Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruMotor Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan, Berikut Deretan Penyebabnya

Motor Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan, Berikut Deretan Penyebabnya

Motor keluar asap putih saat dipanaskan mungkin masih menjadi pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran pengguna kendaraan roda dua.

Asap putih yang keluar dari knalpot motor bisa terjadi karena beberapa hal. Tapi hal itu terjadi kemungkinan besar karena oli mesin ikut terbakar di dalam ruang bakar.

Baca Juga : Ganti Filter Oli Motor Anda Secara Rutin, Jaga Performa Mesin

Padahal normalnya kendaraan roda dua 4 tak, olinya tidak boleh masuk ke ruang bakar. Karena jika hal ini terjadi, salah satu dampaknya yaitu munculnya asap putih saat memanaskan kendaraan. Tentunya ini akan menjadi hal yang sangat mengganggu kesehatan dan kenyamanan pengendara.

Akibat dari munculnya asap putih ini akan membuat oli mesin terus berkurang, sehingga harus selalu rutin melakukan pengecekan oli mesin.

Tak hanya itu, hal tersebut juga menunjukkan keausan liner / ring piston yang bisa membuat tenaga mesin bakal berkurang. Terakhir, oli yang ikut terbakar bisa menimbulkan kerak berlebih pada ruang bakar. Itulah sebabnya proses pembakaran mesin nantinya dapat terganggu.

Beberapa Hal yang Menjadi Pemicu Motor Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan

Sampai saat ini masih ada sebagian orang yang belum paham penyebab knalpot mengeluarkan asap saat memanaskan motor pada pagi hari.

Umumnya motor keluaran sekarang tidak lagi mengeluarkan asap pada knalpotnya, sebagai contoh motor 4 tak. Namun jika motor tersebut sampai mengeluarkan asap, itu artinya ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan.

Memanaskan kendaraan merupakan salah satu aktivitas dan langkah untuk merawat kendaraan bermotor. Tujuannya untuk membuat kualitas mesin tetap awet dan terjaga.

Sama halnya saat anda melakukan pemanasan ketika akan berolahraga. Dengan begitu, mesin motor akan tetap prima saat anda gunakan berkendara.

Baca Juga : Motor Ngebul Saat Mesin Panas Karena Oli Masuk pada Ruang Bakar

Namun dalam sejumlah kasus, kendaraan akan keluarkan asap putih saat anda mencoba mengatur gasnya sampai maksimal. Hal inilah yang perlu anda ketahui penyebabnya, sehingga motor tidak mengalami kerusakan.

Berikut ini penjelasan mengenai penyebab motor keluar asap putih saat dipanaskan:

Ring Piston Aus

Ketika motor mengeluarkan asap putih, hal ini bisa saja terjadi karena ring piston yang aus. Bentuk dari ring tidak sempurna, sehingga tetap ada celah yang memungkinkan ring tersebut masuk ke dalam ruang bakar. Ring sendiri terbagi menjadi 2 komponen dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu ring kompresi dan ring oli.

Ring kompresi fungsinya untuk merapatkan celah antara piston serta blok silinder sehingga tekanan kompresi tak bocor. Sementara ring oli berfungsi mencegah oli keluar dari ruang engkol ke ruang bakar.

Celah pada kedua ring ini memungkinkan ring untuk masuk ke ruang bakar. Karena celah pada ring bisa membesar jika mengalami keausan. Hal ini membuat oli masuk pada ruang bakar dan mengakibatkan motor keluar asap putih saat dipanaskan.

Seal Katup Bocor

Katup berfungsi sebagai pintu yang bertugas memasukkan udara untuk pembakaran mesin dan pembuangan gas dari sisa pembakaran mesin. Setiap katup terdiri dari beberapa seal yang dapat mencegah oli bocor ke dalam manifold.

Baca Juga : Kesalahan Saat Memanaskan Motor, Pastikan Anda Menghindarinya

Sayangnya, seal ini dapat mengalami pengerasan yang membuat menurun daya rapatnya. Akibatnya oli bisa masuk dengan mudah pada manifold dan ke dalam mesin. Hal ini tentu menjadi salah satu penyebab motor keluar asap putih saat dipanaskan yang harus segera mendapat perawatan.

Batang Katup Bengkok

Batang katup terbuat dari besi dengan fungsi menghubungkan bagan klep dan bagian cam. Bagian katup harus sepenuhnya lurus 100% tanpa mengalami kebengkokan. Jika sampai bengkok, otomatis posisinya tidak bisa center.

Lubang katup yang ada seal sudah diset secara center dalam lubang intake. Sehingga bila batang ini bengkok, salah satu sisi seal pun akan tertekan dan melonggar.

Kelonggaran ini akan menjadi jalan oli masuk ke dalam manifold yang terkait pada ruang bakar. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan motor keluar asap putih saat dipanaskan.

Pemasangan Klep Tidak Tepat

Hampir sama dengan kesalahan di atas, perbedaan kasus ini hanya pada pemasangan katup yang tidak tepat sehingga menyebabkan klep terganjal.

Dalam sistem ini meskipun sama-sama katup intake, namun posisi kedua katup tidak boleh tertukar. Jika posisi tertukar, maka akan berpotensi bocor karena dudukan katup dan daun katup tak cocok. Kebocoran inilah yang berpotensi menyebabkan motor keluar asap putih saat dipanaskan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto