Minuman Sehat Pembersih Ginjal dan Saluran Kemih yang Mudah Ditemui

Minuman Sehat
Minuman sehat pembersih ginjal dan saluran kemih yang mudah ditemui. Foto: Net/Ist.

Minuman sehat pembersih ginjal dan saluran kemih yang mudah ditemui ini hasil dari pengolahan buah dan sayuran segar. Khasiatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh, khususnya ginjal dan saluran pembuangan air seni.

Ginjal berperan penting untuk menyaring limbah dan racun dari aliran darah. Juga berfungsi dalam menyeimbangkan elektrolit. Karena itulah, minuman alami ini sangat baik dikonsumsi. Baik pada masa pemulihan setelah mengalami sakit ginjal, atau untuk menjaga agar ginjal tetap sehat.

Selain itu, minuman sehat ini juga mampu mencegah munculnya berbagai rasa sakit semua organ tubuh akibat racun. Oleh sebab itu, lakukan cara alami ini sebagai solusi yang tepat untuk kesehatan ginjal.

Lalu, apa saja minuman alami tersebut? Simak penjelasan berikut ini seperti yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

8 Minuman Sehat Pembersih Ginjal yang Mudah Ditemui

Air Putih

Baca Juga : Hati-hati! Konsumsi Minuman Berpemanis Bisa Ganggu Kesehatan Ginjal

Air putih atau air mineral menjadi kunci utama bagi kesehatan tubuh, khususnya ginjal. Sebab, ginjal yang merupakan sistem filtrasi pada tubuh butuh asupan air guna mengeluarkan urin.

Ketika asupan air ke ginjal rendah, maka volume urin pun akan rendah. Kurangnya pengeluaran dapat mengakibatkan disfungsi ginjal.

Sementara urin sendiri merupakan produk limbah utama. Melalui urin, tubuh akan membuang zat yang tidak dibutuhkan. Hampir 60 persen dalam tubuh manusia dewasa berisi air. Karena setiap organ, mulai dari otak sampai hati butuh air agar bisa berfungsi.

Air mineral atau air putih menjadi minuman sehat pembersih ginjal yang paling mudah dan murah ditemui. Institute of Medicine merekomendasikan asupan air harian sekitar 2,7 liter hingga 3,7 liter sehari, baik pria maupun wanita.

Jus Buah Beri

Minuman sehat pembersih ginjal yang berikutnya adalah jus buah beri. Beberapa buah jenis ini memiliki kandungan senyawa tumbuhan, yakni resveratrol yang mampu menurunkan masalah peradangan pada ginjal.

Baca Juga : Manfaat Daun Alpukat, Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Dengan mengonsumsi jus buah jenis beri, seperti strawberry, cranberry, anggur, serta jenis buah beri lainnya dapat menjadi minuman sehat untuk membersihkan ginjal.

Menurut sebuah studi Trusted Source in Nutrition Journal, wanita yang setiap hari rutin selama dua minggu mengonsumsi buah cranberry kering, mampu menurunkan risiko infeksi pada saluran kemih.

Jus Melon, Jeruk, dan Lemon

Minuman sehat pembersih ginjal berikutnya yaitu perpaduan antara buah melon, jeruk, dan lemon menjadi jus. Asam sitrat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal, yakni dengan cara mengikat kalsium dalam air seni.

Air Lemon

Membuat minuman sehat untuk membersihkan ginjal bisa dengan cara memeras lemon 4 sampai 5 buah ke dalam air dingin dengan takaran 1 liter. Sedangkan, jika menggunakan air putih hangat bisa memeras seperempat sampai satu setengah buah lemon ke dalam air panas dengan takaran 240 ml setiap harinya.

Baca Juga : Manfaat Makan Jengkol untuk Kesehatan, Bisa Merampingkan Perut

Jus Buah Bit

Minuman sehat pembersih ginjal salah satunya jus buah bit yang mengandung fitokimia dan betaine. Juga memiliki kualitas antioksidan serta mampu meningkatkan keasaman pada urin.

Selain itu, jus buah bit dapat membantu membersihkan penumpukan struvite dan kalsium fosfat dari ginjal. Sehingga fungsi ginjal pun akan meningkatkan.

Jus Buah dan Sayur

Dengan menggabungkan nutrisi dan antioksidan dari buah-buahan dan sayuran bisa menjadi alternatif sebagai minuman alami untuk menjaga kesehatan ginjal dan saluran kemih.

Beberapa jenis buah-buah yang dianjurkan meliputi jeruk kupas, apel, pir, persik, dan nanas. Sedangkan, untuk jenis sayuran seperti wortel, kangkung, selada, bayam, mentimun, seledri, dan zucchini.

Sari Cuka Apel dan Lemon

Minuman sehat pembersih ginjal berikutnya yaitu mencampurkan perasan lemon dengan sari cuka apel. Jika rasa masam sangat kuat, anda bisa menambahkan madu.

Sebuah penelitian BJU International telah membuktikan kalau cuka yang sudah difermentasi, seperti halnya sari cuka apel, memiliki efek positif untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Meski begitu, Anda harus memperhatikan asupan minuman agar tidak berlebihan.

Jus Seledri

Terakhir adalah jus seledri yang termasuk salah satu minuman sehat pembersih ginjal, dan bermanfaat untuk menjaga saluran urin supaya tetap sehat.

Zat antioksidan yang terkandung dalam minuman jus seledri mampu membantu anda meningkatkan produksi urin. Sehingga, dapat meminimalisir resiko terbentuknya batu ginjal baru. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah