Mobil Hyundai AX1 Mini SUV Ditawarkan Sekitar Rp 70 jutaan

Mobil Hyundai AX1 Mini SUV Ditawarkan Sekitar Rp 70 jutaan
Ilustrasi Mobil Hyundai AX1. Foto: Ist/Net

Mobil Hyundai AX1 yang akan meluncur dalam waktu dekat ini. Mengenai penampakan mini SUV tersebut yang sudah mengumbarnya ke publik. Tentunya menjelang peluncurannya di India mendatang.

Rencana dari Hyundai menghadirkan AX1 ini. Hal itu untuk bisa menyaingi mobil lainnya.  Seperti Tata HBX, Suzuki S-Presso, dan Mahindra KUV100.

Hadirnya Mobil Hyundai AX1

Hyundai AX1 bukan termasuk satu-satunya kendaraan yang ada pada segmen compact SUV. Hal itu mengingat saat ini segmen tersebut sedang ramai memperebutkannya. Segmen tersebut dalam prediksinya juga akan semakin ramai.

Kehadirannya tersebut akan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize nantikan. Apabila produk tersebut  rilis di Asia. Seperti halnya Malaysia dan Indonesia. Maka mobil Hyundai AX1 akan langsung menghadapi pada produk unggulannya. Terutama dari dua brand Toyota dan Daihatsu tersebut.

Baca Juga : Spesifikasi Hyundai Alcazar, Sebagai Versi Modifikasi Seri SUV Creta

Berdasarkan informasi yang telah Hyundai berikan, nantinya mobil ini dalam prediksinya yang hadir dengan desain cukup modern. Pada bagian lampu depannya yang memiliki bentuk lingkaran. Sedangkan pada lampu belakangnya memiliki pattern dengan bentuk segitiga.

Tidak hanya itu oleh media otomotif asal India juga mengungkapkan. Apabila mobil buatan pabrikannya asal Korea Selatan tersebut akan hadir. Namun dengan posisinya yang di bawah jenis Venue. Sehingga untuk harganya pun masih di bawah Hyundai Venue.

Hal itu dapat berarti bahwa mobil Hyundai AX1 menjadi SUV dengan ukuran paling kecil. Tentunya selama pembuatannya saat ini. AX1 yang telah menjalani serangkaian tes jalannya di India. Selain itu juga pada wilayah luar negara itu.

Fitur

Mobil ini memiliki rel atap atau roof rail fungsional. Pada bagian velg dengan palang bermotif diamond cut. Selain itu juga memiliki lampu belakang LED. Semua fitur ini semoga dapat digunakan oleh versi produksi mobil ini.

Lampu utama mobil ini yang LED dengan penambahan Day Running Light (DRL). Mobil ini dalam perkirakannya juga memiliki  fitur hiburan layar sentuh. Layar tersebut yang memiliki konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Baca Juga : Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik dengan Platform Terbaru yang Canggih

Tidak hanya itu, pada fitur pengisi daya baterai ponselnya nirkabel. Mobil Hyundai AX1 yang memiliki pengatur suhu otomatis dan keyless entry. Sehingga kursi pengemudinya yang bisa menyesuaikan ketinggiannya.

Tampak pada bagian desain headlamp AX1 yang dibuat menyatu dengan bumper depannya. Sedangkan untuk lampu rem mobil ini memiliki desain futuristik. Namun dengan bentuknya yang cukup unik.

Pada bagian atas lampu Hyundai ini yang memiliki cluster lain. Hal itu yang kemungkinan untuk lampu sein. Sedangkan lampu belakang Hyundai AX1 dengan corak segitiganya yang cukup menonjol. Selain itu juga memiliki kesan ramai.

Spesifikasi

Dari sejumlah foto hasil jepretan kamera fotografer yang melihatnya. Mobil Hyundai ini mengusung gaya desain bodinya yang mengotak atau siluet boxy. Hyundai AX1 juga menunjukkan bahwa mobilnya tersebut akan memiliki tampilan pilarnya C yang lebar.

Hyundai yang mendapatkan dukungan platform K1 yang sama. Tentunya dengan yang digunakan oleh Grand i10 Nios. AX1 dalam perkiraannya memiliki panjang sekitar 3,7-3,8 meter.

Baca Juga : Hyundai Palisade 2020, Mobil Mewah dengan Berbagai Kelebihan

Meskipun tidak ada detail teknis dan power train pada saat ini. SUV berukuran mini ini harapannya menggunakan mesin bensin empat silinder 1.2 liter.  Mesin Mobil Hyundai AX1 dari hatchback segmen A. Untuk varian kelas bawahnya yang menggunakan mesin Santro 1.1 liter.

Apabila benar demikian, maka mesin dengan tenaganya 83 PS. Sedangkan pada torsinya 115 Nm. Untuk tenaga mobil ini tersalurkan pada rodanya. Menggunakan transmisi manual lima tingkat percepatannya. Selain itu juga bisa melalui transmisi otomatis.

Memang belum dapat mengetahuinya secara pasti. Terkait spesifikasinya yang ada pada Compact SUV terbaru Hyundai ini. Namun beredar kabar bahwa mobil Hyundai AX1 akan menggunakan platform K1. Penggunaan platform tersebut yang juga untuk Hyundai Grand i10 Nios.

Apabila hal itu benar, maka dimensi panjang Hyundai AX1 dalam perkirakannya kurang lebih 3.700-3.800 mm. Hyundai AX1 dalam penjualannya dengan harga mulai dari INR 400 ribu. Apabila disetarakan dengan rupiah yang berarti sekitar Rp 70 jutaan.

Mobil Hyundai AX1 yang akan segera meluncur di India. Mobil mini SUV yang akan ditawarkan dengan harga sekitar Rp 70 jutaan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto