Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruObat Diare Tradisional Paling Manjur untuk Penanganan Darurat

Obat Diare Tradisional Paling Manjur untuk Penanganan Darurat

Obat diare tradisional sebenarnya sudah lama menjadi cara masyarakat kita mengatasi gangguan pencernaan ini. Selain bahannya yang murah dan mudah kita peroleh, khasiatnya juga manjur. Terutama untuk menghentikan frekuensi buang air besar.

Diare, menurut Wikipedia, merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Gangguan ini muncul karena feses atau tinja berubah menjadi cair atau lembek. Kondisi inilah yang umumnya membuat penderitanya sering buang air besar.

Diare timbul jika proses penyerapan cairan tidak optimal. Seharusnya hasil feses berbentuk padat tetapi berubah komposisi feses atau tinja menjadi lebih cair.

Hal tersebut biasanya terjadi karena adanya faktor makanan yang kita konsumsi terlalu pedas, asam, atau bahkan bercampur santan. Namun diare juga bisa merupakan gejala suatu penyakit yang lebih serius.

Dalam dunia medis diare terbagi menjadi dua kategori, yaitu diare akut dan kronis. Ketika diare akut itu terjadi maka anda akan mengalami  diare selama kurang dari 2 minggu, sedangkan keberlangsungan diare kronis terjadi lebih dari 2 minggu.

Untuk itu, haruslah segera mengatasinya ketika diare menyerang anda. Jangan sampai sesuatu hal yang tidak kita inginkan terjadi. Penyakit ini tercatat menyebabkan banyak kematian pada balita, khususnya pada negara berkembang.

Baca Juga : Mengobati Diare Anak Secara Alami dengan Daun Sendok Hingga Sirsak

Pilihan Obat Diare Tradisional Terbaik

Ketika diare sudah terjadi tentunya tubuh akan merasa mulas dan sering buang air besar. Anda cukup melakukan penanganan yang tepat supaya diare berhenti dengan cepat. Termasuk dengan mengonsumsi obat diare tradisional berikut ini.

Buah dan Daun Jambu Biji

Obat tradisional buah atau daun jambu biji untuk mengobati diare akan bekerja secara efektif untuk menghentikan rasa sakit pada perut. Tanaman yang satu ini sudah terkenal manjur sebagai pengobatan alami dan cepat.

Untuk cara menggunakannya cukup dengan memakan buah jambu biji muda. Anda juga bisa mengonsumsi daun jambu biji yang kita tumbuh dengan menambahkan garam dapur.

Kunyit dan Kapur Sirih

Kunyit memang terkenal sejak lama sebagai tanaman obat diare tradisional yang ampuh. Orang tua dan nenek kita juga kadang masih melakukannya hingga sekarang ini.

Baca Juga : Diare pada Bayi, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Cara pembuatannya yaitu 2 buah kunyit kita iris tipis. Setelah itu rebus dengan segelas air dan sisakan sepertiga gelas.

Campurkan 1 sendok teh air kapur sirih lalu  aduk sampai merata. Dinginkan airnya dan saring lalu minum. Terapkan cara ini sebanyak 3 kali sehari hingga penyakitnya berangsur sembuh.

Daun Kayu Putih

Obat diare tradisional selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun kayu putih. Kandungan senyawanya berkhasiat dalam masalah diare dan menghentikan buang air besar.

Cara pengolahannya dengan mendidihkan 2 gelas air, kemudian masukan 6 – 10 gram daun kayu putih kering bersih. Tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Cukup minum 1 gelas saja secara rutin sekali sehari.

Tanaman Anting-anting

Tanaman anting-anting mungkin masih terdengar tidak terlalu akrab. Namun bahan herbal pengobatan ini khasiatnya tak kalah dengan bahan pengobatan tradisional lainnya. Termasuk untuk mengatasi gangguan diare.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Diare, Gejala, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Cara pembuatannya simpel saja, yaitu 40 gram tanaman anting-anting kita rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan 1 gelas. Minumlah 2 kali sehari cukup setengah gelas saja.  

Akar Bayam Duri

Ramuan obat diare tradisional selanjutnya anda bisa mempergunakan akar bayam duri. Cucilah 30 gram akar tanaman ini lalu rebus bersama 1 gelas air. Anda bisa menambahkan dengan gula enau.

Setelah air mendidih tunggu hingga tersisa setengah gelas. Setelah itu dinginkan untuk anda minum. Lakukan sebelum makan selama 3 hari berkelanjutan secara teratur.

Cuka Apel

Cuka apel termasuk ramuan tradisional yang manjur untuk mengatasi diare atau mencret. Cara melakukan tidak merepotkan, yaitu cukup dengan menyiapkan segelas air putih.

Setelah itu tuangkan beberapa tetes cuka apel dan aduk hingga rata. Aplikasikan dan minum secara teratur segelas sehari agar hasilnya optimal.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda coba untuk mengatasi diare. Ramuan obat diare tradisional ini telah lama kita gunakan sebagai penanganan darurat. Segera ke dokter apabila diare semakin parah atau jika keluar darah. (R11/HR-Online)