Mode Menghilang untuk Ponsel Akan Rilis, Terobosan Baru dari WhatsApp

Mode Menghilang untuk Ponsel
Ilustrasi Mode Menghilang untuk Ponsel. Foto: Ist/Net

Mode menghilang untuk ponsel Android serta iOS kabarnya akan segera dirilis oleh WhatsApp. Mode menghilang atau dengan istilah fitur Disappearing Mode rencananya akan hadir dengan tujuan untuk menjaga privasi para penggunanya.

Bagi pengguna yang menyukai privasi, maka mode menghilang merupakan fitur yang cocok bagi anda. Apabila mode ini anda aktifkan, maka keseluruhan riwayat chat yang terdapat pada aplikasi pesan WhatsApp akan terhapus. Baik itu merupakan chat pribadi ataupun chat pada grup.

Dengan demikian, para pengguna pun dapat memulai chat baru apabila akan mengirimkan pesan ke pihak lain. Untuk mengaktifkan fitur ini, maka pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu secara manual.

Hal ini berarti, fitur ini masih hanya berlaku pada beberapa kontak atau pun grup yang telah anda atur pada opsi “contact info” serta “group info”.

Hingga saat ini, mode menghilang memang belum tersedia untuk umum. Meskipun demikian pengguna dapat memperbaharui aplikasi ke versi terbaru.

Baca Juga : Aplikasi WhatsApp Desktop, Panggilan Suara ataupun Video Lebih Asyik

Mode Menghilang untuk Ponsel Akan Segera Rilis

Seperti yang kita ketahui, pada kesempatan tahun lalu, WhatsApp telah resmi merilis sebuah fitur bernama Disappearing Messages. Fitur ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan para pengguna dalam menghemat ruang penyimpanan supaya tidak memiliki banyak pesan yang menumpuk.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan untuk pesan dapat terhapus otomatis dalam kurun waktu tujuh hari dari penerimaan. Akan tetapi, untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus mengaktifkannya secara manual.

Para pengguna harus mengaktifkan mode tersebut untuk setiap kontak dengan cara satu per satu. Hal ini tentunya memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan terkesan terlalu menghabiskan banyak waktu.

Namun anda tidak perlu khawatir, para pengguna WhatsApp akan semakin mudah dalam menggunakan fitur tersebut. Menurut rumor yang beredar, fitur ini akan hadir dengan beragam peningkatan kemampuan agar dapat berfungsi lebih efisien lagi.

Informasi ini berdasarkan bocoran dari situs WA Beta Info yang seringkali memberikan bocoran mengenai fitur baru WhatsApp. Berdasarkan screenshot yang beredar, terlihat sebuah fitur yakni Disappearing Mode atau yang juga sama dengan mode untuk menghilang yang ada pada menu “privasi”.

Baca Juga : Aplikasi WhatsApp GB Jadi Trending Topik, Simak Berapa Kontroversinya

Cara Kerja dan Kelebihan Mode Menghilang untuk Ponsel

Apabila mode menghilang anda aktifkan, maka semua pesan baru secara otomatis akan hilang setelah tujuh hari. Dengan demikian, anda yang menggunakan tidak perlu untuk mengaktifkan hapus pesan otomatis dengan setiap kontak ataupun group pada aplikasi WhatsApp.

Dengan hadirnya mode hilang untuk ponsel, maka pengguna dapat meningkatkan perlindungan untuk isi pesannya. Seperti yang kita ketahui, selama ini aplikasi WhatsApp telah memiliki kelengkapan mengenai fitur keamanan end-to-end encryption.

Dengan hadirnya fitur ini, maka pesan hanya terbaca oleh pihak pengirim serta penerima. Sehingga tidak ada pihak ketiga, atau pun WhatsApp yang dapat mengintip isi pesan tersebut.

Namun apabila ponsel jatuh pada tangan yang salah serta rentan untuk dioperasikan secara sembarangan, maka pesan WhatsApp pun dapat terbaca dengan mudah oleh pihak lain. Maka dengan mode menghilang untuk ponsel ini, maka hal tersebut pun dapat anda minimalisir.

Kebijakan Aturan Privasi Terbaru WhatsApp

Baca Juga : Bahaya Spyware, BSSN RI Imbau Pengguna Aplikasi WhatsApp Segera Update

Selain adanya bocoran informasi mengenai akan rilisnya mode menghilang untuk ponsel Android atau iOS dari aplikasi WhatsApp. Berdasarkan informasi Sabtu 15 Mei 2021 lalu, WhatsApp juga akan mulai melakukan kebijakan aturan atas privasi terbarunya.

Oleh karena itu, bagi para yang belum menyetujui akan aturan tersebut, maka pengguna tersebut secara perlahan kehilangan akses pada sejumlah fitur WhatsApp sampai akhirnya akan menerima terhadap persyaratan baru.

Sebagai contoh, para pengguna pada mulanya akan kehilangan atas kemampuan akses daftar obrolan. Selanjutnya panggilan video maupun audio yang akan berhenti fungsinya. Kemudian, pengguna tidak akan lagi menerima pemberitahuan pesan baru pada aplikasi WhatsApp.

Bahkan akun yang telah menjadi tidak aktif karena tidak memperoleh aturan privasi baru akhirnya akan terhapus selama 120 hari. Dengan demikian, para pengguna WhatsApp pun harus menerima persetujuan tersebut.

Dengan hadirnya mode menghilang untuk ponsel, dapat menjadi terobosan terbaru WhatsApp. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir, aplikasi pesan instan satu ini sangat jarang menambahkan adanya fitur yang fokus pada privasi.

Para pengguna pun berharap dengan hadirnya fitur ini mampu memberikan pembaharuan untuk waktu mendatang bagi para pengguna WhatsApp pada versi iOS ataupun Android. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah