Mode Hemat Kuota Google Meet HP Hadir dengan Beragam Manfaat

Mode Hemat kuota Google Meet HP
Ilustrasi Mode Hemat kuota Google Meet HP Foto: Ist/Net

Mode hemat kuota Google Meet HP dapat anda aktifkan dengan yang cukup mudah. Akhirnya, Google Meet resmi merilis mode limit data usage atau mode hemat data bagi para pengguna Android dan iOS.

Dengan adanya mode ini memungkinkan para pengguna untuk mengoptimalkan kualitas video call sesuai dengan kondisi jaringan mereka. Selain lebih dapat mengimbangkan akan kualitas jaringan, hadirnya mode ini juga memungkinkan pengguna untuk meminimalkan penggunaan data seluler.

Baca Juga : Kelebihan Google Meet untuk Konferensi Video Lebih Aman

Dan juga untuk memaksimalkan masa pakai baterai, serta mengoptimalkan memori perangkat HP. Opsi hemat ini akan sangat berguna apabila pengguna tidak menggunakan Wifi atau ketika mereka berada di wilayah dengan kondisi jaringan yang terbatas.

Mengenal Mode Hemat Kuota Google Meet HP

Saat ini untuk dapat menghemat kuota internet pada aplikasi Google Meet dapat anda lakukan dengan cukup mudah. Pasalnya, saat ini Google telah menyediakan fitur untuk dapat menghemat kuota internet.

Selasa masa pandemi saat ini, Google Meet hadir sebagai aplikasi telekonferensi pada HP yang cukup populer dan banyak diminati terlebih yang mode hemat. Google Meet menjadi sarana alternatif untuk menggelar pertemuan tanpa harus tatap muka secara langsung.

Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Google Meet seringkali orang gunakan untuk rapat perusahaan atau pun belajar daring para siswa.

Baca Juga : Fitur Baru Di Google Meet yang Perlu Diketahui

Akan tetapi terdapat risiko dalam penggunaan aplikasi ini. Risiko tersebut adalah menjadikan kuota internet kuota lebih boros, terutama apabila penggunaannya cukup sering.

Berbagai Langka untuk Mengaktifkan Mode Hemat Kuota Google Meet HP

Untuk mengatasi adanya pemborosan kuota data saat menggunakan aplikasi Google Meet, akhirnya perusahaan menghadirkan fitur penghemat kuota data internet.

Fitur bernama Limit Data Usage, sehingga adanya kekhawatiran akan boros kuota internet pun dapat teratasi dengan hadirnya fitur ini. Untuk dapat mengaktifkan fitur mode hemat kuota internet Google Meet pun cukup mudah. Adapun langkah-langkahnya antara lain:

  • Pertama, buka aplikasi Google Meet
  • Kemudian, masukkan ke pengaturan atau “setting” dengan cara klik tiga titik yang terdapat pada pojok kiri.
  • Selanjutnya aktifkan fitur Limit Data Usage dengan cara mengusap toggle ke samping kanan.
  • Di bawah General Section, anda dapat mengaktifkan bar untuk mode Limit data Usage
  • Matikan fitur ini apabila anda ingin meningkatkan kualitas video.

Dengan menggunakan Fitur Limit Data Usage, selain menghemat kuota, pengguna juga dapat dapat lebih menghemat sumber daya CPU serta memori perangkat. Bagi anda yang belum dapat menemukan fitur ini, maka sebaiknya anda perbaharui aplikasi Google Meet pada perangkat yang anda gunakan.

Baca Juga : Aplikasi Google Meet, Konferensi Rapat Online Gratis

Akan tetapi pembaruan Google Meet ini baru akan meluncur secara terbatas. Dalam hal ini Google menyertakan bahwa pembaharuan akan tersedia sepenuhnya dalam beberapa minggu mendatang. Selanjutnya pembaharuan ini akan tersedia untuk semua pengguna Google Workspace hingga G Suite, baik itu untuk Basic atau Business.

Fitur Menarik Aplikasi Google Meet

Selain menyediakan mode hemat kuota Google Meet HP, aplikasi ini juga memiliki beragam manfaat dan kelebihan bagi para penggunanya. Selain itu, Google Meet juga datang menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu penggunaan perorangan maupun perusahaan hingga skala besar sekalipun. Berikut ini fitur unggulan dari Google Meet meliputi:

  • Dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan pada pengguna G Basic Suite. Sedangkan untuk G Suite Business sebanyak 150 orang serta 260 per meeting bagi pengguna paket G Suite Enterprise.
  • Google Meet memiliki kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau aplikasi yang diinstal pengguna Android atau iOS.
  • Google Meet juga memiliki kemampuan untuk melakukan rapat online dengan memanfaatkan nomor dial-in.
  • Adanya fitur berbagi layar untuk dapat menyajikan dokumen, presentasi atau spreadsheet.
  • Teks tertutup dengan hadirnya teknologi AI
  • Serta panggilan terenkripsi dari masing-masing penggunanya.
  • Bagi para pengguna edisi G Suite Enterprise dengan memanfaatkan nomor dial, maka kata sandi atau password dari pengguna pun akan terlindungi.

Google Meet memiliki interface yang unik serta fungsional dengan ukuran yang ringan dan cepat. Selain itu, aplikasi ini juga mengedepankan pengelolaan yang lebih efisien serta user friendly yang dapat diikuti oleh semua peserta. Bahkan dengan hadirnya mode hemat kuota Google Meet HP akan semakin membantu pengguna untuk melakukan aktivitas melalui Google Meet. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto