dalam tubuh anda.

Olahraga dapat meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh yang akan memaksimalkan fungsi sel dalam bekerja. Selain itu, olahraga olahraga juga dapat membantu otot untuk menghasilkan energi yang optimal.

Itulah hal-hal yang bisa anda lakukan sebagai cara menurunkan kadar gula darah dengan cepat.  Agar memberikan hasil yang optimal anda perlu melakukannya secara konsisten. Pastikan juga tetap melakukan gaya hidup sehat dan rajin berolahraga. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah